HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Pantau Langsung Kondisi Banjir, PJ. Bupati Asra: Aceh Tamiang Siaga Satu

Lentera24.com | ACEH TAMIANG  - Aceh Tamiang siaga satu. Hal ini disampaikan Pj. Bupati Asra saat meninjau kondisi terkini banjir, Ahad 13 O...


Lentera24.com | ACEH TAMIANG - Aceh Tamiang siaga satu. Hal ini disampaikan Pj. Bupati Asra saat meninjau kondisi terkini banjir, Ahad 13 Oktober 2024 di dua lokasi, Kampung Sukajadi, Karang Baru, dan Kampung Kota Lintang, Kota Kualasimpang.


“Kita masih siaga satu. Ini sesuai dengan laporan yang diterima secara berkala. Terlebih hujan masih terjadi di wilayah hulu sungai Tamiang,” ujar Pj. Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra.


Di lokasi pertama, Kampung. Sukajadi, Karang Baru, Pj. Bupati berkeliling menerjang banjir berjalan kaki bersama Datok Penghulu, Zainal Abidinsyah, dan Bhabinkamtibmas setempat. Dalam pantauan tadi, Pj. Bupati Asra meminta agar para camat senantiasa berkoordinasi dengan dinas terkait dan perangkat kampung guna mendirikan dapur umum. 


“Ini soalan serius, karena menyangkut keselamatan warga. Yang juga penting, pastikan kondisi masyarakat tertangani dengan layak,” sebutnya tegas.


Disebutkan Pj. Bupati Asra, dirinya membatalkan perjalanan dinas keluar daerah karena kondisi daerah. 


“Tidak mungkin saya meninggalkan daerah, karena hasil amatan masih rawan terjadi banjir besar karena di muara sedang pasang mati, sementara di wilayah hulu masih terjadi hujan deras yang berulang,” tegasnya lagi.


Di lokasi kedua, Kp. Kota Lintang, Kota Kualasimpang, hasil amatan terpantau, dalam skala parsial, banjir sudah menggenangi sebagian permukiman warga. Meski sudah bersiaga, aktivitas sebagian besar warga terpantau masih normal.


“Kita doakan bersama, semoga hujan deras tidak terjadi lagi di wilayah hulu, agar banjir segera surut,” pungkas Pj. Bupati Asra berharap. 


Berdasarkan data yang dihimpun dari BPBD, sekurangnya 18 kampung dari 6 kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang terendam banjir dengan ketinggian air berkisar 20 cm - 100 cm. 


Banjir sungai Tamiang kerap terjadi akibat pendangkalan sungai dari hulu hingga ke muara. Tingginya curah hujan menyebabkan air meluap hingga terjadi banjir di kabupaten bergelar Bu di mi Muda Sedia ini.[]L24.Sai