HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Tinjau Harga Pasar, Pj. Bupati Asra: Meski Fluktuatif, Harga Komoditas Pokok Cenderung Menurun

Lentera24.com | ACEH TAMIANG – Meski fluktuatif, harga sejumlah bahan pokok cenderung turun dalam kurun waktu sebulan terakhir. Hal ini dik...


Lentera24.com | ACEH TAMIANG – Meski fluktuatif, harga sejumlah bahan pokok cenderung turun dalam kurun waktu sebulan terakhir. Hal ini diketahui dari hasil peninjauan harga pasar yang dilakukan oleh Pj. Bupati Asra bersama TPID di Pasar Pagi Kualasimpang, Selasa 27 Agustus 2024.
“Hasil pantauan kita, harga sejumlah bahan pokok mengalami penurunan,” kata Pj. Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra yang didampingi Pj. Sekda, Tri Kurnia, dan TPID.
Dikatakan Asra, penurunan harga ini terjadi setelah sebelumnya sempat mengalami kenaikan. 
“Seperti Cabai merah ini. Pekan lalu harganya sempat naik, Rp. 40 ribu per kg, sekarang sudah Rp. 30-35 ribu per kilonya. Cabai hijau turun dari Rp. 40 ribu per kg menjadi Rp. 35 ribu per kg. Bawang merah turun dari Rp. 25 ribu per kg ke harga Rp. 20-22 ribu per kg. Bawang putih stabil di harga Rp. 40 ribu per kg,” urai Pj. Bupati Asra.
Dalam kunjungan tersebut Pj. Bupati Asra kembali menekankan pentingnya menjaga keseimbangan harga dan pasokan komoditas dalam pengendalian inflasi daerah. Harga komoditas yang merangkak naik akan menurunkan daya beli masyarakat, sementara bila terlalu rendah akan merugikan petani, yang notabene, pekerjaaan mayoritas yang dilakoni masyarakat, serta bisa menimbulkan multiplayer effect bagi perekonomian daerah, regional dan nasional.
Berdasarkan data TPID Kabupaten Aceh Tamiang, perkembangan inflasi month to month (MTM) di kabupaten paling ujung di timur Aceh ini berada di angka -1,2 persen. Angka ini lebih rendah dibanding bulan Juli lalu, yang berada di posisi 0,7 persen.
Peninjauan harga bahan pangan pagi tadi turut diikuti oleh Kepala Bank Indonesia cabang Lhokseumawe, Prabu Dewanto dan Kepala BPS Aceh Tamiang. []L24.Sai