HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Tidak Mau Kalah Dengan Anak Muda, Lansia Di Dusun Kalipakem Donomulyo Memiliki Beragam Aktivitas

Lentera24.com - Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan program yang wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa Universitas Muhammad...


Lentera24.com - Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan program yang wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang memasuki masa akhir belajar dibangku kuliah. Program ini merupakan bentuk nyata dari upaya mahasiswa dalam membantu, mengabdi, berkorban demi menyelesaikan masalah yang terjadi di lingkungan masyarakat, melalui program ini mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh di bangku perguruan tinggi untuk menyelesaikan masalah yang nyata yang berasa di masyarakat.

Seperti di Dusun Kalipakem, Desa Donomulyo, para Mahasiswa PMM UMM Kelompok 43 Gelombang 4 turut andil dalam mengembangkan kegiatan senam rutin setiap hari Selasa dan Kamis, begitupun dengan kegiatan Dasa Wisma bagi Lansia yang rutin dilakukan setiap bulan dan juga terlibat dalam posyandu lansia. 

Mereka tidak hanya membantu dalam hal teknis, tetapi juga memberikan edukasi kepada para lansia mengenai pentingnya menjaga kesehatan, sosialisasi mengenai stunting dan kebersamaan di usia senja. Keterlibatan mahasiswa ini di sambut hangat oleh warga, terutama para lansia yang merasa mendapatkan perhatian lebih dari generasi muda.

"Mahasiswa PMM UMM benar-benar sangat membantu kami dalam menjalankan kegiatan ini, mereka tidak hanya mendampingi seperti saat senam maupun dalam posyandu lansia, tapi juga memberi banyak pengetahuan tentang bagaimana cara menjaga pola makan yang sehat, juga mengenai pencegahan stunting dan pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin," ungkap Ibu Sulastri, Ketua Dasa Wisma, dengan penuh antusias. 

Selama program PMM ini berlangsung, Mahasiswa UMM tidak hanya mengikuti kegiatan senam secara fisik, namun juga mendengarkan dan menunjukkan ketertarikan yang mendalam terhadap segala keluh kesah dan pendapat para lansia. Mereka dengan sabar mendengarkan cerita tentang tantangan menjaga kesehatan dan kehidupan sehari-hari di kalangan lansia. Semangat Lansia dalam menyambut hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79 ikut memeriahkan kegiatan dengan melakukan gerak jalan lansia yang di adakan di desa Donomulyo.

Keikutsertaan Mahasiswa PMM UMM dalam kegiatan senam sehari-hari, Dasa Wisma dan Posyandu lansia, juga menjadi bukti nyata bahwa sinergitas antara akademisi dan masyarakat dapat memberikan dampak  positif. Para lansia yang sebelumnya  merasa kurang diperhatikan kini menjadi lebih sehat dan bahagia dalam hidup. "Posyandu Lansia'' yang diadakan secara rutin dalam setiap bulan memberikan informasi penting bagi mahasiswa  untuk membantu  lansia mendapatkan pemeriksaan kesehatan  rutin, seperti tes tekanan darah dan gula darah, serta nasihat kesehatan lainnya.


Sementara itu, Mahasiswa juga mendapatkan pelajaran penting tentang dampak pengabdian masyarakat, mempelajari secara langsung  pentingnya perawatan kesehatan seiring bertambahnya usia dan bagaimana memberikan dukungan emosional dan sosial kepada orang lanjut usia. Mengingat semangat persatuan dan kerjasama yang telah tercipta, diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut setelah program PMM berakhir. 

Mahasiswa PMM UMM telah menanam benih kebaikan di Dusun Kalipakem melalui keikutsertaannya dalam senam lansia, Dasa Wisma dan Posyandu lansia.Harapannya benih-benih ini akan tumbuh dan berkembang menjadi budaya gotong royong dan kasih sayang yang lebih kuat di masa depan.***