HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Kenapa Harus Sekolah Islam?

Ilustrasi: https://pin.it/3gOBwiMPd Oleh: Azizah Tri Marsita (Mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani DIY) Lentera24.com - Sekolah Is...

Ilustrasi: https://pin.it/3gOBwiMPd

Oleh: Azizah Tri Marsita (Mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani DIY)

Lentera24.com - Sekolah Islam atau Sekolah Umum? Mana yang lebih baik?

Kenapa sekarang banyak orang tua yang menyekolahkan anak mereka di sekolah islam?

Sebelum kita membahas hal tersebut perlu kita ketahui dulu, Apa itu Sekolah Islam? Sekolah Islam merupakan sekolah yang diselenggarakan dengan memadukan secara integratif antara nilai dan ajaran islam dalam bangunan kurikulum, dengan pendekatan pembelajaran efektif dan kooperatif antara guru dan orang tua, serta masyarakat untuk membina karakter dan kompetensi peserta didik.

Apa sih misi dan tujuan para pendiri Sekolah Islam? Sekolah Islam memiliki misi untuk mewujudkan sekolah yang efektif dalam mengembangkan proses pendidikan yang menumbuh kembangkan potensi peserta didik menjadi generasi yang takwa dan berkarakter pemimpin. Serta untuk mewujudkan sekolah islam yang utuh, menyeluruh, integral, bukan personal.

Kompetensi apa saja yang dimiliki oleh seorang guru Sekolah Islam? Seorang guru harus memiliki beberapa kompetensi ini, berikut beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru di sekolah islam demi lancarnya proses pembelajaran:

Kompetensi Kepribadian

Berakhlak karimah

Seorang guru harus memiliki akhlak yang baik dan terpuji untuk mengatur hubungan antar sesama manusia dengan tuhan dan alam semesta. 

Berwawasan Luas

Seorang guru harus berwawasan luas demi lancarnya proses pemahaman suatu materi terhadap peserta didik. 

Memiliki adab sesuai dengan as sunnah

Beradab sesuai dengan sunnah sunnah Nabi

Kompetensi Pedagogik

Dalam hal ini berkaitan dengan skill dan pemahaman teori, serta dalam penguasaan dasar ilmu pendidikan.

Kompetensi Profesional

Sama seperti halnya guru di sekolah – sekolah lainnya, kemampuan seorang guru di sekolah islam juga harus menguasai materi secara luas dan mendalam.

Kompetensi Sosial dan Kesalehan Sosial

Pada kompetensi ini seorang guru memiliki beberapa kemampuan, antara lain:

Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik terhadap peserta didik maupun orang lain. 

Memiliki kemampuan bekerja sama dengan orang lain. 

Memiliki pemahaman dan terlibat dalam organisasi profesi guru.

Kembali pada pertanyaan, Sekolah Islam atau Sekolah Umum? Mana yang lebih baik antara kedua sekolah ini? 

Kenapa sekarang banyak orang tua yang menyekolahkan anak di sekolah islam? Menurut beberapa pendapat dari tokoh agama, menyekolahkan anak di sekolah islam itu baik karena anak akan mampu memahami ilmu agama lebih dalam dan lebih luas. Seperti, dalam belajar membaca al qur’an, menghafalkan al qur’an, menghafalkan hadist, dan belajar ilmu agama yang lebih mendalam.

Akan tetapi, hal tersebut tidak harus membuat orang tua berfikir bahwa menyekolahkan anak di sekolah itu harus atau mewajibkan, kembali lagi kepada masing – masing orang tua dalam mengambil keputusan untuk menyekolahkan anak mereka. Menyekolahkan anak di sekolah islam itu memang bagus, untuk membentuk karakter anak sesuai dengan yang ada pada Al Qur'an maupun as sunnah. 

Mungkin beberapa ada yang ingin menyekolahkan anak di sekolah islam, namun terhalang oleh biaya yang bisa dibilang lebih mahal daripada sekolah umum. Sebagai orang tua, tidak bisa sembarangan dalam memilih sekolah untuk anak. Namun, orang tua juga harus memikirkan kemungkinan – kemungkinan yang ada seperti kondisi finansial masing -masing.

Orang tua bebas dalam menentukan anak akan sekolah dimanapun itu, entah itu sekolah islam ataupun sekolah umum, yang terpenting adalah orang tua mampu dalam membiayai anak sesuai kemampuan finansial masing – masing.***