HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Diprediksi Jadi Calon Kiper Timnas Indonesia, Cyrus Margono Kini Justru Tenggelam

  Cyrus Margono Lentera24.com | JAKARTA - Cyrus Margono resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) sejak enam bulan lalu, namun, masa depan...

 Cyrus Margono

Lentera24.com | JAKARTA - Cyrus Margono resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) sejak enam bulan lalu, namun, masa depan penjaga gawang kelahiran Amerika Srikat  itu hingga kini masih belum jelas.

Pada awalnya, Cyrus Margono menjadi salah satu calon penjaga gawang Timnas Indonesia, bersaing dengan kiper timnas Ernando Ari, Nadeo Argawinata, Adi Satryo, hingga Syahrul Tisna.

Cyrus Margono merupakan pemegang paspor ganda, Amerika Serikat dan Indonesia. Ayahnya berasal dari Bali dan ibu berkebangsaan Iran. Namun, jebolan New York Soccer Club dan Met Oval Academy itu terlambat menentukan kewarganegaraan hingga lewat usia 21 tahun. Dia harus melakukan permohonan ulang. 

Cyrus Margono dengan rela menempuh jalur mandiri untuk mendapatkan kembali kewarganegaraan Indonesia pada 21 Maret lalu dengan didampingi staf ahli Kemenpora RI, Hamdan Hamedan, Cyrus pun akhirnya resmi kembali menjadi WNI. Hanya saja, status tersebut tak serta-merta menjadikannya pilihan di bawah mistar Timnas Indonesia.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong, hingga kini belum melirik Cyrus Margono. Dia bahkan tak dipertimbangkan untuk gabung di Timnas U-23 Indonesia saat berlaga di Piala Asia U-23 2024 lalu.

Pelatih timnas asal Korea itu beralasan tak memanggil Cyrus karena kurang familier dengan kemampuan sang kiper. Meskipun Cyrus punya pengalaman di Eropa bersama Panathinaikos B, dia tak mau ambil risiko memilih pemain yang belum terlalu dikenalnya.

"Jujur saja saya belum lihat langsung permainannya, jadi saya tidak bisa bicara apa-apa," ujar Shin Tae-yong. “Selain itu, tidak semua pemain menjadi WNI lalu bisa masuk skuad Timnas Indonesia," ujarnya menambahkan.

Keengganan Shin Tae-yong bisa dimengerti. Pasalnya, Cyrus Margono bukan kiper yang dia rekomendasikan untuk Timnas Indonesia. Sang juru taktik justru menaruh perhatian kepada penjaga gawang FC Dallas, Maarten Paes, yang dinilai lebih berpengalaman dan teruji.

Setelah melalui proses panjang, Paes pun akhirnya dipastikan bisa memperkuat tim Garuda pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, September mendatang.

Itu berarti jalan Cyrus Margono menuju Timnas Indonesia kian terjal. Apalagi dia kini berstatus tanpa klub setelah kontraknya dengan klub Yunani, Panathinakos, berakhir Juli lalu.

Kabar terakhir, pemuda 22 tahun itu diketahui menonaktifkan Instagram pribadinya akun dengan nama @cmargono setelah ditelusuri memang tak lagi bisa ditemukan.

Hal ini menimbulkan berbagai asumsi, termasuk soal Cyrus Margono yang kecewa tak kunjung dapat peluang membela Timnas Indonesia. Apalagi jika melihat para pemain diaspora lainnya yang memperoleh status WNI, kini sudah menjadi andalan skuad Garuda.

Namun, perlu diingat juga bahwa kompatriotnya itu dinaturalisasi karena dibutuhkan Shin Tae-yong. Jadi, WNI jalur mandiri seperti Cyrus memang harus bersabar. Pertama, temukan dulu klub yang tepat, lalu tampil baik secara reguler, jika ingin dilirik sang pelatih.[]