HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Berkuda Memanah Masuk Cabor Ekshibisi di PON XXI 2024 Aceh-Sumut

Lentera24.com | ACEH TAMIANG - Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) akan mengikutsertakan cabang olahraga ...



Lentera24.com | ACEH TAMIANG - Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) akan mengikutsertakan cabang olahraga Horse Back Archery (HBA) pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh-Sumatera Utara. Ini menjadi pengalaman pertama Cabor HBA meramaikan PON yang nantinya dipusatkan di Kabupaten Aceh Tamiang, Kamis 15 Agustus 2024.

Ketua Cabang Horse Back Archery (HBA) yang juga disebut Pordasi Aceh Tamiang, dr. Andika Putra kepada Lentera24.com diruang kerja menjelaskan, keikutsertaan HBA di ajang PON 2024 sebagai Cabor ekshibisi (percobaan peragaan). Jika sukses, HBA bakal masuk sebagai Cabor resmi PON 2028 nanti.

Saat ini Cabang Olahraga Memanah Berkuda Pordasi Kabupaten Aceh Tamiang terus mematangkan persiapan jelang Eksebisi di Pekan Olahraga Nasional atau PON Aceh Sumut yang digelar akan berlangsung September mendatang. Para Atlet Ini terdiri dari Atlet Senior dan Junior yang akan berlaga di Nomor Sprint Senior dan Sircle Junior Putra Putri, papar Andika.

Menghadapi Even Eksebisi PON Aceh-Sumut ini, para Atlet Cabor Memanah Berkuda terus mematangkan persiapan dengan melakukan latihan rutin setiap pagi dan sore.

Sedikitnya Ada 5 orang atlet Aceh Tamiang yang nantinya mengikuti Eksebisi ini baik senior uaupun junior.

Andika Putra mengatakan jadwal Eksebisi ini akan diikuti oleh para atlet dari 16 Provinsi di Indonesia dan jadwal akan berlangsung pada 14 September hingga 16 September 2024. Sedangkan untuk Pertandingan Memanah Berkuda ini Aceh Tamiang dipercaya menjadi Tuan Rumah dengan persiapan sudah mencapai 70 Persen.


Andika Putra Menjelaskan pada Eksebisi ini akan dipertandingan dua nomor yaitu Nomor Sprint Senior dan Nomor Sirkel Junior Putra dan Putri.

Secara keseluruhan Horse Back Archery (HBA) Pordasi Aceh Tamiang terus mematangkan persiapan sebagai tuan rumah mulai dari lintasan hingga persiapan untuk penginapan para Atlet yang direncanakan akan tiba di Aceh Tamiang pada 13 September 2024 mendatang.

Ia berharap pelaksanaan ekshibisi HBA berjalan sukses sehingga bisa menjadi Cabor resmi PON 2028. Jika HBA masuk menjadi Cabor resmi PON 2028 mendatang maka masing-masing kontingen bisa bersaing untuk menambah perolehan medalinya. Namun pada PON 2024, Cabor ekshibisi HBA belum masuk ke klasemen perolehan medali. 

"Medali tetap ada tetapi tidak medali klasemen. Terpenting sekarang, kami akan terus membangun komunikasi dengan seluruh Pengprov Pordasi se Indonesia yang ada di bawah komisi HBA. Mungkin ada 16 Pengprov Pordasi yang bisa ikut dalam ekshibisi nanti," kata dia.




dr. Andika Putra Eksebisi Memanah Berkuda ini merupakan Syarat yang harus dilaksanakan agar kedepan cabor Memanah Berkuda atau Horse Back Archery (HBA) (Pordas) dapat masuk pada Pekan Olahraga Nasional empat Tahunan. Andika Putra menambahkan bahwa untuk Lintasan resmi yang akan dipakai pada Eksebisi ini akan mulai digunakan pada beberapa hari kedepan untuk memastikan bahwa lintasan ini sudah memenuhi standar. []L24.Sai