HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Pencegahan Stunting di Kota Jambi

Farhan Harisman Mahasiswa Semester 4 Fakultas Syariah Ilmu Pemerintahan UIN STS Jambi  Lentera24.com - Stunting adalah suatu kondisi yang s...

Farhan Harisman Mahasiswa Semester 4 Fakultas Syariah Ilmu Pemerintahan UIN STS Jambi 


Lentera24.com - Stunting adalah suatu kondisi yang sangat penting untuk diperhatikan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama bagi balita dan anak-anak di Kota Jambi. Stunting adalah suatu kondisi yang terjadi ketika anak tidak dapat tumbuh secara normal karena kekurangan gizi, baik fisik maupun otaknya. Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang berdampak pada kualitas hidup anak-anak.


Stunting dapat menghambat perkembangan otak dan mempengaruhi prestasi akademik anak. Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang mengalami stunting cenderung memiliki prestasi akademik yang lebih rendah.


Pemerintah Kota Jambi telah mengambil langkah-langkah yang sangat penting dalam upaya menurunkan angka stunting. Dalam beberapa tahun terakhir, Pemerintah Kota Jambi telah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan gizi dan pentingnya menjaga jarak kehamilan antar bayi. Jarak ideal antara kelahiran dan kehamilan berikutnya adalah sekitar 2-3 tahun, sehingga dapat mencegah bayi stunting.


Selain itu, Pemerintah Kota Jambi juga telah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menggunakan alat kontrasepsi seperti pil KB, IUD atau kondom untuk mencegah jarak kehamilan kurang dari dua tahun. Pasangan usia subur yang berada di usia 20-45 tahun di mana pasangan (laki-laki dan perempuan) sudah cukup matang dalam segala hal terlebih organ reproduksinya sudah berfungsi dengan baik. Mereka harus dapat menjaga dan memanfaatkan reproduksinya dengan menggunakan metode keluarga berencana sehingga jumlah dan interval kehamilan dapat diperhitungkan untuk meningkatkan kualitas reproduksi dan kualitas generasi yang akan datang.


Dalam beberapa tahun terakhir, Pemerintah Kota Jambi telah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan gizi dan pentingnya menjaga jarak kehamilan antar bayi. Dalam beberapa tahun terakhir, Pemerintah Kota Jambi telah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan gizi dan pentingnya menjaga jarak kehamilan antar bayi.***