HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Sensasi Singkong Kekinian : Resep Unik dan Lezat untuk Cemilan dan Ide Jualan

Uswatun Kasanah Mahasiswi Semester 2 Agribisnis Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Lentera24....

Uswatun Kasanah Mahasiswi Semester 2 Agribisnis Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Lentera24.com - Singkong merupakan tanaman yang sangat terkenal di telinga masyarakat Indonesia. Singkong saat ini sudah berubah menjadi cemilan kekinian yang nikmat serta mudah untuk diolah.

Dalam lingkup pertanian, singkong sudah lama dikenal sebagai makanan alternatif pengganti nasi maupun cemilan yang mudah ditemukan dengan harga yang relatif terjangkau. Tidak heran jika tanaman ini sudah seperti bagian yang tidak terpisahkan dari budaya Indonesia sejak jaman dahulu.

Tentang Singkong

Singkong (manihot esculenta) adalah jenis tumbuhan umbi-umbian yang umum hidup di daerah tropis. Tanaman singkong adalah tanaman yang berasal dari Amerika Latin dan disebarkan oleh bangsa Portugis ke seluruh dunia. Tanaman ini diketahui pertama kali muncul di Indonesia sekitar Maluku pada abad ke-16.

Singkong memiliki ciri khas berupa umbi yang memiliki warna putih dengan kulit yang berwarna coklat. Bentuk daun biasanya berbentuk lonjong dan menjari serta ujung jari daun yang terlihat tajam. 

Tanaman singkong adalah salah satu jenis tanaman yang mudah untuk hidup dan dibudidayakan. Menurut data Badan Pusat Statistik, Tanaman ini berkembang pesat dan tersebar di Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jambi, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Singkong adalah tanaman yang mudah ditemukan dan memiliki banyak manfaat. Namun tak bisa dipungkiri, bahwa pada saat ini bagi sebagian orang termasuk anak muda seringkali menyepelekan dan menganggap singkong sebagai makanan jaman dulu yang kurang menarik untuk dikonsumsi. Tidak jarang juga kita menemukan singkong yang diolah dengan cara yang monoton dan kurang menarik. Hal ini sangat disayangkan sekali, apalagi Indonesia sendiri termasuk dalam salah satu negara dengan produksi tanaman singkong terbesar di dunia.

Tapi tahukah kalian, bahwa saat ini ada banyak inovasi terbaru dari singkong yang lebih modern dan mudah untuk diolah. Singkong yang di kreasikan dengan mengikuti perkembangan zaman dapat meningkatkan cita rasa dan meningkatkan nilai jual singkong. Kenikmatan dari olahan kreasi singkong ini juga tidak kalah dari berbagai olahan produk makanan saat ini yang kekinian. Ketika kita mengolah dan mengonsumsi produk olahan dari singkong, kita termasuk melestarikan dan mengembangkan kekayaan komoditas negara kita sendiri. 

Yuk disimak, berikut adalah beberapa olahan singkong yang nikmat dan mudah dibuat:

Pengolahan Kulit Singkong menjadi Keripik Aneka Rasa

Berikut adalah resep untuk membuat kulit singkong menjadi keripik aneka rasa:

 Bahan yang dibutuhkan:

• Kulit singkong yang sudah bersih

• Tepung terigu

• Tepung maizena

• Garam

• Air

[untuk takaran, sesuaikan dengan seberapa banyak kulit singkongnya]

Cara membuat:

Cuci bersih kulit singkong lalu iris sesuai selera. Lalu panaskan air hingga mendidih sambil masukkan kulit singkong dan garam. Kukus sampai lunak lalu angkat dan tiriskan

Siapkan wadah. Masukkan singkong, tepung terigu dan tepung maizena. Aduk rata semua bahan

Siapkan wajan dan panaskan minyak, setelah itu masukkan kulit singkong dan goreng dengan api sedang hingga kuning kecoklatan. Jika sudah angkat dan tiriskan

Masukkan kedalam wadah lalu taburi dengan bumbu kering aneka rasa, seperti balado, barbeque, atau pedas manis)

Makanan Siap Dihidangkan

Kulit singkong merupakan bagian singkong yang biasanya tidak digunakan dan sering dibuang begitu saja. Tapi tahukah kamu, bahwa kulit singkong ternyata dapat diolah dan dikreasikan menjadi keripik dengan berbagai rasa yang meningkatkan harga jual singkong. Makanan ini cocok untuk dijadikan cemilan yang bisa dinikmati bersama keluarga. Kreasi resep ini mengubah kulit singkong yang tadinya tidak berguna dan hanya dibuang, menjadi cemilan yang nikmat.

Inovasi Produk Singkong menjadi Frozen Food

Inovasi frozen food adalah inovasi untuk mengawetkan makanan di dalam lemari pendingin. Inovasi ini sangat digemari oleh banyak orang, hal ini terjadi karena frozen food sangat memberikan kemudahan karena praktis untuk diolah dan dapat di simpan dalam waktu yang lama. Seiring perkembangan zaman, saat ini singkong juga dapat diolah menjadi produk frozen food yang praktis dan enak. Berikut ini adalah beberapa olahan singkong yang seringkali dijadikan olahan frozen food:

Pengolahan Nugget Singkong

Nugget biasanya dibuat dengan dasar hewani, seperti ayam. Tetapi sekarang ada kreasi dari nugget yang bahan utama nya adalah singkong. Berikut adalah resep untuk membuat nugget singkong:

Bahan Yang Dibutuhkan:

• 1 kg singkong

• Daun bawang potong halus 2 lembar

• 1 sdt lada bubuk

• 1 sdt penyedap rasa

• garam secukupnya

• 2 butir telur

• 3 sdm tepung terigu

• 6 sdm tepung maizena

• tepung panir secukupnya


Cara membuat:

Bersihkan singkong, potong-potong, lalu kukus

Setelah singkong empuk dan matang, tumbuk halus ketika masih panas. Jika sudah halus campurkan dengan semua bumbu-bumbu diatas.

Setelah tercampur dan adonan kalis, masukkan ke wadah tertutup, dan simpan di dalam kulkas selama satu jam.

Setelah lumayan beku, keluarkan adonan dan potong-potong. Bisa juga di bentuk sesuai keinginan

Kocok satu butir telur, tambahkan 4 sdm air dan tambahkan sedikit garam

Masukkan adonan bergantian ke dalam telur, jika sudah balurkan ke tepung panir

Simpan adonan di dalam freezer agar tahan lama, kita bisa goreng ini kapanpun yang kita mau.

Nugget ini bisa ditambahkan juga dengan topping-topping favorit anda, agar tampilan semakin bagus dan menambah cita rasa. Cemilan ini cocok bagi orang yang vegan, karena berbahan dasar non-hewani. 

Kentucky Singkong

Selanjutnya ada kentucky singkong, olahan ini adalah pilihan yang bagus untuk dijadikan kreasi agar tidak bosan dengan singkong goreng yang biasa. Berikut adalah resep untuk membuat kentucky singkong:

Bahan Yang Dibutuhkan:

• 1 kg singkong

• 600 ml air

• 1 sdt garam

• 500 gr terigu protein sedang/tinggi

• 1 sdm susu bubuk

• 1 sdt soda kue

• 1 sdt vanili

Cara membuat :

1. Potong singkong agak memanjang dan bentuk persegi, cuci bersih, lalu goreng hingga setengah matang

2. Buat larutan air dan garam di dalam wadah. Setelah singkong sudah digoreng setengah matang. Pada saat masih panas, masukkan kedalam larutan air garam yang tadi sudah disiapkan. Tunggu beberapa menit hingga merekah.

3. Siapkan tepung, susu bubuk, soda kue, dan vanilli ke dalam wadah terpisah. Tiris singkong yang sudah direndam sampai kering. Jika sudah masukkan ke dalam wadah berisi campuran tepung, susu, dan vanilli. Aduk sampai rata, lalu celupkan ke dalam air biasa, dan terakhir celup ke adonan tepung

4. Setelah itu tepuk – tepuk singkong agar tepung tidak terlalu banyak pada saat digoreng. Setelah itu, kita bisa simpan adonan ini dalam freezer dan goreng kapanpun yang kita mau.

Kroket Singkong Pedas

Selanjutnya ada kroket singkong pedas, jenis cemilan nikmat bercita rasa pedas dengan tambahan bahan singkong. Berikut adalah resep untuk olahan kroket singkong pedas:

Bahan yang dibutuhkan:

• 1 kg singkong

• 2 batang daun bawang

• Seledri (opsional)

Untuk bumbu halus: 

• 6 siung bawang putih

• Cabe rawit (sesuaikan dengan selera)

• Garam dan kaldu bubuk secukupnya

Untuk bahan tepung basah, aduk tidak kental & tidak encer :

• 1 sdm tepung bumbu serbaguna

• 1 sdm tepung tapioka

• Air secukupnya

Cara membuat:

1. Kupas singkong lalu cuci bersih dan potong-potong, kemudian kukus hingga matang dan haluskan. Potong bawang daun & seledri lalu masukkan wadah

2. Uleg bumbu halus, lalu masukkan semua bumbu dan campurkan dengan singkong. Aduk hingga rata

3. Bentuk lonjong adonan korket, kemudian celupkan dalam tepung basah, lalu goreng. Jika mau dijadikan frozen food, dapat langsung dimasukkan kedalam freezer.

Tingkat kepedasan dari cemilan ini bisa disesuaikan dengan keinginan. Cemilan ini cocok untuk kalian yang suka nyemil makanan pedas. Tambahkan cocolan saus atau sambal juga dapat meningkatkan kenikmatan kroket singkong ini.

Kreasi Pempek Singkong

Olahan pempek biasanya menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Namun saat ini ada kreasi baru yaitu pempek singkong. Pempek singkong ini mengubah bahan utama dari ikan menjadi singkong. Jadi pempek ini cocok untuk orang vegan yang ingin mengonsumsi pempek. Berikut adalah resep untuk membuat pempek singkong:

• 500 gr singkong yang sudah dikukus dan dihaluskan

• 750 gr tepung sagu

• 100 ml air hangat

• 2 butir telur

• Garam secukupnya

Cara membuat:

1. Campur singkong yang sudah halus dengan air hangat dan garam. Aduk rata

2. Masukkan telur, aduk rata. Lalu masukkan tepung sagu lalu aduk kembali. Boleh ditambahkan sampai tekstur adonan kalis

3. Bentuk adonan seperti bentuk pempek. Kreasikan bentuk sesuai keinginan. Jika sudah, masukkan kedalam air mendidih, kalau sudah terapung segera angkat dan tiriskan.

4. Setelah tiris bisa untuk langsung goreng ataupun dimasukkan kulkas agar tahan lama

5. Goreng hingga matang dan sajikan dengan cuko atau sesuai selera.

Olahan pempek ini menarik untuk dibuat karena membutuhkan modal yang lebih ekonomis daripada pempek dengan bahan dasar ikan. Resep ini sehingga juga cocok untuk dijadikan ide bisnis.

Gimana, mudah bukan kreasi olahan-olahan singkong diatas. Kita dapat mengkreasikan tanaman singkong dari umbi hingga kulitnya menjadi beragam olahan makanan yang menarik. Makanan yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau orang tersayang. Selain itu, resep-resep ini juga akan membantu bagi kalian yang ingin membuka usaha dengan modal yang terjangkau.***