HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Memiliki UKT yang Tergolong Murah, Universitas Tidar Memiliki Ruang Kelas yang Tergolong Nyaman dan Memadai

Riky Adimas Permana Mahasiswa Semester 2 Fakultas Teknik Universitas Tidar Email: rikyadimaspermana@gmail.com      Lentera24.com - UKT atau...

Riky Adimas Permana Mahasiswa Semester 2 Fakultas Teknik Universitas Tidar Email: rikyadimaspermana@gmail.com     


Lentera24.com - UKT atau Uang Kuliah Tunggal adalah sistem pembayaran perkuliahan yang diterapkan di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Sistem ini membebaskan mahasiswa dari komponen biaya kampus yang rumit seperti biaya SPP, praktikum, bahkan biaya ujian hingga biaya magang. UKT diberlakukan berdasarkan Permendikbud No. 55 Tahun 2013. Dengan sistem ini, mahasiswa hanya perlu membayar sekali tiap semesternya. Biaya kuliah yang dibayarkan mahasiswa berlaku untuk satu semester penuh tanpa ada biaya lainnya. Hal ini tentunya juga diberlakukan di Universitas Tidar.

Universitas Tidar merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Universitas Tidar atau kerap disebut UNTIDAR masih tergolong baru sebagai Universitas Negeri. Dilansir dari situs resmi Universitas Tidar (Universitas Tidar (UNTIDAR)), perguruan tinggi ini baru dinyatakan memiliki status negeri pada tanggal 1 April 2014 dan menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berstatus Badan Layanan Umum (BLU) pada tanggal 25 April 2024. Dengan dinyatakannya hal tersebut, Kemendikbud Ristek mengeluarkan kebijakan terkait UKT yang akan ditetapkan di UNTIDAR.

Kemendikbud Ristek telah menerbitkan penyesuaian terhadap UKT UNTIDAR yang nilainya lebih tinggi dari besaran UKT yang ditetapkan Universitas Tidar saat ini. Berkaitan dengan hal itu, rektor UNTIDAR Prof Sugiyarto menegaskan bahwa tidak ada kenaikan UKT meskipun sekarang UNTIDAR telah menyandang status BLU. Besaran UKT yang ditetapkan UNTIDAR saat ini tergolong murah. Terdapat XII golongan untuk besaran UKT dengan golongan yang paling rendah yaitu gol. I sebesar Rp500.000,00 dan golongan tertinggi yaitu golongan XII hanya Rp6.000.000,00-Rp8.500.000,00 saja, tergantung dari prodi yang akan ditempuh (untuk detail besaran UKT dapat dilihat pada "Biaya Kuliah Untidar Magelang 2024/2025”). Besaran UKT tersebut tergolong murah dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya yang memiliki kredibilitas yang setara dengan Untidar.

"Kalau nilainya (UKT) saya nggak hafal ya, tapi kami ngambil kebijakan kemarin memang ada perbaharuan tentang BKT (biaya kuliah tunggal) itu dia sudah ditetapkan pemerintah. Nah, kami ambil kebijakan memahami kondisi mahasiswa kita tidak mau menyesuaikan BKT yang sudah ada, kita masih menggunakan standar tahun yang lalu. Jadi tidak ada kenaikan UKT untuk Untidar meskipun itu jauh di bawah BKT," Ucap Prof Sugiyarto pada saat diwawancarai pada acara Dies Natalis ke-45 Universitas Tidar.

Memilki besaran UKT yang murah bukan berarti memiliki fasilitas yang kurang baik, khususnya dalam hal ruang kelas UNTIDAR memiliki ruang kelas yang memadai dan nyaman digunakan untuk kegiatakan perkuliahan. Kenyamanan merupakan faktor penting yang harus dipenuhi dalam kegiatan perkuliahan, baik dari kenyamanan yang dirasakan dosen ataupun mahasiswa yang diajar. Ruang kelas yang nyaman akan membuat proses perkuliahan menjadi lebih lancar dan meminimalisir potensi gangguan-gangguan yang tidak diperlukan selama kegiatan perkuliahan. Ketika kenyamanan ini telah terwujud, maka instansi pendidikan dapat dikatakan telah memenuhi sebagian hak mahasiswa karena telah memenuhi kewajiban mereka yaitu membayar UKT. Kenyamanan di dalam ruang kelas dapat terwujud melalui berbagai faktor seperti suhu, kebisingan, kebersihan, dan pencahayaan.

Faktor pertama yang dapat menimbulkan rasa nyaman ketika berada di ruang kelas adalah suhu dari ruangan tersebut. Suhu ruang kelas yang sejuk di UNTIDAR dihasilkan oleh AC (Air Conditioner) yang terpasang di setiap kelas. Berdasarkan sumber yang saya baca, suhu ruangan yang nyaman berkisar 25℃ - 28℃. Berdasarkan standar yang ditetapkan oleh SNI 03-6572-2001 ada tingkatan temperatur yang nyaman untuk orang Indonesia salah satunya yaitu sejuk nyaman yang dapat dihasilkan pada suhu sekitar 20,5℃ - 20,8℃. Suhu tersebut tentunya dapat dihasilkan pada ruang kelas UNTIDAR dengan menggunakan AC. Jadi, suhu di dalam ruang kelas kampus ini dapat dipastikan nyaman untuk kegiatan perkuliahan dari segi suhu ruangan, tetapi suhu ruangan bukan satu-satunya faktor yang dapat menunjang kenyamanan ruang kelas. Terdapat juga faktor lainnya yang harus dipenuhi, salah satunya yaitu kebersihan.

Suhu dan kebersihan merupakan dua faktor penting yang harus dipenuhi agar tercipta suasana kelas yang nyaman. Dua faktor tersebut tentunya telah dimiliki oleh ruang kelas yang terdapat di perguruan tinggi ini. Kebersihan di ruang kelas kampus ini cukup terjaga karena rutin dibersihkan oleh petugas kebersihan setiap harinya dan terdapat tong-tong sampah di depan pintu setiap ruang kelas yang dapat mencegah mahasiswa untuk buang sampah sembarangan. Kebersihan yang terjaga, dapat membuat konsentrasi meningkat ketika kegiatan perkuliahan dikarenakan berkurangnya distraksi yang ditimbulkan dari kotornya ruang kelas. Bukan hanya dua hal diatas, terdapat juga faktor lainnya yang menjadi aspek timbulnya kenyamanan di ruang kelas UNTIDAR yaitu kebisingan yang minim dan pencahayaan yang bagus.

Pencahayaan yang baik pada ruang kelas merupakan penunjang konsentrasi dan juga produktivitas mahasiswa dalam memperhatikan dan juga memahami penejelasan dari dosen ketika perkuliahan berlangsung. Pencahayaan yang kurang baik atau berlebihan akan membuat mahasiwa kesulitan untuk memperhatikan materi yang sedang disampaikan di depan kelas. Kondisi pencahayaan di ruang kelas kampus ini sangat baik karena memiliki jendela yang banyak tetapi menggunakan jenis kaca yang tidak langsung tembus cahaya yang menjadikan percayahaan tidak berlebihan. Ketika cuaca mendung teerdapat juga lampu-lampu yang menghasilkan cahaya yang nyaman untuk dipandang mata. Selain dari segi visual, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam hal kenyamanan ketika berada di dalam kelas, yaitu kebisingan.

Mahasiswa ataupun dosen tidak akan fokus dalam melakukan kegiatan perkuliahan ketika ruang kelas tersebut berisik atau bising. Oleh karena itu, ruang kelas yang nyaman harus terbebas dari kebisingan yang berlebihan. Berkaitan dengan hal itu, ruang kelas di UNTIDAR sudah didesain agar kedap suara sehingga dapat meminimalisir kebisingan atau suara-suara yang dapat mengganggu konsentrasi di dalam kelas dan menciptakan suasana yang kondusif bagi dosen ataupun mahasiswa yang sedang berada di dalam kelas. Ketika kenyamanan sudah dapat terjadi, ruang kelas yang memadai untuk kegiatan akademik juga perlu diperhatikan.

Kemudian dalam hal memadai, ruang kelas di UNTIDAR memiliki proyektor di setiap kelas dan sudah terpasang permanen sehingga tidak perlu melakukan bongkar pasang ketika akan melakukan kegiatan perkuliahan. Layar proyektor yang berada di Tengah dan terpisah dengan dua papan tulis juga dapat menjadi alasan kenapa ruang kelas di kampus ini cukup memadai. Kenyamanan yang dihasilkan juga merupakan bukti bahwa ruang kelas di UNTIDAR layak disebut memadai, Terdapat juga alat pengharum ruangan yang dapat menyemprot secara berkala sehingga jika ada bau tidak sedap dapat dihilangkan dan ruangan tetap wangi.***