HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Mahasiswi Pascasarjana Kebidanan Universitas Aisyiyah Yogjakarta Mengadakan Program Bantuan Komprehensif Bagi Perempuan Korban KDRT

Lentera24.com - Dalam rangka memberdayakan perempuan korban kekerasan dalam dalam rumah tangga (KDRT), Mahasiswa S2 kebidanan dari Universi...


Lentera24.com - Dalam rangka memberdayakan perempuan korban kekerasan dalam dalam rumah tangga (KDRT), Mahasiswa S2 kebidanan dari Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta bekerjasama dengan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Kotagede mengadakan program bantuan komprehensif. Program ini mencakup aspek kesehatan, psikologi, dan sosial untuk membantu para korban untuk bangkit dan mandiri. Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) merupakan masalah serius yang mempengaruhi banyak perempuan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Kotagede dengan jaringannya yang luas dan pengalaman dalam advokasi sosial, memainkan peran penting dalam memberikan dukungan emosional dan psikososial kepada korban KDRT. 


Dukungan ini sangat bersifat krusial, dengan melalui berbagai program seperti konseling, kelompok dukungan, dan dukungan sosial. Salah satu aspek penting dalam membantu korban KDRT yaitu pemberdayaan ekonomi, selain membantu korban secara langsung sinergi ini juga fokus pada meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu KDRT. 


Kegiatan ini berlangsung di bawah bimbingan ibu Dr. Ismarwati, MH. Kes., Seorang Pakar dalam Bidang Kebidanan dan Hukum Kesehatan yang bersama Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah ranting Basen Kotagede dan melibatkan berbagai aktivitas. Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan dukungan komprehensif bagi para korban. Para mahasiswa juga berkolaborasi dengan psikolog (PPA) dan majelis ekonomi dan sosial untuk memastikan para korban mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan. Dalam konteks ini ada beberapa program yang ditawarkan yaitu program konseling psikolog, program pemeriksaan kesehatan rutin, program pelatihan keterampilan hidup, program seminar dan workshop.


Wakil Ketua Pimpinan Cabang ‘Aisyiayah Ranting Basen, Dra. Umi Hidayati, M.Pd., menekankan bahwa pentingnya pendekatan secara holistik dalam melakukan pemberdayaan perempuan korban KDRT. “Kami tidak hanya focus pada aspek kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental dan kemampuan ekonomi mereka”. Dengan memberikan pelatihan keterampilan, kami berharap korban KDRT dapat mencapai kemandirian finansial dimasa depan, jelas Dra. Umi.


Salah satu mahasiswa S2 kebidanan yang terlibat dalam program ini, Thoyibatul Islami, juga berbagi pengalamannya. “Bekerjasama dengan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Kotagede Ranting Basen sangat memperkaya pengalaman saya. Melalui program ini kami dapat melihat langsung dampak positif yang diberikan kepada korban KDRT, kami juga dapat melihat bagaimana organisasi ‘Aisyiyah yang begitu berperan dalam pemberdayaan perempuan sehingga setiap perempuan yang mengalami KDRT bisa perlahan bangkit dan kembali percaya diri,” ungkap Islami.


Ketua Pimpinan Cabang “Aisyiyah Kotagede Ranting Basen menyoroti pentingnya kolaborasi ini. “Sinergi dengan mahasiswa S2 kebidanan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta memungkinkan kami untuk menjangkau lebih banyak dan memberikan bantuan yang lebih efektif.” ujarnya. Dengan adanya program ini, diharapkan semakin banyak korban KDRT yang terbantu serta masyarakat menjadi lebih sadar dan peka terhadap isu KDRT. Kedepannya, mahasiswa S2 Kebidanan dan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Kotagede berencana memperluas program ini ke daerah - daerah lain di Indonesia.


Sinergi antara mahasiswa S2 Kebidanan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta dan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Kotagede merupakan suatu contoh kolaborasi yang baik dan efektif dalam melakukan pemberdayaan perempuan sehingga memungkinkan untuk mengatasi isu sosial yang kompleks seperti KDRT, dengan menggabungkan kekuatan akademis, dukungan emosional, pemberdayaan ekonomi, edukasi masyarakat dan penelitian. ***