HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Kodim 0117/Aceh Tamiang Tanam Jagung Perdana Program I’M Jagong

Lentera24.com | ACEH TAMIANG - Kodim 0117/Aceh Tamiang bersama Forkompinda melaksanakan penanaman perdana jagong program Kodam Iskandar Mud...


Lentera24.com | ACEH TAMIANG - Kodim 0117/Aceh Tamiang bersama Forkompinda melaksanakan penanaman perdana jagong program Kodam Iskandar Muda di wilayah Kodim 0117/Atam bertempat di Desa Bukit Rata, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang. Rabu 5 Juni 2024.

Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Inf Letkol Inf Andi Ariyanto, S.I.P., M.I.P., dalam sambutannya mengatakan TNI saat ini sudah melakukan kerjasama-kerjasama dengan Kementerian terutama yang sudah dilaksanakan Kementerian Pertanian untuk mendukung terkait dengan masalah ketahanan pangan. Perintah ini dilaksanakan ataupun diperintahkan mulai dari Panglima TNI sampai dengan tingkat kodam-kodam yang ada di Indonesia.

Kegiatan ini selain perintah juga niat kita inovasi kita Kodim untuk membantu pemerintah daerah mudah-mudahan apa yang kita laksanakan ini bisa berdampak khususnya kepada masyarakat dan memberikan perubahan dan membantu kepada masyarakat untuk meningkatkan ketahanan pangan,” papanya.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwasanya Angkatan Darat bersama Kementerian Pertanian sedang menggalakkannya ketahanan pangan ini di mana yang sudah berjalan saat ini yaitu terkait dengan masalah kegiatan Oplah (optimasi lahan) pertanian dan di sini kita juga bekerja sama dengan dinas pertanian untuk memaksimalkan terkait dengan penanaman padi. Walaupun dengan harapan ini kita ketahui bersama bahwa Tamiang ini merupakan daerah sawah tadah hujan akan tetapi dengan adanya bantuan-bantuan mesin air diharapkan yang petani biasanya petani menanam ataupun panen dua tahun sekali mungkin bisa lebih,” lanjutnya lagi. 

Selain itu juga penanaman jagung ini juga untuk meningkatkan ketahanan pangan dan mengoptimalisasikan lahan-lahan tadi, mudah-mudahan dengan pelaksanaan ini nantinya yang disampaikan oleh Pak Pj Apabila ada lahan lain kita bisa manfaatkan untuk ketahanan pangan,” pungkasnya.

Sementara itu Pj. Bupati Aceh Tamiang Drs. Asra mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tamiang melihat program dari TNI ini adalah sangat bagus sekali dan di daerah Tamiang masih banyak lahan tidur di Tamiang ini yang kalau diurus dan diberdayakan akan sangat luar biasa,” ungkapnya. 

Tugas pemerintah membantu merubah menset masyarakat dan kalau ini berhasil dampaknya besar sekali, ke depan kita akan memanfaatkan lahan tidur yang ada di Kab. Aceh Tamiang ini paparnya lagi. 

Pemda melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Tamiang akan mensupport kegiatan ini dan akan mencari solusi untuk bibit jagung dan pupuk,” pungkasnya. []L24.Sai