HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Sistem Drainase Dan Pengendalian Genangan Air Di Lingkungan Sekitar

Bagas Saputra Bangsawan  Mahasiswa Teknik Lingkungan Akademi Teknik Tirta Wiyata, Kota Magelang Lentera24.com - Sistem drainase adalah sist...

Bagas Saputra Bangsawan 
Mahasiswa Teknik Lingkungan
Akademi Teknik Tirta Wiyata, Kota Magelang

Lentera24.com - Sistem drainase adalah sistem yang mengalirkan air hujan dan air buangan ke saluran yang tepat, sehingga tidak menimbulkan genangan dan banjir. Sistem drainase memiliki beberapa fungsi, seperti menghindari erosi tanah, mengontrol kualitas air, mengoptimalkan pertanian, dan memastikan ketersediaan air bersih. 

Pengendalian genangan air adalah upaya untuk mengurangi atau menghilangkan akumulasi air di permukaan tanah yang dapat merusak infrastruktur.

Peran sistem drainase dan pengendalian genangan air, yang pertama dapat mencegah terjadinya banjir dan kerusakan lingkungan akibat air yang tidak terkendali, menjaga kebersihan lingkungan dan meminimalkan pencemaran air, mengendalikan erosi tanah, kerusakan jalan dan bangunan yang telah ada, mengendalikan air hujan yang berlebihan sehingga tidak terjadi bencana banjir, menurunkan permukaan air tanah pada tingkat yang ideal, dan dapat mengeringkan daerah yang tergenang air. 

Pengelolaan sistem pengendalian genangan air harus dilakukan secara terpadu dan serasi dengan melibatkan peran pemerintah, masyarakat, dan badan usaha. Pengelolaan yang dilakukan harus sesuai dengan peraturan perundang - undangan dan teknologi pengolahan air limbah.

Drainase memiliki beberapa pemanfaatan terhadap lingkungan sekitar, pertama dapat mencegah risiko banjir dan kerusakan lingkungan akibat air yang tidak terkendali, mendukung sanitasi wilayah dan mengurangi risiko penyakit, membuang air hujan yang tergenang di tempat umum, membuang air limbah seperti limbah domestik atau industri, mempertahankan keberlangsungan dan melindungi infrastruktur yang ada. 

Ada dua cara terbentuknya drainase, yaitu buatan dan alamiah serta menurut letak bangunan ada yang terletak dibawah permukaan tanah, dan drainase permukaan tanah.

Genangan air yang disebabkan oleh banjir ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan lingkungan sekitar. Dapat terjadi beberapa ancaman penyakit yang ditimbulkan dari genangan air.

Penyakit gastrointestinal, seperti diare, muntah, kolera, demam tifoid, dan leptospirosis, selain itu dapat terjadi dampak lingkungan, seperti erosi tanah, kerusakan jalan dan bangunan. 

Untuk menghindari ancaman tersebut kita dapat menjaga kebersihan  diri dan lingkungan, menghindari kontak langsung dengan air banjir, menggunakan obat pengusir nyamuk, menutup luka atau lecet yang ada di kulit, dan meminum air yang sehat.

Masyarakat juga dapat berperan aktif dalam pengelolaan drainase dengan cara tidak membuang sampah ke selokan yang dapat menyebabkan sedimentasi serta mengikuti proses perencanaan, pembangunan, dan pemeliharaan drainase yang dilakukan oleh pemerintah atau pihak terkait. Dengan kita berperan aktif dalam pengelolaan drainase, kita dapat mencegah terjadinya banjir, menjaga kesehatan lingkungan, dan mendukung penataan ruang dan infrastruktur.

Pemerintah dan masyarakat juga harus saling bekerjasama dalam mengelola drainase untuk mengatasi permasalahan banjir dan infrastruktur di wilayah perkotaan. Kerjasama yang dapat dilakukan yaitu melakukan kerja sama antar daerah dalam penyelenggaraan sistem drainase perkotaan. Pemerintah pusat juga harus bekerja sama dengan swasta dalam pengelolaan air minum, termasuk dimanfaatkan air hujan sebagai sumber air bersih. 

Pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang menjaga lingkungan karena air adalah sumber kehidupan yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, termasuk manusia. Air juga berperan dalam menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan. Namun, air dapat menjadi ancaman jika tidak dikelola dengan baik, seperti menyebabkan genangan, banjir, pencemaran, dan penyakit.

Sistem drainase dan pengendalian genangan air di lingkungan sekitar adalah dua hal yang berkaitan dengan penanganan air, terutama di wilayah perkotaan. Selain itu juga untuk mengelola sistem drainase dan pengendalian genangan air di lingkungan sekitar, diperlukan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, serta penerapan sistem drainase berwawasan lingkungan yang berprinsip mengalirkan kelebihan air dengan menampung dan meresapkan air hujan serta mengalirkan kelebihan air permukaan ke badan air. ***