HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Pengaruh Kehidupan Mahasiswa Dengan Adanya Perkembangan Teknologi Di Era Digital

Chaira Niswatun Mahasiswi Semester 3 Prodi Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudera Langsa  Lentera24.c...

Chaira Niswatun Mahasiswi Semester 3
Prodi Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudera Langsa 


Lentera24.com - Secara tidak langsung tanpa kita sadari bahwa kita telah memasuki dunia atau era baru yang disebut dengan era digital. Era Digital merupakan dunia di mana semua orang memulai segala macam aktivitasnya dengan menggunakan teknologi baik teknologi komunikasi maupun informasi, seperti melakukan pembayaran tanpa menggunakan uang cash atau tunai, memesan ojek online melalui handphone, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya teknologi juga, mau di manapun kita berada kita tetap dapat mengetahui kejadian-kejadian yang terjadi di sekeliling kita. Hal itulah yang dimaksud dengan kemajuan teknologi, terutama teknologi informasi. Selain itu, dalam perkembangan teknologi terdapat dampak positif dan negatif. Dampak positif yang diberikan oleh teknologi komunikasi maupun informasi adalah mempermudah kita dalam berkomunikasi tanpa harus memikirkan jarak, tempat, serta waktu, kita juga dapat menerima informasi lebih cepat melalui akses internet yang tersedia, mempermudah kita dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu pengaruh teknologi juga mempunya dampak pasitif dan negatif. Salah satu dampak positif teknologi digital yaitu, koran digital merupakan koran yang berisikan informasi aktual yang hanya dapat diakses melalui media elektronik seperti, smartphone, komputer atau laptop. Teknologi yang selalu berkembang membuat koran yang sebelumnya menyampaikan tulisan ke pembaca lewat lembaran kertas, namun sekarang dapat ditemukan melalui internet. Koran digital ini mempermudah kamu untuk mencari informasi dengan waktu singkat dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun, tentu dengan internet yang memadai. Koran digital ini juga lebih menarik perhatian pembaca dari pada koran cetak. 

Sedangkan dampak negatifnyanya yaitu : Kecanduan game online merupakan salah satu jenis bentuk kecanduan yang di-sebabkan oleh teknologi internet atau yang lebih dikenal dengan internet addictive disorder (kecanduan internet). Seperti yang disebutkan bahwa internet dapat menyebabkan kecanduan, salah satunya adalah Computer game Addiction (berlebihan bermain game). Dari sini terlihat bahwa game online merupakan bagian dari internet yang sering dikunjungi dan sangat digemari bahkan bisa me- ngakibatkan kecanduan yang memiliki intensitas yang sangat tinggi, maka dampak psikologi yang dirasakan adalah akan merasa penasaran sehingga mengabaikan apa saja demi memenangkan permainan itu. 

Mahasiswa yang kecanduan game menjadi sering lupa dengan kewajibannya seperti malas mandi, makan, menjadi cuek, acuh tak acuh dan kurang peduli terhadap kewajibannya sebagai mahasiswa. la tidak peduli ter- hadap tugasnya, dan target prestasi yang harus diraih, Setelah lama bermain demi kemenangan sebuah game. Mahasiswa akan merasa penat dan capek sehingga tidak dapat melaksanakan tugasnya. Hal ini jika dibiarkan akan menjadi kebiasaan, dan mereka akan menjadi malas dalam segala hal.

Dari fakta dilapangan salah satu kasus negatif dari penyalahgunaan teknologi yaitu : 3 orang anak disemarang alami gangguan jiwa akibat kecanduan game online. Anak itu harus menjalani terami di Rumah Sakit jiwa Daerah (RSJD) Amino Gondohutomo, Kota Semarang lantaran kecanduan bermain gamr hingga menderita gangguan jiwa. Psikiater RSJD Amino Gondohutomo, Hesti Anggriani mengungkapkan, anak-anak yang harus menjalani terapi itu rata-rata berusia sembilan tahun. Fakta ini diambil dari https://amp.kompas.com/regional/read/2019/10/19/13403171/3-anak-di-semarang-alami-gangguan-jiwa-akibat-kecanduan-game-online.

“ Bagaimana solusi agar anak tidak ketergantungan dalam menggunakan gedget?”

Menurut Saya cara agar anak tidak kecanduan gadget yaitu dengan cara : Batasi dan awasi saat anak menggunakan gedget,buat aktivitas menyenangkan kepada anak agar anak lupa dengan gedget nya,beritahu anak bahaya menggunakan  getget terlalu lama dan berilah mainan sesuai usia anak.

Dari hal-hal yang terjadi diatas dapat dikatakan bahwa pengaruh teknologi itu sendiri sangat besar terhadap perilaku mahasiswa maupun masyarakat luas. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa kemajuan teknologi komunikasi maupun informasi di era digital ini cukup signifikan dalam kehidupan sehari-hari.***