HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Mempelajari Bahaya Dan Mencegah Serangan Cross-site Scripting (XSS)

Oleh Kelompok 3 :1. Alif Fadillah Ummar, 2. Siti Zulhi Nirma Saidah 3. Gudang Gunawan Informatika Semester 3 Fakultas Ilmu Komputer Universi...

Oleh Kelompok 3 :1. Alif Fadillah Ummar, 2. Siti Zulhi Nirma Saidah 3. Gudang Gunawan Informatika Semester 3 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Singaperbangsa Karawang


Lentera24.com - Cross-Site Scripting (XSS) merupakan ancaman serius pada aplikasi web yang terjadi karena kurangnya validasi dan keamanan terhadap input pengguna. 

Dalam menganalisis permasalahan dan merumuskan solusi terhadap serangan Cross-Site Scripting (XSS), pertama-tama perlu memahami bahwa XSS muncul akibat kurangnya keamanan pada input pengguna dalam aplikasi web. Celah ini memungkinkan penyisipan skrip berbahaya, yang dapat mengancam keutuhan dan kerahasiaan data. 

Solusi yang diusulkan melibatkan beberapa langkah kunci. Validasi input yang ketat diperlukan untuk memastikan bahwa data yang dimasukkan oleh pengguna sesuai dengan format yang diharapkan, sehingga mencegah penyisipan skrip. Output encoding atau pengubahan karakter khusus dalam data sebelum ditampilkan di halaman web adalah langkah berikutnya untuk mencegah interpretasi yang salah dan eksekusi skrip berbahaya

Secara Definisi Dan Teori 

Cross-site scripting (XSS) adalah serangan web yang memungkinkan penyerang untuk menyisipkan kode berbahaya ke dalam halaman web yang aman. Kode berbahaya ini kemudian dieksekusi di browser pengguna, yang dapat menyebabkan berbagai macam dampak negatif, termasuk pencurian data pribadi, pembajakan akun, dan penyebaran malware.

XSS terjadi ketika aplikasi web tidak memvalidasi input pengguna dengan benar. Input pengguna yang tidak valid dapat mengandung kode berbahaya, yang kemudian dapat dieksekusi oleh browser pengguna. 

Ada Tiga Jenis Utama XSS

- Reflected XSS: Terjadi ketika kode berbahaya disisipkan ke dalam halaman web melalui input pengguna, seperti komentar atau pencarian. Kode berbahaya ini kemudian dikirim kembali kepada pengguna, yang dapat dieksekusi oleh browser pengguna. 

- Stored XSSKode berbahaya disimpan di server atau database aplikasi web. Kode berbahaya ini kemudian dieksekusi setiap kali halaman terkait diakses oleh pengguna. 

- DOM-based XSS: Kode berbahaya dieksekusi di browser pengguna, memanipulasi JavaScript untuk menjalankan skrip berbahaya. 

Cara Pencegahan XSS

Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegah serangan XSS, termasuk: 

- Validasi Input Pengguna

Pastikan input pengguna divalidasi dengan benar untuk mencegah penyerang memasukkan kode berbahaya. 

- Output encoding

Kode yang akan ditampilkan di halaman web harus dienkripsi untuk mencegah interpretasi yang salah dan eksekusi kode berbahaya. 

- Menjaga Aplikasi Web tetap Up-to-date: 

Penyedia aplikasi web biasanya merilis patch untuk memperbaiki kerentanan keamanan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga aplikasi web tetap up-to-date untuk melindungi dari kerentanan keamanan yang baru ditemukan. 

- Kebijakan Keamanan yang Ketat

Terapkan kebijakan keamanan yang ketat, seperti pembatasan akses dan penggunaan framework web yang aman. 

- Kewaspadaan Pengguna

Edukasi pengguna untuk berhati-hati saat memasukkan data di situs web yang tidak dikenal atau mencurigakanPeran Framework Web dalam Pencegahan XSS 

Framework web seperti Laravel, Symfony, dan Django dapat membantu mencegah serangan XSS dengan menyediakan fitur-fitur keamanan bawaan. Fitur-fitur tersebut meliputi: 

- Filter Input

Filter input bawaan framework web dapat digunakan untuk memblokir input berbahaya seperti kode skrip sebelum dieksekusi di browser. 

- Output Encoding

Framework web dapat secara otomatis melakukan output encoding pada data yang akan ditampilkan di halaman web. 

- Fitur Keamanan Tambahan

Beberapa framework seb menawarkan fitur keamanan tambahan seperti pembatasan akses dan deteksi anomali. 

Contoh kode yang dapat digunakan menggunakan PHP murni:






XSS adalah ancaman keamanan web yang serius yang dapat menyebabkan berbagai macam dampak negatif. Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegah serangan XSS, termasuk validasi input pengguna, output encoding, dan menjaga aplikasi web tetap up-to-date. Framework web juga dapat membantu mencegah serangan XSS dengan menyediakan fitur-fitur keamanan bawaan. ***