HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Masalah Pendidikan Di Indonesia

Maya Lestari Mahasiswi Semester 3 Prodi Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Universitas Samudera Langsa  Lentera24.com...

Maya Lestari Mahasiswi Semester 3 Prodi Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Samudera Langsa 

Lentera24.com - Saat ini permasalahan Pendidikan di Indonesia sangat menurun yang mengakibatkan warga Indonesia kurang mendapatkan pendidikan dan mutu yang sangat rendah dibandingkan dengan Negara lain. Pemasalahan yang dialami Pendidikan di Indonesia ialah perbedaan program-program pendidikan diantaranya yang diharapkan dengan kenyataan dilapangan yang tidak sesuai.

Problem yang sering terjadi di pendidikan Indonesia semakin besar, rumit dan kompleks. Permasalahan tersebut seperti kuantitas, kualitas, efisien, efektivitas, relevasi dan tenaga pendidik.

Salah satunya yaitu pemerataan permasalahan pokok pendidikan di Indonesia sebagaimana sisitem pendidikan dapat menyediakan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh warga negara untuk memperoleh pendidikan, selanjutnya tentang kualitas pendidikan Indonesia yang menyangkut banyak murid yang harus di tampung dalam sistem pendidikan atau sekolah tetapi anak-anak yang tinggal di daerah terpencil tidak mendapat sarana dan prasarana yang memadai juga keterbatasan jumlah guru terampil hingga ke daerah terpencil dan masih banyak di temui pemunggutan liar baik dari pihak sekolah maupun guru.

Dari fakta lapangan yang banyak kita lihat seperti salah satunya yang terjadi di Sungkai Selatan tepatnya di SDN 3 kekurangan siswa baru akibat fasilitas yang kurang memadai dan juga terjadi di SMPN 4 Bengkayang sangat miris karena diduga lebih dari 3 tahun proses belajar mengajar tanpa gedung dan harus berpindah –pindah tempat.

Menurut penulis permasalahan pokok pendidikan di Negara Indonesia ini adalah bahwa pendidikan kita belum atau kurang merata, mutunya masih rendah dibandingkan di Negara lain dan ada kecenderungan semakin rendah ataupun menurun dan masih banyak yang perlu di tingkatkan baik dari pihak sekolah, guru, siswa, orang tua siswa dan juga pemerintah.

Dari permasalahan tersebut diatas bisa di tanggulangi bersama salah satu yang bisa dilakukan seperti membuat sosialisai terhadap guru dan siswa tetang pentingnya pendidikan ,kerjasama antara pemerintah dan pihak sekolah-sekolah untuk meningkatkan kualitas juga kuantitas, dan Pemerintah harus terjun langsung melihat kondisi sekolah yang kurang memadai agar terciptanya pendidikan yang bermutu dan berkualitas juga menciptakan pendidikan Indonesia semakin maju dari Negara-negara lain.***