HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

1950 vs 2023 : Revolusi Perkembangan Teknologi Komunikasi Jenius dari Masa ke Masa

Rio Habudin Mahasiswa Semester 3 Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri 2 Sultan Maulana Hasanudin Banten Lentera24.com - Setiap pagi mun...

Rio Habudin Mahasiswa Semester 3 Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri 2 Sultan Maulana Hasanudin Banten

Lentera24.com - Setiap pagi mungkin kita bangun karena denger suara alarm di hp kita. Sambil melek di pinggir kasur, buka hp dulu Update media sosial dan sehabis mandi langsung berangkat ke sekolah naik ojek online dan kalau mau jajan tinggal pesen makan. Semua di lakukan lewat hp kita.  Tapi, pernah gak sih kepikiran kalau di jaman dulu semua teknologi ini emang belum ada. Terus, gimana sih rasanya hidup di jaman sebelum teknologi yang kita kenal ditemukan? Jadi lebih enak mana? Hidup di jaman sekarang atau tahun 50 an? Pastinya banyak yang jawab lebih enak jaman sekarang. 70 tahun yang lalu, jelas belum ada internet, belum ada youtube, dan belum ada smartphone. Tiap pagi dibanguninnya sama jam wecker Kalau teleponan sama orang kita harus pake telepon ribet berat dan mahal biayanya. Berangkat pergi mesti jalan kaki kalau jauh baru naik delman. Sungguh sangat ribet! Tapi, dimanakah sekarang benda - benda ini? Bagaimana bisa semua hal yang ribet ini dimasukin ke hp kita yang kecil?

      

Jadi, ceritanya ada revolusi yang dipimpin sama teknologi digital. Sebelum revolusi ini, penyimpanan data masih berbentuk analog atau bahkan manual. Buat ngirimnya juga belum canggih - canggih banget. Tapi dengan teknologi digital ini pastinya semuanya jadi lebih cepat dan praktis. Tapi bayangin dulu kita nyimpen data - data masih ditulis di kertas Dalam satu CD bisa nyimpen data sama dengan 19 meter tumpukan kertas. Dan akhirnya jaman sekarang kita udah biasa banget nemuin memori satu tera. Padahal kalau dijadiin tumpukan kertas juga bakalan setinggi gunung Everest yang ditumpuk tiga. Ini karena semua data direkam dan dikirim dalam bentuk kode angka. Dan semakin teknologi terus maju dan maju semua ujungnya ke suatu penemuan yang penting banget. Internet.

     

Munculnya internet bikin perkembangan teknologi melesat kencang. Dulu buat nonton film kita harus ke bioskop dan ngantri panjang banget buat beli tiket. Sekarang kita tinggal buka hp dan tinggal pesen tiket online. Bahkan udah ada ribuan film siap ditonton lewat sentuhan tangan. Untuk belanja dan bertransaksi kita gak perlu lagi ke bank buat ngambil uang. Minjem dulu pun bank itu make sistem barter alias gak segampang transaksi di hari ini. Sekarang ini ibaratnya bank pun udah masuk ke hp kita. Dan karena smartphone udah bisa ngelakuin apa aja, banyak juga orang yang punya lebih dari satu. Saking banyak pengguna  smartphone aktif di dunia dijejerin, barisannya bakal muterin bumi sepuluh kali! Sungguh sangat banyak. Jadi kalau di sisi teknologi emang jaman sekarang menang telak. Yang dulu perlu banyak tempat penyimpanan harus kesana - kemari atau harus nunggu lama, sekarang ada semua di hp kita.

     

Handphone merupakan suatu hal yang sangat penting di masa-masa sekarang setiap orang selalu membawa ponsel ke manapun ia pergi seakan-akan tertinggal ponsel merupakan hal yang sangat menakutkan banyak informasi yang mungkin akan terawat dan akan menjadi orang yang tidak mengetahui perkembangan apa yang sedang terjadi. ponsel merupakan alat komunikasi yang memungkinkan kita untuk saling bertukar kabar, cikal bakal adanya ponsel yaitu telegraf.

     

Telegraf ini sudah ada sejak 1835 yang dipatenkan oleh samuel F.B  morse dari amerika serikat dimana telegraf ini merupakan alat untuk mengirim dan menerima pesan jarak jauh dengan menggunakan kode morse. tahun 1876 muncul telepon buatan alexander graham bell walau sebenarnya ia hanya ingin menyempurnakan telegraf yang sudah ada. telepon yang ditemukannya mempunyai satu corong yang membuat kita harus mendekatkan corongnya ke mulut atau telinga secara bergantian tahun 1896 telepon dinding muncul untuk menggunakannya kita harus memanggil operator telepon terlebih dahulu caranya cukup dengan memutar gagang besi yang ada di bagian samping telepon kemudian operator akan menyambungkan kita dengan orang yang kita hubungi. tahun 1927 mulai muncul telepon bernomor gimana kita hanya perlu memutar beberapa nomor yang menjadi kode. tunggu beberapa saat kemudian telepon akan terhubung.

      

Pada  03 april 1961 sebuah telepon genggam yang ditemukan oleh martin cover dan timnya, dulu berat telepon genggam 2 kg dan biaya yang digunakan untuk membuat telepon genggam sebesar satu juta US dolar yang belum dipasarkan ke publik. pada tahun 1979 nippon telegraph and telphone memperkenalkan layanan telepon analog pertama di tokyo. tahun 1983 telepon genggam cooper yaitu motorola dan detect excel, mulai dijual dimulai dari chicago dulu juga diperlukan waktu sekitar 10 jam untuk mengisi daya selama 30 menit waktu bicara.

 

Pada tahun 1992 keluarlah nokia monzon eleven, telepon yang dapat digunakan untuk mengirimkan pesan teks lain. pesan telepon saja dengan layanan telah menggeser standar gsm ini membentuk jaringan di seluruh eropa. sehingga memberikan layanan tanpa gangguan walau melintasi . 

     

Pada tahun1994 barulah dapat mengirim email terdapat kalender dan jam waktu dunia. namun masih belum bisa menjelajahi web. ponsel ini bernama simon personal communicator bentuknya besar dengan layar kecil, berwarna hijau di tengahnya, dan daya baterai masih rendah hanya dapat digunakan selama satu jam saja.

      

Barulah pada tahun 1996 muncul nokia mayzen komunikator yang telah memiliki berbagai fitur yang ada di smartphone modern mulai dari keypad qwerty, layar dengan grafis yang bagus pada masanya,aplikasi bisnis,dan koneksi internet. tentang semi yang pertama menjadi smartphone tahun 2002 muncullah blackberry yang sudah mendukung jaringan gsm dan gprs dapat digunakan untuk panggilan telepon namun pengguna blackberry harus menggunakan headset karena belum ada  microphone ataupun pengeras suara tahun 2005 muncul android yang awalnya hanya dikembangkan sebagai sistem operasi kamera digital kemudian dialihfungsikan menjadi.


Smartphone, disusul dengan hadirnya iPhone yang menggabungkan iPhone telepon seluler serta perangkat komunikasi internet ke dalam satu produk. pada tahun 2007 dan keduanya terus dikembangkan sampai saat ini seperti itulah cikal bakal dan perjalanan panjang alat komunikasi yang kita kenal saat ini terima kasih. ***