HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Pertumbuhan Perekonomian Indonesia Tahun 2023

Halo mau tahu gak kondisi pertumbuhan perekonomian Indonesia di 2023? Di tengah  perlambatan ekonomi global, Indonesia berhasil kembali menc...


Halo mau tahu gak kondisi pertumbuhan perekonomian Indonesia di 2023? Di tengah  perlambatan ekonomi global, Indonesia berhasil kembali mencatatkan pertumbuhan di atas 5% selama 7 kuartal berturut-turut.


Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2023 ini sendiri berhasil tumbuh 5,17%. Buat yang enggak tahu kenaikan ini terjadi dikarenakan : 1) BI mempertahankan suku bunga acuan pada 5,75%; 2) Komsumsi rumah tangga yang meningkat mencapai 5,23%; 3) Pertumbuhan industri pengolahan mencapai 4,88%; 4) Pemerintah yang berhasil mempertahankan inflasi diangka 3-4%.


Menurut Ekonom Senior, Raden Pardede, pertumbuhan ini cukup mengejutkan karena perekonomian dan pasar hanya memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal ini hanya di kisaran 5% saja.


Namun menurutnya mobilitas belanja serta daya beli masyarakat yang tinggi karena adanya libur lebaran dan libur panjang menjadi alasan bagaimana konsumsi rumah tangga di Indonesia bisa meningkat.


Pemerintah Indonesia sendiri menetapkan target pertumbuhan ekonomi Indonesia sendiri di sepanjang 2023 ini ada di angka 5,3% sedangkan menurut beberapa lembaga ekonomi : 1) Word Bank 4,9%; 2) Asian Development Bank 4,8%; 3) OECD 4,7%; dan IMF 5%.


Pemerintah juga telah menjadikan visi Indonesia Emas 2045 sebagai pilar utama dalam upaya mencapai keberlanjutan ekonomi yang kuat. Pencapaian PDB ditargetkan hingga USD 9,8 triliun pada tahun 2045, sehingga Indonesia akan menjadi salah satu dari lima negara dengan PDB teratas di dunia.


Selain itu, PDB per kapita diharapkan akan mencapai USD 30,300 yang sekaligus menandakan komitmen untuk mencapai tingkat kesejahteraan yang tinggi bagi setiap warga negara.[]


Pengirim :

Jessie Veronika, mahasiswa Universitas Bangka Belitung Jurusan Bisnis Digital, Hp/WA : 08956041975xx