HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Peduli Lingkungan, Kejar Mimpi Malang by CIMB Niaga Ajak Warga Tukar Sampah Jadi Tanaman

Penulis adalah Nur Afifa Sa'adah, Komunitas Finance Kejar Mimpi Malang Tim Kejar Mimpi Malang mengumpulkan botol plastik untuk dijadikan...

Penulis adalah Nur Afifa Sa'adah, Komunitas Finance Kejar Mimpi Malang
Tim Kejar Mimpi Malang mengumpulkan botol plastik untuk dijadikan “Sampah Jadi Tanaman”

Lentera24.com | MALANG - Sampah merupakan permasalahan lingkungan yang sulit diselesaikan, bahkan 7,2 Juta Ton Sampah di Indonesia belum terkelola dengan baik. Menanggapi permasalahan tersebut, Kejar Mimpi Malang by CIMB Niaga mengadakan kegiatan "Sampah Jadi Tanaman”. 

Acara ini dilakukan untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat, terutama warga Malang agar memilah sampah sebelum dibuang, terutama sampah plastik yang sulit terurai. Acara ini diikuti oleh 300 warga Malang.

Kegiatan sampah jadi tanaman ini diadakan pada tanggal 5 November 2023 di Car Free Day (CFD) Malang pukul 06.30s/10.00 WIB. Kegiatan ini dilakukan dengan cara menukarkan sampah berupa satu botol plastik minimal berukuran 600 ml yang sudah dibersihkan. 

Kemudian sampah botol plastik tersebut akan ditukar dengan tanaman. Tanaman yang diberikan kepada warga adalah tanaman sayur berupa seledri (50 buah), terong (50 buah), kemangi (50 buah), dan tanaman buah berupa tomat (50 buah) serta stroberi (50 buah). 

Pemilihan tanaman berupa sayur dan buah, diharapkan dapat memberi kebermanfaatan yang berlanjut kepada warga yang berpartisipasi dalam kegiatan. Selain itu, edukasi pemilahan sampah berdasarkan jenisnya juga dilakukan. 

“Sangat seru kegiatan kali ini, karena selain tahu cara memilah sampah yang benar, saya juga bisa dapat tanaman” ujar Maulidia Denissa Putri, salah seorang warga daerah Pandanwangi 6ang terlibat dalam acara Sampah Jadi Tanaman.

Isma Nur Fitri, selaku penanggung jawab acara, memiliki impian besar pada kegiatan ini agar meningkatkan kesadaran dalam memilah sampah sebelum dibuang. 

“Saat ini kebiasaan membuang sampah pada tempatnya harus lebih diupgrade lagi, yaitu memilah sampah sesuai dengan jenisnya.” tutur Isma Nur Fitri.

Diharapkan Kejar Mimpi Malang by CIMB Niaga dapat selalu aktif mengadakan kegiatan serupa dengan memberikan dampak yang lebih besar terhadap lingkungan bangsa ini.

Tentang Komunitas Kejar Mimpi  
Komunitas Kejar Mimpi adalah bagian dari gerakan sosial #KejarMimpi yang diinisiasi PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) sebagai wadah bagi generasi muda mengasah kemampuan dan volunteering. Gerakan sosial #KejarMimpi memiliki visi membentuk generasi muda Indonesia yang positif dalam menerapkan nilai hidup melalui pengembangan dan motivasi diri yang baik sehingga mampu memberikan nilai yang dapat memajukan Indonesia. 

Saat ini, Komunitas Kejar Mimpi telah tersebar di 35 kota di Indonesia dengan lebih dari 800 anggota aktif. Sejak berdiri hingga kini, Komunitas Kejar Mimpi telah menyelenggarakan lebih dari 1.000 kegiatan sosial serta menginspirasi lebih dari 146.000 masyarakat dalam mengembangkan diri, melakukan aksi sosial, dan memberikan dampak positif untuk masyarakat sekitar melalui 4 pilar utama yaitu pendidikan, lingkungan, filantropi, dan pembangunan ekonomi sosial.[]L24.red