HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Dalam Rangka Ketahanan Pangan Dan Kendali Inflasi Pj Bupati Aceh Tamiang Tinjau Usaha Tani Cabai Caplak

Lentera24.com | ACEH TAMIANG - Penjabat Bupati Aceh Tamiang Drs. DR.Meurah Budiman, SH.MH, bersama Kelompok Tani Tunas Muda, melakukan pane...


Lentera24.com | ACEH TAMIANG - Penjabat Bupati Aceh Tamiang Drs. DR.Meurah Budiman, SH.MH, bersama Kelompok Tani Tunas Muda, melakukan panen Cabai Caplak di Kampung Tanjung Seumantoh Kecamatan Karang Baru' Aceh Tamiang, Rabu 15 November 2023.

Panen Cabai Caplak milik Kelompok Tani Tunas Muda yang diketuai Joko Irawan ini, selain dihadiri Pj Bupati juga Asisten 1 Muslizar, Asisten Ekobang dr Catur Haryati, MARS, Pj Kadistanbunnak Aceh Tamiang Yunus, SP, Kadis Perhubungan Drs.Syuaibun Anwar, Kasat Pol PP Oki Kurnia, S.STP.

Selain itu juga hadir Camat Karang Baru Fakhrurazi Syamsuyar, S.STP, Danramil 02 Karang Baru yang diwakili Aiptu Mulyadi, Kapolsek Karang Baru Iptu Surya Darma Sofyan, SH.Babinsa Kampung Tanjung Seumantoh Serka Sunarto, Kabid Penyuluhan Distanbunnak Aceh Tamiang Mustafa SP dan Staff Distanbunnak serta Datok Penghulu Kampung Tanjung Seumantoh Yusrizal dan Anggota dan Pengurus Kelompok Tani Tunas Muda.

Dalam kesempatan itu Ketua Kelompok Tani Tunas Muda Joko Irawan menjelaskan, panen cabai yang dilakukan Pj Bupati kali ini, berjumlah 2.000 batang yang ditanam dengan taksiran hasil 150 kilogram per sekali panen.

Lahan tempat ditanami cabai ini, jelas Joko, merupakan milik pemerintah yang belum termanfaatkan.

"Demi menjaga ketahanan pangan dan ketersediaan stok cabai di Aceh Tamiang, lahan ini dipinjamkan kepada petani untuk ditanami cabai," ucap Joko Irawan.

Lalu, pihak Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang khusunya Bidang penyuluhan, kata Joko, melakukan pendampingan dan pembinaan. Berkat usaha dan kerja keras petani, telah menunjukkan hasil

Selain Cabai Caplak , Kelompok Tani Tunas Muda juga membudidayakan Pepaya dan Cabai merah sebagai varietas unggulan dalam program ketahanan pangan guna mengendalikan inflasi.

Pj. Bupati Aceh Tamiang DR Meurah Budiman disela sela kunjungan itu menyampaikan, panen cabe yang dilakukan ini, dalam konteks menjaga inflasi apalagi menghadapi perayaan natal dan tahun baru.

“Menjelang natal dan tahun baru ini, diprediksi akan terjadi kenaikan konsumsi bahan pangan salah satunya cabai. Karena itu, panen cabai yang dilakukan ini dalam upaya menjaga inflasi," tutup Meurah.[]L24.Sai