HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Tim Pengabdian Masyarakat IKTJ Gelar Internalisasi dan Revitalisasi Toilet MKM di UKS SMA PKP Jakarta Islamic School

Penulis: Nadirahilah., S.Si., M.K.M (Dosen Fakultas Kesehatan Program Studi S1 Ilmu Keperawatan, Institut Kesehatan dan Teknologi Pondok Kar...

Penulis: Nadirahilah., S.Si., M.K.M
(Dosen Fakultas Kesehatan Program Studi S1 Ilmu Keperawatan, Institut Kesehatan dan Teknologi Pondok Karya Pembangunan DKI Jakarta)

Lentera24.com - Institut Kesehatan dan Teknologi Pondok Karya Pembangunan DKI Jakarta (IKT) melalui tim Pengabdian Masyarakat menjadi salah satu kampus yang mendapat pendanaan pengabdian kepada masyarakat tahap kedua tahun 2023 dari Ditjen Dikti. IKTJ sebagai penerima hibah menjadikan momen ini sebagai semangat terus maju dan berkarya dalam tatanan pembangunan untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs). 

Program studi yang terlibat sebagai tim dalam pengabdian masyarakat adalah program studi S1 Ilmu Keperawatan, program studi profesi Ners, program studi S1 Teknik Lingkungan dan Program studi DIV Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Tim Pengabdian Masyarakat Institut Kesehatan dan Teknologi Pondok Karya Pembangunan DKI Jakarta (IKTJ) menggelar internalisasi kepada siswi Palang Merah Remaja (PMR) yang bertugas di Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan merevitalisasi toilet siswi dalam rangka penerapan Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang  dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2023 di UKS SMA PKP Jakarta Islamic School (JIS) Provinsi DKI Jakarta.  

Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini tim pengmas menyerahkan sejumlah pembalut ganti, rak kabinet, palstik pembungkus pembalut bekas pakai dan leaflet tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM).

Internalisasi dilaksanakan dalam bentuk Fokus Grup Diskusi (FGD) dengan para siswi PMR agar memahami pentingnya menerapkan manajemen kebersihan menstruasi selama di sekolah. Upaya revitalisasi di toilet siswi SMA PKP dilakukan dengan memasang rak kabinet yang berisi pembalut ganti, celana dalam ganti, dan plastik pembungkus pembalut bekas pakai. 

Kegiatan dilanjutkan dengan  menempel leaflet tentang MKM dan sosialisasi rak kabinet yang sudah dipasang kepada siswi PMR.

Box Manajemen Kebersihan Menstruasi Fokus Grup Diskusi tentang MKM

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan solusi dari permasalahan yang dialami oleh siswi SMA PKP dalam menstruasi. Kepala Sekolah SMA PKP Ibu Hj.Ummi Atiyah S.H mengatakan bahwa kegiatan ini sangat mendukung berdasarkan SK Walikota Jakarta Timur bahwa SMA PKP ditetapkan menjadi Sekolah Sehat dengan program ini tentunya kami bisa berkolaborasi dengan baik sehingga sehatnya itu sehat plus untuk kaum wanitanya.

Siswi PMR juga senang dengan adanya rak kabinet pembalut yang ada di toilet. Kaisya Dewi Wijayanti sebagai Ketua PMR mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan oleh siswi-siswi SMA karena mengganti pembalut kan setiap 3 sampai 4 jam sementara di sekolah sampai delapan jam sehari sehingga perlu kesadarannya untuk ditingkatkan dan adanya box pembalut di toilet juga sangat dibutuhkan karena kita gak tahu kapan hari pertama menstruasinya atau tiba-tiba bocor sehingga box pembalut membantu banget. ***