HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Karang Taruna Manyak Payed Gelar Festival Dalail Khairat, Ini Pesan Kepala Dinas Syar'iah Islam

Lentera24.com | KARANG BARU - Karang Taruna Kecamatan Manyak Payed, menggelar Festival Dalail Khairat Se-Kecamatan Manyak Payed, Acara ini ...

Lentera24.com | KARANG BARU - Karang Taruna Kecamatan Manyak Payed, menggelar Festival Dalail Khairat Se-Kecamatan Manyak Payed, Acara ini akan berlangsung selama empat hari, Rabu - Sabtu 4 s/d 7 Oktober 2023, yang berlangsung di lapangan Sepak Bola Tualang Baroe.
Samsul Rizal S,Ag, M,AP

Perlombaan ini diikuti oleh Tiga Belas grup Dalail Khairat yang akan ikut ambil bagian yang didukung oleh Masyarakat serta Tokoh-tokoh Kecamatan Manyak Payed.

Kepala Dinas Syar'iah Islam Kabupaten Aceh Tamiang Bapak Samsul Rizal S,Ag, M,AP dalam sambutannya saat membuka acara tersebut, Rabu 04 Oktober 2023 malam, memberikan apresiasi kepada Karang Taruna Kecamatan Manyak Payed yang telah berinisiatif menyelenggarakan Kegiatan Lomba Dalail Khairat Se-Kecamatan Manyak Payed. 

Samsul Rizal berharap kegiatan ini dapat semakin menumbuhkembangkan adat dan Budaya Aceh yang Islami dalam kehidupan sehari-hari. 

“Malam ini menjadi bukti bahwa dukungan dan komitmen semua pihak terutama para pemuda dalam menjaga adat istiadat kita yang berlandaskan sendi-sendi islami masih terus ada.”

Menurutnya, Dalail Khairat adalah salah satu cara masyarakat Aceh untuk menunjukkan budaya dan menjadi bagian syi'ar agama. 

“Ini menjadi bukti bahwa adat Aceh memiliki akar dan struktur yang kuat, yakni kultur yang berpegang teguh dengan nilai-nilai Islam dan budaya islami.”

“Mudah-mudahan kegiatan ini semakin menebalkan wujud Kecamatan Madani di Manyak Payed, dan tentu saja kita semua berharap, agar shalawat, asmaul husna dan doa yang terkandung di dalam Dalail Khairat dapat bergema dan berkembang subur di dalam masyarakat kita.” 

Dengan Festival Dalail Khairat dan kegiatan islami lainnya, ia pun yakin generasi muda akan menjadi lebih mencintai dan merasa bangga dengan adat mereka. “Hal ini juga mendorong kebiasaan generasi muda untuk terus berpegang pada syariat Islam,”

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini akan dapat semakin mempererat tali silaturrahmi sesama kita, khususnya antara pemuda Kecamatan Manyak Payed,” pungkas pria yang akrab disapa Pak Jal tersebut.
Robi Prastio, SE Ketua Karang Taruna Kecamatan Manyak Payed 
Sementara itu, Robi Prastio, SE selaku Ketua Karang Taruna Kecamatan Manyak Payed menjelaskan bahwa kegiatan FDK yang pertama kali ini di laksanakan oleh Karang Taruna Kecamatan Manyak Payed mempunya tujuan agar pemuda-pemuda kecamatan manyak payed bersatu dan semangat dalam menjalankan kegiatan - kegiatan positif seperti ini, ini yang pertama kali bukan yang terakhir kali insyaAllah kedepan akan ada FDK ke dua, ketiga dan seterusnya, target kita pemuda Kecamatan manyak payed terutama Karang Taruna Kecamatan Manyak Payed dengan kegiatan FDK pertama ini akan menjadi pelajaran untuk kita agar kedepannya dapat menjadi tuan rumah untuk FDK se-kabupaten, se-provinsi bahkan nasional itulah mimpi kami, ujar Ketua.

Sementara Ketua Panitia Tgk Alfi Munazir mengatakan terimakasih kepada Tamu undangan yang telah hadir, serta seluruh tokoh masyarakat kecamatan manyak payed yang telah hadir dan membantu kegiatan ini, dan permohonan maaf apabila ada kesalahan dalam perjalanan kami melaksanakan kegiatan ini.ujar Tgk Alfi sambung ketua panitia Dalail Khairat ini memiliki aturan setiap grup maksimal terdiri dari 7 orang dan diberikan waktu 30 menit untuk memberikan kemampuan terbaik mereka. “Ada tiga bidang yang akan kami nilai, yakni adab penampilan seperti kostum peserta, gerak-gerik, kekompakan dan ketepatan waktu.”

“Selanjutnya bidang lagu dan suara, mulai dari jumlah lagu, gaya dan variasi serta tempo dan keutuhan lagu,” kata Tgk Alfi seraya menambahkan bidang tata bahasa dan tanda baca seperti tajwid juga menjadi perhatian dewan hakim.

Turut hadir pada acara pembukaan malam tadi antara lain Ketua DPRK Kabupaten Aceh Tamiang, Suprianto, Anggota DPRK Tgk Irsyadul Afkar, Camat Kecamatan Manyak Payed Moamar Khadafi, Wakapolsek Manyak Payed Sugiarto, Ketua Karang Taruna Kabupaten Aceh Tamiang Joko Sudirman, Imum Mukim serta pimpinan Dayah, tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat Kecamatan Manyak Payed.[]L24.Sai