HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Perubahan Iklim Akibat Aktivitas Manusia Merusak Hutan

Nama : Sonia Tri Mart Grasella Hutapea  Nim : 223020902023  Semester 3 Lentera24.com - Perubahan iklim dapat terjadi akibat adanya aktivit...

Nama : Sonia Tri Mart Grasella Hutapea 
Nim : 223020902023 
Semester 3

Lentera24.com - Perubahan iklim dapat terjadi akibat adanya aktivitas manusia seperti penebangan hutan dan pembakaran hutan yang disengaja untuk keperluan pergantian lahan, penggunaan teknologi yang berkepanjangan tanpa adanya solusi. Kebakaran hutan ekstrem dapat mencemari kualitas udara dan memperburuk krisis kualitas udara yang sudah ada. Asap dari kebakaran hutan dapat mencemari udara dan merusak kualitas udara di wilayah yang jauh dari lokasi kebakaran. 

Beberapa polutan dari pembakaran yang mencemari udara adalah karbon monoksida, partikulat, ozon, senyawa sulfur oksida, dan senyawa nitrogen oksida. Polutan ini juga berdampak pada ekosistem alami, berdampak negatif terhadap air bersih, keanekaragaman hayati, penyimpanan karbon, dan hasil panen. 

Diperkirakan 9 dari 10 orang di seluruh dunia menghirup udara yang tidak memenuhi pedoman kualitas udara Organisasi Kesehatan Dunia. Oleh karena itu, mitigasi perubahan iklim melalui netralitas karbon dianggap penting untuk mengatasi polusi udara.

Apa saja Faktor Penyebab Kebakaran Hutan Ekstrem?
Perubahan Iklim 
Perubahan iklim dapat meningkatkan risiko terjadinya kebakaran hutan dan lahan secara global.

Hal ini terjadi karena perubahan iklim dapat mempengaruhi kondisi cuaca seperti intensitas hujan dan suhu udara yang dapat memicu terjadinya kekeringan dan memperparah risiko kebakaran hutan

Selain itu, tersebarnya asap dan emisi gas karbon dioksida dan gas-gas lain ke udara juga akan berdampak pada pemanasan global dan perubahan iklim.

Dampak lainnya dari kebakaran hutan dan lahan yang terkait dengan perubahan iklim adalah rusaknya ekosistem dan musnahnya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup di hutan.

Kebakaran hutan dan lahan juga dapat mengganggu bidang transportasi, khususnya transportasi penerbangan
Selain itu, kebakaran hutan dan lahan akan mempercepat proses perubahan iklim.

Oleh karena itu, manajemen hutan yang baik dan benar sangat penting untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang disebabkan oleh perubahan iklim.

Management Hutan yang Buruk 
Manajemen hutan yang buruk dapat menjadi faktor penyebab kebakaran hutan. Hal ini terjadi karena manajemen hutan yang buruk dapat memicu terjadinya kekeringan dan memperparah risiko kebakaran hutan.

beberapa cara untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan yang terkait dengan manajemen hutan yang baik antara lain adalah melakukan penghijauan dan penanaman kembali pohon-pohon yang telah ditebang, melakukan pemantauan secara rutin terhadap hutan dan lahan untuk mendeteksi dini adanya kebakaran, melakukan pemadaman segera ketika terjadi kebakaran hutan dan lahan, menerapkan sistem pengelolaan hutan yang baik dan benar, menjaga kebersihan hutan dan lahan dari sampah dan bahan-bahan yang mudah terbakar, dan memberikan pendidikan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan serta cara mencegahnya. 

Selain itu, penting untuk melakukan konsolidasi dan koordinasi seluruh pihak untuk bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta memberikan dukungan seperti bantuan dana untuk kelompok masyarakat yang peduli akan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Pengaruh Aktivitas Manusia 
Kebakaran hutan mengakibatkan hutan menjadi gundul, sehingga tidak mampu lagi menampung cadangan air di saat musim hujan, hal ini dapat menyebabkan tanah longsor ataupun banjir. Selain itu, kebakaran hutan dan lahan juga mengakibatkan berkurangnya sumber air bersih dan bencana kekeringan, karena tidak ada lagi pohon untuk menampung cadangan air.

Beberapa pengaruh aktivitas manusia terhadap hutan sehingga terjadi kebakaran hutan:
Perambahan hutan atau migrasi penduduk dalam kawasan hutan
Membuang sampah sembarangan, termasuk puntung rokok.

Pembukaan lahan untuk membangun permukiman maupun lahan pertanian
Pembakaran lahan oleh kelompok kriminal.

Kebutuhan hidup masyarakat yang meningkat dan bertambahnya jumlah keluarga dan lain sebagainya 

Dampak dari kebakaran hutan dan lahan yang disebabkan oleh aktivitas manusia antara lain hilangnya habitat makhluk hidup, korban jiwa, polusi udara dan air, pemanasan global, terganggunya aktivitas manusia, kerugian ekonomi, dan kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, manajemen hutan yang baik dan benar serta memberikan pendidikan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan serta cara mencegahnya sangat penting untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang disebabkan oleh aktivitas manusia.***