HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Aceh Boyong 93 Atlet ke Popnas Sumsel, Ikuti 12 Cabang Olahraga

Lentera24.com | BANDA ACEH - Kontingen Aceh memboyong 93 atlet ke Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Ke-16 di Palembang, Sumatera Se...


Lentera24.com | BANDA ACEH - Kontingen Aceh memboyong 93 atlet ke Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Ke-16 di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Even dua tahunan itu akan berlangsung mulai 26 Agustus hingga 4 September 2023.

Plt Kadispora Aceh, T Banta Nuzullah SPd kepada wartawan, Minggu 27 Agustus 2023 malam, mengatakan, Kontingen Tanah Rencong ke Popnas berjumlah 131 orang. Di mana mereka terdiri dari 93 atlet, 27 pelatih, dan 15 ofisial.

Sebagaimana jadwal, Kontingen Aceh sudah berangkat dari Bandara Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, pagi kemarin. Setelah transit di Jakarta, mereka kembali melanjutkan perjalanan ke Palembang. “Alhamdulillah, kontingen kita sudah tiba ke Palembang, Sabtu kemarin,” ungkapnya.

Banta Nuzullah menyebutkan, dalam Popnas kali ini, Aceh mengirim atlet untuk 12 cabang olahraga. Ialah sepakbola, karate, panahan, angkat besi, pencak silat, kempo, tinju, taekwondo, panjat tebing, menembak, tenis lapangan, dan atletik. 

Sementara Popnas 2023 mempertandingkan 22 cabang olahraga.

Sebagai persiapan menuju ke arena Popnas, Plt Kadispora mengungkapkan, bahwa 93 atlet dari 12 cabang olahraga selama sebulan penuh mengikuti pemusatan latihan daerah (Pelatda) secara terpadu. Di mana mereka diasah kemampuan teknik, dan juga latihan fisik.

“Anak-anak juga melakukan uji coba. Misalnya, cabang sepakbola bertanding melawan Persiraja, gabungan pemain terbaik Aceh yang direkrut dari PORA, dan terakhir menghadapi PS Lambhuk. Artinya, kita benar-benar mempersiapkan atlet secara matang,” sebut T Banta Nuzullah didampingi Saifullah SE.

Plt Kadispora Aceh secara khusus meminta kepada atlet, pelatih, dan ofisial supaya senantiasa menjaga kekompakan selama bertanding di arena Popnas. Sebab, dengan kompak dan saling mendukung akan memberikan hasil maksimal. Terlebih, Kontingen Aceh akan bekerja keras agar bisa mendapatkan medali.

T Banta Nuzullah secara terbuka mengakui, semua atlet yang akan bertarung di Popnas Palembang bisa membawa pulang medali. Ia menyakini kalau mereka semua merupakan atlet terbaik di Aceh. Selaian itu, mereka juga sudah berlatih serius dan kontinyu selama mengikuti training camp (TC).

Dari daftar atlet ke Popnas, Aceh boleh berbangga. Karena, di cabang atletik, Kontingen Bumi Serambi Mekkah tersebut memboyong tiga atlet terbaik. Di mana mereka sukses merebut medali di Kejuaraan Nasional (Kejurnas). Ialah baik Kejurnas di Semarang, dan Solo, Jawa Tengah.

“Semua cabang memiliki kesempatan untuk berprestasi. Jadi, seluruh atlet harus fokus baik saat atau usai bertanding. Kita menyakini kalau anak-anak kita juga memiliki kemampuan sebagaimana atlet provinsi lain,” tutupnya.

Adapun rincian atlet Aceh yaitu sepakbola (18 orang), karate (7), panahan (8), angkat besi (8), pencak silat (4), kempo (8), tinju (2), taekwondo (8), panjat tebing (8), menembak (8), tenis lapangan (4), dan terakhir atletik dengan delapan atlet. Ke-93 atlet ini selama di arena Popnas didampingi oleh 27 pelatih.

Dibuka Menpora

Sekitar 10.000 pelajar dan pendamping dari seluruh Tanah Air sudah hadir dan siap bertanding serta menyemarakkan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) ke-16 di Kota Palembang, Sumatera Selatan yang dijadwalkan berlangsung pada 26 Agustus hingga 4 September 2023.

"Puluhan ribu anggota kontingen Popnas tersebut akan dilayani dengan baik dan diharapkan dapat bertanding dengan sportif serta mengukir prestasi terbaik," kata Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru sebelum acara 'welcome dinner' Popnas XVI di Palembang, Sabtu kemarin.

Dia menjelaskan, untuk menjadi tuan rumah Popnas, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan mulai dari fasilitas menginap peserta hingga tempat penyelenggaraan berbagai pertandingan cabang olahraga.

"Semua fasilitas sudah kita siapkan untuk menyambut kontingen dan menggelar acara pembukaan Popnas XVI yang direncanakan dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo," ujarnya.

Selain melakukan berbagai persiapan dengan baik, Gubernur Herman Deru mengajak semua pihak dan lapisan masyarakat berpartisipasi menyukseskan perhelatan skala nasional itu. 

"Kita bersyukur atas kepercayaan menjadi tuan rumah Popnas, kegiatan olahraga dan kehadiran puluhan ribu tamu ke Kota Palembang dapat memberi dampak positif bagi prestasi olahraga pelajar daerah ini, pelaku UMKM, dan pengembangan pariwisata," katanya.

Popnas 2023 di Palembang mempertandingkan 22 cabang olahraga dari rencana awal 26 cabang olahraga setelah Provinsi Bangka Belitung mundur sebagai tuan rumah. Selain untuk mencetak atlet pelajar yang berprestasi baik nasional maupun internasional, diharapkan kegiatan itu dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Sumsel, kata Gubernur Herman Deru. []L24.Sai