HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Peran Investor Asing Dalam Penanaman Modal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Anjas Prasetya Mahasiswa Semester 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang Lentera24.com | Pertumbuhan...

Anjas Prasetya Mahasiswa Semester 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang


Lentera24.com | Pertumbuhan ekonomi sangat penting di negara ini. Pertumbuhan ekonomi merupakan perubahan yang terus menerus menjadi lebih baik dalam perekonomian suatu negara, dan dengan pertumbuhan ekonomi dapat menunjukkan jumlah produksi dalam suatu periode tertentu. Melalui pemeriksaan dan analisis tingkat pertumbuhan tahunan, negara dapat menilai apakah pengelolaan ekonomi telah efektif sesuai dengan tujuannya atau tidak. Sumber utama dana pembangunan nasional di Indonesia adalah dana dalam negeri. Namun demikian, jumlah dana dalam negeri yang tersedia sangat terbatas, sehingga pemerintah memanfaatkan dana dari luar negeri. Salah satu sumber dana dari luar negeri yang dapat digunakan untuk membiayai pembangunan nasional Indonesia adalah penanaman modal asing. 

Penanaman modal asing sebagai bentuk aliran modal mempunyai peran penting bagi pertumbuhan perekonomian suatu negara, khususnya negara berkembang. Hal ini disebabkan investor asing tidak hanya memindahkan modal barang, tetapi juga mentransfer pengetahuan dan modal sumber daya manusia bagi Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya. 

Penanaman modal asing mempunyai kontribusi secara langsung bagi pembangunan nasional yang telah direncanakan Pertumbuhan ekonomi suatu negara tidak dapat dipisahkan dari investasi. Hal ini tercermin dari gencarnya pemerintah mencari investor asing. Negara juga menawarkan kemudahan bagi investor seperti kemudahan memperoleh izin usaha dan jaminan lain seperti ketersediaan energi, bahan baku, dll. Hal ini dilakukan untuk memulihkan keadaan ekonomi Indonesia. Investasi dapat mendatangkan banyak manfaat, seperti menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan per kapita, mengurangi kemiskinan, meningkatkan taraf hidup, dan meningkatkan PDB.

Investasi asing atau penanaman modal asing (PMA) dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan negara. Investasi asing yang masuk ke Indonesia membawa beberapa proyek ke Indonesia. Investasi asing dipengaruhi oleh stabilitas politik, keamanan, sumber daya alam, pengalaman kerja, keputusan ekonomi dan lembaga keuangan, sehingga investasi asing menarik bagi investor yang ingin mengembangkan dan memajukan daerah di Indonesia. Pentingnya investasi asing mempercepat pertumbuhan ekonomi dan mempercepat pembangunan. Di bawah UUPM (Undang-Undang Penanaman Modal), merupakan kegiatan sebuah usaha yang dilakukan pemilik modal untuk menciptakan dan melaksanakan pertumbuhan daerah dan semua dana yang diperoleh didasarkan pada usaha patungan untuk berinvestasi di negara. 

Penanaman modal asing meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi nasional. Misalnya, beberapa penanaman modal asing menciptakan perusahaan yang menjadi program pertumbuhan dan peningkatan sarana dan prasarana. Pertumbuhan ekonomi melaju kencang di tahun 2019, namun seiring berjalannya waktu dapat memenuhi kebutuhan modal asing. 

Modal asing melakukan itu semua karena populasinya kecil dan oleh karena itu investor berinvestasi di perusahaan yang cukup berkembang dibandingkan dengan perkotaan. Pengembangan daerah tergantung pada sumber daya yang tersedia, tetapi ini digunakan melalui investasi asing menciptakan pertumbuhan dan kemakmuran. Jika jumlah penduduk yang kecil berdampak pada pertumbuhan pendapatan, maka kehadiran investasi asing di negara tersebut tidak menguntungkan. 

Pertumbuhan ekonomi sangat terbantu adanya investor yang menanamkan modalnya untuk menciptakan seluruh aspek bidang tertentu. Kondisi daerah sangat menentukan masuknya keluarnya investasi asing yang ingin menanamkan modalnya segala bidang. Untuk itu pemerintah mengarahkan investornya agar memiliki wilayah yang stategis, agar pertumbuhan merata kesemua wilayah Indonesia. Upaya pemerintah diprioritaskan dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia berupa peningkatan investasi asing dalam negeri agar mengelola kesanggupanya menjaga dan keutuhan SDA dan manusia secara merata, kecuali dalam pertukaran perekonomian secara komprehensif, maka Indonesia mengikutsertakan bermacam-macam kemitraan dengan luar negeri. Pada akhirnya menciptakan iklim investasi yang mendukung, memajukan atau peningkatan, memberikan ketentuan hukum, perlakuan dan ketetapan dalam menjalankan sesuatu kegiatan usaha. 

Masalah investasi asing sudah diatur dalam UUPM dan mengalami perubahan, karena tidak sesuai dengan kebutuhan perekonomian atau perkembangan kiat meningkat. Oleh karena itu pemerintah sudah membuat regulasi dalam penanaman modal diluar maupun dalam negeri. Agar tidak terjadi ksalahpahaman dan perselisihan dalam investor.***