HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Kenalan Sama Matthew Obi Pratama, Dosen Muda Yang Hobi Bisnis

Obi Pratama atau lebih dikenal dengan Matthew Tan (Foto : IST) Lentera24.com, Bandung - Obi Pratama atau lebih dikenal dengan Matthew Tan, ...

Obi Pratama atau lebih dikenal dengan Matthew Tan (Foto : IST)

Lentera24.com, Bandung
- Obi Pratama atau lebih dikenal dengan Matthew Tan, warga Kota Bandung kelahiran 15 September adalah seorang Dosen muda yang memiliki semangat dan mencintai dunia pendidikan.

Pada udia 27 tahun Matthew mengukir prestasi yang mengesankan telah meraih dua gelar Sarjana pada bidang Ilmu Bisnis (BBA) dan Hubungan Internasional (S.Sos.), dua gelar Magister pada bidang Ilmu Politik (MA) dan Administrasi Bisnis (MBA), serta ia saat ini menjadi kandidat PhD dalam bidang kajian Studi Internasional dari salah satu kampus di Inggris.

Sebagai seorang Dosen Muda, ia memang digemari oleh banyak mahasiswanya. Matthew selalu membagikan berbagai pengetahuan dan pengalamannya kepada mahasiswanya agar yang diterima tidak hanya teori belaka. Menurutnya Dunia Pendidikan adalah passionnya, ia memiliki cita-cita dan tujuan hidup untuk berkontribusi dan berperan aktif dalam membangun Pendidikan di Indonesia. 

Meski Pendidikan dan Pengalamannya terlihat begitu menjanjikan namun siapa sangka, Matthew pernah sempat merasakan putus sekolah karena keterbatasan biaya. Hal tersebut juga yang menjadikan ia bercita-cita dapat berkontribusi banyak dalam dunia pendidikan di Indonesia agar akses pendidikan yang layak dan baik dapat diterima oleh siapapun.

Sebagai salah satu Posgraduate Researcher atau peneliti pascasarjana di Sekolah Pascasarjana Dong-A University (동아대학교) Korea Selatan, ia telah berperan aktif dalam membangun komunitas ilmiah yang solid. Keikutsertaannya dalam institusi ini tidak hanya memperluas jaringan peneliti, tetapi juga memberinya kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan sesama peneliti bidang sosial di tingkat internasional.

Selain itu, Matthew juga merupakan seorang Asisten Manager SDM di salah satu Yayasan Pendidikan yanh besar di Jawa Barat yang mengelola lebih dari 70 sekolah di Jawa Barat, ia berperan aktif dalam menjaga kualitas tenaga pendidik dan non-kependidikan di 70 sekolah tersebut dengan cara menganalisis dan menyediakan pelatihan SDM sesuai yang dibutuhkan oleh sekolah-sekolah tersebut.

Matthew tidak hanya mengabdikan dirinya dalam dunia pendidikan, tetapi juga menunjukkan minat dan bakat di bidang lain. Ia memiliki minat dalam bidang bisnis, pemasaram hingga potografi.

Dalam bidang bisnis dan pemasaran ia telah meneluni berbagai bisnis mulai dari bisnis FnB, konveksi hingga bisnis berbasis digital yaitu agensi digital marketing. Bisnis FnB, Matthew menyalurkan hobi dan minatnya terhadap Kopi yang akhirnya menjadi salah satu usahanya, selain itu berkat pengalaman bekerja paruh waktu di Korea selama menempuh studi, Ia juga berhasil membuka bisnis kedai jajanan Korea di Kota Bandung. Dalam minat media dan fotografi, terlihat Matthew sering mengunggah berbagai momen dalam sosial media instagramnya @ruangmatthew dan @matthewtan1509.

Dalam setiap kesempatan, Matthew selalu berusaha untuk menginspirasi anak muda dengan memberikan contoh nyata bahwa pendidikan bukanlah sekadar mendapatkan gelar. Baginya, pendidikan juga membantu mengasah soft skill, memperluas jaringan kerja, dan meningkatkan kualitas kehidupan seseorang. Ia berharap agar generasi muda memiliki mimpi yang tinggi dalam bidang pendidikan, dan mengikuti jejaknya dalam mewujudkan impian mereka.

Profil dan kiprah Obi Pratama atau Matthew Tan membuktikan bahwa usia bukanlah penghalang untuk meraih prestasi gemilang. Melalui dedikasi, kerja keras, dan semangat yang tak kenal lelah, ia telah menjadi inspirasi bagi generasi pendidik dan peneliti.

Dengan kombinasi kecintaannya terhadap pendidikan, keterampilan media serta ketertarikan dalam dunia Bisnisnya, Matthew terus membuktikan bahwa kita semua dapat mewujudkan impian kita jika kita memiliki tekad dan semangat yang kuat.[]