HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Akuntansi Manajemen Dalam Industri Perhotelan

Nisrina Rif'at Nabilah Mahasiswi Semester 2 Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang Lentera24.com - Akuntansi mempunyai...

Nisrina Rif'at Nabilah Mahasiswi Semester 2 Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Lentera24.com - Akuntansi mempunyai peran yang sangat penting dalam memberikan seluruh Informasi mengenai operasional hotel. Dengan informasi keuangan ini maka manajemen dapat melakukan analisis dan pengendalian dalam merencanakan kegiatan serta anggaran periode yang akan datang. Sistem akuntansi perhotelan adalah prosedur pelaporan serta pencatatan semua jurnalyang digunakan untuk mengolah data keuangan serta menjadi media kontrol bagi manajemen hotel untuk dijadikan sebagai bahan dasar pengambilan keputusan. Sistem akuntansi ini juga digunakan sebagai alat untuk menganalisa sistem keuangan oleh manajemen hotel.

Pencatatan Sistem Akuntansi perhotelan terbagi menjadi dua bagian, yaitu Accrual Basis, merupakan sebuah teknik pencatatan akuntansi yang dilakukan setelah terjadi nyatakan saksi.

Cash Basis, merupakan metode pencatatan akuntansi yang hanya mencatat transaksi jika ada penerimaan atau pengeluaran kas secara tunai.

Adapun rekomendasi sistem akuntansi untuk industri perhotelan, antara lain:
Software Akuntansi Hash Micro

Sistem ini memiliki berbagai fitur yang bisa membantu mengelola keuangan pada industri perhotelan.

Fitur yang ada dalam software ini berguna untuk memonitoring kondisi keuangan, laporan keuangan, manajemen anggaran, dan cash-flow.

Accurate Accounting Software
Software akuntansi yang digunakan untuk menyusun laporan keuangan ataupun laporan laba rugi dengan tingkat akurasi yang tinggi.

MasERP
Salah satu software akuntansi yang memudahkan operasional bisnis melalui alur dan proses yang lebih efektifdan efisien.

Praktik akuntansi manajemen pada perhotelan sangatlah penting, diantaranya adalah praktik akuntansi manajemen tradisional. Praktik akuntansi manajemen tradisional adalah penganggaran, analisis varians anggaran, penetapan biaya produk, laba atas investasi, titik impas, perencanaan strategis, dan tableau de bord. 

Selanjutnya ada praktik akuntansi manajemen kontemporer, yakni penganggaran berbasis aktivitas, biaya berbasis aktivitas, balanced scorecard, pembandingan, analisis profitabilitas pelanggan, nilai tambah ekonomi, biaya siklus hidup produk, biaya target,dan biaya kaizen. Adapun yang terakhir yaitu praktik akuntansi manajemen lain seperti rasio dan indikator operasional. Praktik ini sering digunakan dalam table audebord, balanced scorecard, dan bench marking.

Kesimpulannya, manajemen keuangan sangatlah penting dalam industri perhotelan.

Dengan menggunakan sistem akuntansi maka sebuah perusahaan terutama hotel dapat mengelola keuangan secara menyeluruh dan otomatis. Hal ini juga dimudahkan dengan adanya beberapa software akuntansi yang berdampak pada efisiensi biaya dan efisiensi kerja.***