HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Penggunaan Akuntansi Sebagai Teknologi di Indonesia

Adinda Fitri Rachmawati Widodo Semester 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang Lenterara24.com - Indonesia merupakan...

Adinda Fitri Rachmawati Widodo Semester 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang


Lenterara24.com - Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi besar terhadap teknologi, Semakin berkembangnya zaman, Teknologi semakin maju dan canggih dalam sektor tersebut khususnya pada bidang akuntansi.Apa yang dimaksud Akuntansi itu ?, mari kita cari tau yuk.
    
Akuntansi adalah suatu proses yang diawali dengan mencatat, mengelompokkan, mengolah, menyajikan data, dan mencatat transaksi yang berhubungan dengan keuangan, sehingga informasi tersebut dapat digunakan seseorang yang ahli di bidangnya dan menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan.
     
Selain itu, apa sih yang dimaksud dengan Akuntansi Teknologi ?,  

Akuntansi Teknologi adalah Penerapan perangkat lunak aplikasi komputer yang bertujuan untuk memudahkan kegiatan dalam pengolahan manajemen akuntansi atau pengolahan data keuangan yang dulu menggunakan manual sekarang menggunakan aplikasi yang terdapat dalam komputer yang ada pada aplikasi. Tekonolgi itu sendiri merupakan sebuah ilmu sains terapan. Oleh karena itu, akuntansi dapat dilihat sebagai teknologi bidang keuangan untuk alat ukur dalam membuat pedoman pengukuran untuk mengendalikan keputusan ekonomi, baik dalam organisasi, perusahaan, ataupun negara.
    
Selain itu, saat ini akuntansi sudah mulai berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Di dunia yang serba didital ini membuat akuntansi juga mengikuti arus digital tersebut, seperti tidak lagi melakukan pencatatan secara manual tetapi sudah menggunakan sistem yang terkomputerisasi dengan bantuan aplikasi atau software dalam melakukan pencatatan akuntansi. 

Akuntansi tidak dapat dipisahkan dengan teknologi karena berjalan beriringan Seperti halnya teknologi dalam akuntansi merupakan sebuah perangkat software yang dapat dipelajari dan dikembangkan untuk menyediakan sebuah informasi pencatatan akuntansi dalam mencapai tujuan sosial maupun ekonomi.
   
Karakteristik teknologi yaitu sebagai seperangkat pengetahuan untuk menghasilkan sesuatu (produk) yang bermanfaat. Teknologi meliputi teknologi lunak, Sebagai penggunakan pengetahuan ilmiah dalam suatu masyarakat pada suatu saat untuk memecahkan masalah nyata yang dihadapinya sesuai dengan budaya dan nilai yang dianut,Sebagai pengguanaan pengetahuan ilmiah dalam suatu wilayah negara untuk menyediakan informasi keuangan dalam rangka mencapai tujuan ekonomi.

Terdapat beberapa manfaat akuntansi teknologi yaitu melalui software, sebagai berikut :
Proses Akuntansi dapat berjalan otomatis dan mudah

Sebuah bisnis yang sukses menggunakan software akuntansi biasanya memiliki kondisi keuangan yang mudah diketahui setiap saat. Manajemen keuangan perusahaan akan lebih rapi dan dapat berjalan secara otomatis. Proses mencatat, mengidentifikasi, hingga menyajikan data yang berhubungan dengan transaksi juga dapat diketahui dengan mudah.Salah satu manfaat software akuntansi adalah dapat menyediakan data-data secara lengkap. Dengan begitu pengelolalaan utang piutang, pengelolaan persediaan atau stok barang akan berjalan dengan mudah.

Laporan keuangan dibuat secara Instan

Keberhasilan penggunaan software akuntansi mampu menghasilakn data keuangan dalam waktu singkat dn cepat.Selain akurat dan dapat dipastikan kebenarannya, proses pembuatan data laporan keuangan juga tidak membutuhkan waktu yang lama.Jika terjadi perubahan, akan lebih mudah untuk dilakukan monitoring. Data-data yang digunakan bisa digunakan untuk laporan keuangan internal maupun eksternal.

Pekerjaan menjadi lebih efisien dan cepat

Pada umumnya mengurus masalah keuangan membutuhkan waktu yang lama, Penggunaan software akuntansi justru lebih mudah. Dengan memnggunakan software akuntansi perusahaan dapat menentukan berbagai keputusan bisnis dengan cepat dan tepat dengan begitu pekerjakan akan mudah terselesaikan dan tidak perlu membaca laporan keuangan secara manual. Manfaat software akuntansi juga cepat dan mudah diterapkan di berbagai jenis usaha di Indonesia, Mulai dari bisnis kafe, perdagangan, kuliner usaha pada bidang jasa.

Biaya yang dikeluarkan lebih kecil

Salah satu usaha sukses menggunakan software akutansi adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan cenderung minimal atau lebih kecil. Untuk dspst mengelola keuangan perusahaan dengan baik, biasanya dibutuhkan lebih dari 3 orang akuntan untuk mengatur arus kas dan membuat laporan keuangan. Namun adanya Software akuntansi membuat pengerjakan lebih efektif dan tidak banyak menggunakan tenaga ahli akuntansi. Efesiensi sumber daya manusia ini benar-benar efektif untuk memangkas anggaran pengeluaran perusahaan.

Penggunaan teknologi memiliki banyak manfaat yang memudahkan manusia menggunakan tekonlogi akuntansi seperti penggunaan software pada perusahaan dan memudahkan membuka usaha. Teknologi akuntansi akan semakin berkembang dengan baik jika dimanfaatkan dengan baik. ***