HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Manfaat, Fitur, dan Fungsi Twitter:

Mengenal Lebih Dekat Media Sosial yang Populer Saat Ini Lentera24.com - Akhir-akhir ini, banyak sekali aplikasi-aplikasi yang digunakan ole...

Mengenal Lebih Dekat Media Sosial yang Populer Saat Ini

Lentera24.com - Akhir-akhir ini, banyak sekali aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh masyarakat dunia, khususnya Indonesia. Ada yang berfungsi sebagai sarana belajar maupun sarana untuk mencari kesenangan semata. Salah satunya adalah Twitter.

Saat ini, dapat dikatakan bahwa Twitter sudah menjadi aplikasi wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang. Berdasarkan data yang diperoleh dari We Are Social dan Hootsuite, terdapat 556 juta pengguna Twitter di seluruh dunia pada Januari 2023.  Jumlah tersebut meningkat 27,4% dibandingkan pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Indonesia tercatat sebagai peringkat kelima dalam kategori pengguna Twitter terbanyak berjumlah 24 juta pengguna.

Pada artikel ini, kita akan lebih mengenal aplikasi Twitter itu seperti apa. Mulai dari pengertian, fitur-fitur, fungsi, dan manfaat dari aplikasi ini. 

Pengertian Twitter

Berdasarkan buku yang ditulis oleh Hadi (2010: 2), pengertian Twitter adalah situs microblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan sebuah pesan teks dengan panjang maksimal 140 karakter melalui SMS (Short Message Service), pengirim pesan instan, maupun surat elektronik. 

Pada awalnya, Twitter dimaksudkan sebagai fasilitas untuk menjawab pertanyaan “What are you doing?” meskipun sebagian pengguna mengunggah tentang kegiatan yang sedang mereka lakukan, berita terbaru, dan juga menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para pengguna Twitter lainnya (Zarella, 2011: 39).

Fitur-fitur pada Twitter
Menu Utama

Pada menu utama terdapat fitur-fitur yang saling terhubung. Pertama, ikon rumah yang berfungsi untuk menampilkan beranda utama, seperti hal-hal apa saja yang diunggah oleh pengguna Twitter lain. 

Di beranda utama pun terbagi menjadi dua, yaitu beranda yang hanya menampilkan unggahan dari pengguna yang diikuti dan beranda yang menampilkan unggahan pengguna lain yang relevan dengan unggahan yang disukai sebelumnya.

Kedua, ikon kaca pembesar yang berfungsi untuk melihat topik yang sedang hangat di Twitter dan mencari akun lain yang akan kita ikuti. Ketiga, ikon lonceng sebagai penanda notifikasi yang masuk pada akun Twitter pengguna. Dan yang terakhir adalah ikon amplop yang berfungsi sebagai kotak masuk pada aplikasi 

Twitter.

Twit adalah fitur yang dapat digunakan oleh pengguna untuk membagikan tulisan, foto, video, maupun gif kepada publik. Fitur ini terletak pada ikon “+” di menu utama. Secara umum, twit yang dibagikan dapat terlihat oleh semua pengguna, baik yang sudah terdaftar maupun tidak terdaftar. Namun, pengguna juga dapat mengatur batasan kiriman hanya bagi pengikut tertentu.

Twitter Spaces

Fitur ini sama seperti siaran langsung pada Instagram. Perbedaannya terletak di jenis konten yang dapat siarkan, Twitter Spaces hanya dapat menampilkan audio.
Ikuti, Ikuti Kembali, dan Berhenti Mengikuti
   
Fitur-fitur ini berfungsi agar pengguna dapat saling terhubung dan berkomunikasi dengan pengguna lain. Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan twit terbaru secara waktu nyata melalui beranda Twitter.

Profil

Fitur ini berfungsi untuk menampilkan akun pribadi pengguna. Pada profil, pengguna dapat mengganti avatar dan juga foto sampul akunnya, serta mengedit biodata dari akun Twitter-nya. Akun-akun yang diikuti dan para pengikut pengguna tersebut akan ditampilkan juga berapa jumlahnya. Selain itu, fitur blokir akun dapat diakses melalui profil.

Nama Pengguna

Nama pengguna berfungsi untuk mengidentifikasi sebuah akun. Nama pengguna ini sangat penting untuk membedakan pengguna satu dengan pengguna yang lain. Dimana penggunaan “@” diikuti dengan nama pengguna.

Twitter Blue

Twitter Blue berfungsi untuk membuat akun kita terverifikasi oleh Twitter. Perbedaan yang paling terlihat adalah di sebelah kanan nama pengguna terdapat ikon centang biru. Namun, fitur ini merupakan fitur berbayar.
Topik dan Topik Hangat (Trending Topics)

Topik berfungsi untuk menyaring unggahan apa saja yang dapat ditampilkan pada beranda. Pengguna dapat memilih topik yang disukai dan akan dimunculkan pada beranda menu utama. 

Selanjutnya, jejaring sosial yang memperkenalkan topik hangat adalah Twitter. Topik hangat merupakan sesuatu yang sedang banyak dibicarakan oleh pengguna di Twitter berdasarkan tagar, kata, atau frasa. 

Tagar

Tagar adalah sebuah kata yang diawali dengan tanda “#”. Penggunaan simbol pagar tersebut sangat penting ketika digunakan untuk mengawali suatu topik bahasan yang sedang terjadi di Twitter. Fitur tagar juga dapat mengindikasikan bahwa topik tertentu memiliki kemungkinan yang besar untuk menjadi topik yang tren di Twitter, jika topik tersebut memiliki penggunaan tagar yang tinggi.

Markah

Fitur markah digunakan untuk menyimpan berbagai unggahan yang sekiranya penting dan masih ingin dibaca berulang kali. Hal-hal yang tidak terlalu penting juga dapat ditambahkan pada markah, tetapi kebanyakan pengguna menggunakan fitur ini untuk hal-hal penting saja. 

Daftar

Daftar digunakan untuk menambahkan akun pengguna lain yang akan dijadikan teman. Pengguna dapat menyaring setiap akunnya, mana yang berfungsi untuk mendapatkan informasi maupun sebuah hiburan. Fitur daftar akan ditampilkan pada menu utama, lebih tepatnya terletak di sebelah tulisan “Mengikuti”.

Twitter Circle

Fitur ini bermanfaat untuk menyaring akun apa saja yang dapat melihat unggahan dari pengguna Twitter. Biasanya, fitur tersebut akan muncul saat pengguna akan mengunggah sesuatu. Saat sudah terunggah, pada bagian bawah unggahan akan terdapat sebuah tulisan berwarna hijau yang menandakan bahwa unggahan tersebut hanya dibagikan untuk Twitter Circle saja.

Fitur Menyukai (Like) dan Twit Ulang (Retweet)

Di Twitter, pengguna diperbolehkan untuk memberitahu ke pengguna lain bahwa kita menyukai unggahannya dengan fitur Menyukai yang ada di Twitter.
   
Selain itu kita juga dapat membagikan kembali unggahan di masa lalu yang dibuat oleh pengguna lain maupun oleh kita sendiri. Fitur tersebut dapat digunakan jika unggahannya relevan dengan situasi saat ini.

Fungsi Twitter

Layanan untuk mencari teman baru dan berinteraksi dengan orang lain.
Mencari informasi terbaru yang sedang hangat.
Membangun penjenamaan pribadi (personal branding).
Sarana untuk membagikan konten yang menarik ke khalayak umum secara daring.
Sarana untuk menjalani bisnis secara daring dan juga melakukan promosi untuk menunjang kelancaran bisnis yang dijalani.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan penggunaan Twitter, yaitu:
Mudah dalam menjangkau jejaring sosial dan meningkatkan lalu lintas dalam profil 

Twitter kita

Penggunaan aplikasi yang bersifat mudah & simpel. Dapat berfungsi sebagai blog. Memiliki fitur iklan berbayar sebagai penunjang bagi kita yang ingin meningkatkan lalu lintas bisnis yang pengguna miliki pada Twitter.

Kekurangan penggunaan Twitter, yaitu:
Tidak dilengkapi dengan fitur permainan. Hanya dapat menampilkan teks dalam jumlah yang terbatas.

Cara Penggunaan Twitter Lebih Rumit.
Penyaringan konten yang lolos dalam proses pengunggahan masih kurang ketat. Seperti konten-konten yang mengandung unsur SARA, porno, kekerasan, dan lainnya masih banyak yang terunggah di aplikasi Twitter.

Manfaat Twitter untuk Masyarakat
Sejauh ini, manfaat Twitter untuk masyarakat, khususnya Indonesia adalah sebagai media hiburan dan juga media informasi. Terdapat banyak sekali kejadian lucu dan tak terduga yang kerap kali muncul di Twitter. Bahkan, setiap satu jam sekali mungkin dapat terjadi beberapa kejadian unik sekaligus. Hal-hal seperti ini dapat langsung dibagikan langsung oleh pengguna Twitter. 

Para pengguna yang lain pun akan langsung menemukan twit tersebut saat mereka sudah mengikuti akun pengguna yang sebelumnya mengunggah sesuatu pada akunnya. Namun, pada saat ini kita sudah bisa melihat unggahan dari berbagai akun meskipun akun tersebut tidak kita ikuti, sesuai dengan algoritma pada Twitter terhadap akun kita. ***

Oleh Kelompok 6
Anggota Kelompok: 
Aditya Daffa Syahputra (2210631170001)
Afridho Ikhsan (2210631170002)
Risma Auliya Salsabilla (2210631170100)
Mishel Aulidya (2210631170129)
Para Mahasiswa Semester 2 Prodi Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Singaperbangsa Karawang