HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Analisa Arus Kas Operasi dan Laba Akuntansi Terhadap Return Saham

Fadia Alya Margaretha Mahasiswi Semester 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammdiyah Malang Lentera24.com - Setiap perusahaan ya...

Fadia Alya Margaretha Mahasiswi Semester 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammdiyah Malang


Lentera24.com - Setiap perusahaan yang ada di dunia ini membutuhkan adanya laporan keuangan di setiap tahunnya karena laporan keuangan tersebut menjadi sebuah informasi yang dapat digunakan untuk mengetahui kondisi, posisi, perkembangan, serta pencapaian dari sebuah perusahaan. Hadirnya laporan keuangan dari suatu perusahaan pun juga dianggap sangat penting karena dapat digunakan untuk mengetahui informasi yang menyangkut kondisi keuangan, kinerja karyawan, dan perubahan posisi keuangan perusahaan yang dapat memanfaatkan pengusaha untuk mengambil keputusan di kemudian harinya, serta sebagai bentuk pertanggungjawaban kegiatan dari suatu perusahaan kepada investor ataupun para pihak yang berkepentingan lainnya.

Kas merupakan suatu alat pembayaran yang sifatnya bebas untuk digunakan dalam membiayai kegiatan umum dari suatu perusahaan, yang mana suatu perusahaan harus mampu menyiapkan kas yang cukup dalam membiayai pengeluaran yang tidak terduga dan juga suatu perusahaan dapat secara bebas untuk menggunakan kas dalam membayar biaya yang harus dikeluarkan dalam suatu perusahaan. Arus kas operasi adalah seluruh transaksi penerimaan kas yang berkaitan dengan pendapatan dan seluruh pengeluaran kas yang berkaitan dengan biaya operasional dan bukan hanya merupakan aktivitas investasi dan pendanaan saja. Laba adalah penghasilan bersih yang didapatkan oleh suatu perusahaan dari aktivitas perusahaan.

Arus kas operasi memiliki hubungan yang signifikan terhadap harga saham, karena semakin tinggi arus kas dari suatu aktivitas operasi perusahaan maka semakin baik pula persepsi investor terhadap kinerja dari suatu perusahaan, yang mana hal tersebut akan tercermin dari tingginya return saham perusahaan. Sedangkan di sisi lain, kinerja suatu perusahaan akan dapat dilihat dari kemampuannya dalam menghasilkan laba. 

Laba yang diperoleh akan dialokasikan menjadi laba ditahan dan dividen. Karena, semakin besar laba yang dimiliki atau dihasilkan oleh suatu perusahaan maka dividen yang akan dibagikan juga akan semakin besar sehingga laba yang diperoleh oleh suatu perusahaan menjadi suatu pertanda akan diresponnya oleh para stakeholdernya terutama para investor dan kreditur dalam bentuk harga saham.

Sehingga, dari adanya pernyataan tersebut, dapat disimpulkan apabila secara parsial arus kas operasi tidak akan berpengaruh besar terhadap return saham sedangkan laba akuntansi berpengaruh positif terhadap return saham serta arus kas operasi dan laba akuntansi secara stimultan berpengaruh positif terhadap return saham.

Referensi
Firdarini, K. C., & Kunaidi, K. (2022). Pengaruh Arus Kas Operasi Dan Laba Akuntansi Terhadap Return Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan LQ –45 di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 –2019). Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 9 (1), 28-36.

Sulaiman, S., & Suriawinata, I. S. (2020). Analisis Pengaruh Laba Akuntansi, Arus Kas Operasi, Arus Kas Pendanaan, Debt to Equity Ratio, Current Ratio dan Risiko Saham Terhadap Return Saham. Jurnal STEI Ekonomi, 29(01), 90-107. ***