HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

SEA Games 2023 Kamboja: Indonesia Raih 8 Emas, Menpora: Jaga Terus Optimisme

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyaksikan pertandingan timnas basket 3x3 putra-putri di ajang S...

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyaksikan pertandingan timnas basket 3x3 putra-putri di ajang SEA Games 2023 Kamboja. Dalam pertandingan ini, tim putra dan putri masing-masing berhasil meraih kemenangan. (kemenpora.go.id)

Lentera24.com | KAMBOJA - Dengan Raihan 8 (delapan) medali emas pada hari pertama setelah upacara pembukaan, Kontingen Indonesia untuk bisa memenuhi target pada SEA Games XXXII Tahun 2023 atlet Merah Putih terbuka.


Optimisme meraih yang terbaik perlu terus dijaga Kontingen Indonesia kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, raihan 8 emas itu menjadi modal pelecut bagi para atlet Indonesia untuk bisa makin cepat, tinggi dan kuat dalam menghapi persaingan pada pesta olahraga antarnegara Asia Tenggara edisi ke-32 kali ini.


Raihan 8 emas 6 (enam) perak dan 7 (tujuh) perunggu itu Kontingen Garuda langsung melejit ke urutan posisi 2 klasemen medali SEA Games 2023 dengan total 26 medali (8-7-11). Melejit dari posisi sebelumnya yang berada di urutan 5.


Indonesia masih berada di bawah tuan rumah yang memimpin dengan raihan 19 emas. Namun Indonesia sudah berada di atas Thailand, Filipina, Vietnam, Malaysia dan Singapura yang menjadi saingan berat di setiap SEA Games.


"Untuk hari ini Alhamdulillah kita sudah mendapatkan tujuh emas, lima perak, dan 12 perunggu, dan sementara kita berada di klasemen di nomor dua. Jadi, ya, Insya Allah dengan optimisme kawan-kawan semua, dan apresiasi untuk teman-teman seluruh cabor, semoga peringkat ini bisa dipertahankan, kalau bisa naik di nomor satu," kata Menpora Dito saat ditemui usai pertandingan cabang olahraga vovinam di Chroy Changvar Convention Center Phnom Penh, Kamboja, Sabtu 7 Mei 2023.


Seperti dilaporkan antaranews.com, Dito mengatakan optimisme untuk mempersembahkan emas dan medali-medali lainnya di pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara itu diharapkan bisa terus dijaga, mengingat Indonesia menargetkan 69 medali emas dan menduduki peringkat 1 atau 2 di SEA Games edisi ke-32, agar mendapat pencapaian yang lebih baik dibanding SEA Games ke-31 di Vietnam.


"Yang pasti tetap semangat, dan ingat, kita membawa bendera Merah-Putih, jadi do the best. Sisanya kita serahkan ke Allah karena kita sudah berikan persiapan yang begitu maksimal," ujar menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju itu.


Saat disinggung mengenai evaluasi keseluruhan dari berbagai cabor yang telah bertanding beberapa hari terakhir, Dito mengatakan sejauh ini masih belum ada kendala yang berarti. Namun, tantangan seperti cuaca yang begitu panas di Negeri Khmer itu memang menjadi salah satu sorotan dari jajaran tim dan ofisial.


"Sejauh ini cabor-cabor semua dirasa mulus, tidak ada catatan yang enggak-enggak, paling lebih ke kesalahan teknis seperti ID card, dan juga cuaca yang panas. Ini saya akui panasnya emang berbeda dan udaranya lembap," ungkap Menpora Dito.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menginginkan kontingen Indonesia naik peringkat dari gelaran SEA Games sebelumnya. Saat SEA Games di Vietnam, Indonesia mendapatkan 69 medali emas dan menempati posisi tiga


"Tapi dengan tantangan seperti ini, prestasi kita sangat baik dan semoga menjadikan target 60 bahkan 69 semakin bertambah. Sekarang sudah delapan (emas), masih ada 61 medali emas lagi yang bisa kita raih," kata Menpora. []L24.Red