HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Pentingnya Rasa Nasionalisme Bagi Generasi Muda

Maulana Hafis Angga Raditya Mahasiswa  Semester 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Muhammadiyah Malang Lentera24.com - Nasionalisme...

Maulana Hafis Angga Raditya Mahasiswa 
Semester 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Muhammadiyah Malang
Lentera24.com - Nasionalisme? pasti semua tahu nasionalisme. Rasa nasionalisme yang sering kita dengar adalah rasa cinta terhadap tanah air kita. Nasionalisme adalah sesuatu yang berkaitan dengan bangsa, Menurut KBBI (Kamus Bahasa Besar Indonesia), nasionalisme adalah sebuah paham yang mengajarkan untuk mencintai bangsanya sendiri. Dalam hal ini jelas jika nasionalisme sangat erat kaitannya dengan mencintai negara baik budayanya, masyarakatnya maupun tatanan yang ada di negara tersebut.

Nasionalisme sangat diperlukan dalam suatu negara agar menumbuhkan rasa cinta terhadap negara, namun bagaimana dengan nasionalisme di Indonesia? Nasionalisme di Indonesia saat ini sedang menghadapi tantangan yang begitu besar, yaitu mulai terkikisnya rasa nasionalisme pada generasi penerus bangsa ini.Dikarenakan mudahnya budaya dan teknologi dari luar yang masuk ke Indonesia.kebiasaan yang bertentangan dengan kebudayaan kita tentunya akan memunculkan masalah yang nantinya juga berpengaruh dalam tingkat nasionalisme terhadap bangsa. 

Berdasarkan hal ini pentingnya menanamkan rasa nasionalisme kepada setiap generasi muda negara indonesia di tengah berkembangnya teknologi ini agar terbentuknya generasi muda yang paham akan identitas dan jati diri bangsa negara sendiri. Indonesia akan maju jika generasi mudanya memiliki sikap nasionalisme yang tinggi. Namun dengan perkembangan zaman yang semakin maju ini, malah menyebabkan semakin pudarnya rasa nasionalisme dikarenakan adanya pengaruh budaya barat yang sedang menjajah sedikit demi sedikit generasi muda di Indonesia. Dengan begitu kita tahu bagaimana pentingnya untuk memiliki rasa nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa kita sendiri yaitu Indonesia. Generasi muda harus melakukan sesuatu yang bisa meningkatkan keutuhan bangsa Indonesia, dan menjaga persatuan Indonesia.

Memudarnya rasa nasionalisme dapat menghancurkan bangsa Indonesia. Hal itu terjadi karena ketahanan nasional akan menjadi lemah dan dapat dengan mudah ditembus oleh budaya luar. Dengan kata lain, Bangsa Indonesia telah dijajah oleh generasi mudanya dengan semakin memudarnya rasa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia. Bukan dijajah dalam arti fisik, melainkan dijajah secara mental dan ideologinya.

Diperlukan sekali upaya-upaya untuk meningkatkan semangat nasionalisme pada generasi muda terutama pelajar Indonesia sebagai penerus bangsa ini. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan rasa nasionalisme. Salah satunya adalah memalui pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang diidapat lewat pembelajaran sekolah. Selain itu juga dapat dilakukan dengan pembiasaan-pembiasaan menyanyikan lagu nasional, penghormatan bendera merah putih, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Masih banyak lagi upaya yang dapat dilakukan lewat pendidikan disekolah. 

Contoh yang dapat menumbuhkan rasa nasionalisme sebagai generasi muda adalah berpendidikan berkarakter. Tujuannya untuk memahami generasi muda dengan cara melatih kemampuan diri sehingga mereka mengerti dan memahami jati diri mereka masing masing. Ketika jati diri telah muncul maka akan dengan mudah rasa nasionalisme muncul dan tumbuh di era teknologi yang menjajah bangsa Indonesia. Karena dengan jati diri yang tumbuh akan cinta tanah air bangsa ini akan tetap utuh dan akan rela berkorban pula bagi kejayaan dan bangsa negaranya. Upaya tersebut yang harus kita contohkan kepada generasi muda atau generasi yang akan datang.Tentunya yang kita harapkan generasi bisa mencontoh kegiatan tersebut tidak dengan sekali atau pun dua kali namun, seterusnya juga agar rasa nasionalisme dapat tumbuh kepada generasi muda.Dengan demikian rasa nasionalisme generasi muda akan berkembang dengan seiringnya berjalannya waktu. ***