HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Strategi Sumber Daya Manusia Pada UMKM Matacapunk T-shirt di Era Saat ini

Rahmawati Kusumaningrum Mahasiswi  Semester Semester 6 Fakultas Ekonomi  Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Lentera24.com - Usaha Mikro K...

Rahmawati Kusumaningrum Mahasiswi Semester Semester 6 Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Lentera24.com - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yaitu merupakan salah satu model dalam kegiatan perdagangan, biasanya dilakukan oleh individu atau perorangan dengan badan usaha yang lingkupnya lebih kecil. UMKM di Indonesia sendiri jumlahnya bahkan terus bertambah dan semakin berkembang. 


Sebanyak 19 juta UMKM di Indonesia sudah memasuki perkembangan digital, dapat dikatakan bahwa sudah semakin banyak pelaku UMKM yang dapat memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung bisnis mereka. Selain itu, UMKM juga perlu mempunyai strategi untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memudahkan pengelolaan karyawan.


Salah satu UMKM di bidang konveksi dan fashion retail yang bernama Matacapunk T-shirt ini mempunyai strategi untuk mengembangkan dan mengelola SDM pada bisnisnya.


UMKM ini mempunyai Visi dan Misi yang mendukung untuk sebagai pedoman dan juga untuk meraih pencapaian dalam bisnis mereka. Karena jika sebuah UMKM tidak memiliki visi dan misi, mereka hanya akan bekerja sesuai perintah tanpa adanya pencapaian.


Pastinya di semua UMKM mempunyai peraturan perusahaan, UMKM ini juga mempunyai peraturan perusahaan yang bertujuan untuk mengatur dan mengarahkan kinerja karyawan agar mencapai visi dan misi perusahaan.


Matacapunk T-Shirt juga menerapkan atau mengutamakan kedisiplinan dan kesadaran akan apa saja yang harus dilakukan karyawan sehingga waktu tidak terbuang sia-sia.


Selain itu, UMKM ini mempunyai budaya lingkungan kerja yang positif dengan menyediakan fasilitas yang nyaman dan memberikan fleksibilitas dalam jadwal kerja namun tetap sesuai dengan peraturan. 


Strategi UMKM ini dapat dijadikan sebagai contoh bagi pengusaha bisnis lain agar perusahaan mereka dapat lebih maju. Karena untuk menciptakan suatu bisnis tidak dapat berjalan lancar apabila tidak mempunyai suatu strategi untuk mengatur Sumber Daya Manusia (SDM).***