HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Ini Pesan Yogi Syahputra Al Idrus Mahasiswa Berprestasi FH UMM di Hari Buku Sedunia

Yogi Syahputra Al idrus Lentera24.com | MALANG - Hari Buku merupakan perayaan yang diselenggarakan dengan misi untuk mempromosikan kepada b...

Yogi Syahputra Al idrus

Lentera24.com | MALANG - Hari Buku merupakan perayaan yang diselenggarakan dengan misi untuk mempromosikan kepada banyak orang, Kalau membaca buku itu menyenangkan.


Perayaan Hari Buku Sedunia ini diciptakan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai perayaan dunia untuk buku dan membaca. World Book Day juga telah diperingati oleh kurang lebih 100 negara di dunia. 

Melihat Hari Buku Sedunia diperingati sebagai salah satu hari yang penting secara internasional, Hal ini pun sama yang dirasakan oleh Mahasiswa Berprestasi Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang yaitu Yogi Syahputra Al idrus, pria yang akrab disapa Yogi lahiran di Ternate Maluku Utara ini sangat hobi membaca buku. Mulai dari buku-buku yang bertema filsafat, sosial, ekonomi dan juga hukum. Sampai-sampai menurut Yogi, Perjuangan ia menjadi mahasiswa berprestasi tingkat fakultas maupun universitas karena ia sangat hobi membaca sehingga ia bisa mencapai prestasi yang cukup banyak mulai dari lomba debat nasional, lomba cerdas cermat hukum, kepenulisan internasional dan masih banyak lagi. 

Menurut yogi membaca buku ialah kegiatan yang wajib bagi mahasiswa karena bisa menambah banyak kosakata kita. Selain bisa menambah nilai plus dalam berkomunikasi, Dengan membaca buku, kita juga bisa membuka wawasan dan memberikan kesempatan buat diri untuk memiliki banyak persepsi dalam memandang suatu hal. Ini bisa membantu kita supaya punya pemikiran yang lebih kritis ketika dihadapkan dengan suatu masalah.

Oleh karena itu, Di hari special ini yakni tanggal 23 April 2023 yang disebut sebagai hari buku sedunia, Yogi berpesan bahwasanya “Bagi seorang mahasiswa membaca adalah Kebutuhan bagi seorang mahasiswa yang tidak bisa dipisahkan". Mahasiswa sebagai generasi muda yang memegang estafet bangsa di masa akan datang tidak boleh jauh dari buku-buku bacaan. 

Buku merupakan sumber ilmu pengetahuan yang harus selalu dibaca secara terus menerus sampai hayat dikandung badan. Betapa ruginya mahasiswa yang mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi yang tidak pernah membaca buku. Karena salah satu hal yang paling penting dalam membaca ialah dapat meninggikan kemampuan skill dalam kepenulisan. Apalagi mahasiswa nanti nya akan ditemukan dengan tugas kuliah dan skripsi.

Membaca juga bermanfaat untuk kecerdasan emosional manusia yakni meningkatkan empati. Manfaat ini akan semakin terasa bila kita membaca buku. Kita dihadapkan dengan peristiwa yang berbeda. Kita bisa belajar tentang penerimaaan dalam hidup. Kemampuan kita memahami dan merasakan apa yang terjadi pada orang lain (empati) pun meningkat. Membuat kita berpikir terbuka dan tidak mudah membuat penghakiman. []L24.Red