HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Pentingnya Budaya Kebangsaan Di Kehidupan Bangsa Indonesia

Luluk Firdiana Effendi Mahasiswi Semester 2 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Muhamadiyah Malang Lentera24.com - Bu...

Luluk Firdiana Effendi Mahasiswi Semester 2 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Muhamadiyah Malang
Lentera24.com - Budaya dapat diartikan sebagai suatu cara hidup yang terdapat pada sekelompok manusia, yang telah berkembang dan diturunkan dari generasi ke generasi. Secara umum budaya atau kebudayaan merupakan cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh bersama, serta diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya. 

Kebudayaan merupakan hal kompleks yang mencakup beberapa hal didalamnya, seperti kepercayaan, kesenian, hukum, moral, adat, istiadat serta kemampuan yang dapat diperoleh manusia sebagai bagian dari kelompok masyarakat tersebut. kebudayaan juga merupakan sebuah landasan serta acuan seseorang dalam bertingkah laku. 

Pelestarian kebudayaan Indonesia merupakan tanggung jawab Bersama. Selain itu,kebudayaan juga memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Keberagaman kebudayaan yang ada di di daerah merupakan kekayaan dan identitas bangsa yang sangat diperlukan untuk memajukan kebudayaan nasional Indonesia. Indonesia dikenal dengan negara yang memiliki ribuan kebudayaan yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke. Budaya dapat dibentuk dari beberapa unsur diantaranya yaitu pakaian, adat, Bahasa daerah, suku, ras, bangunan, serta agama.

Kebudayaan merupakan identitas bangsa,ciri khas suatu bangsa yang memiliki keistimewaan. Oleh karena itu, menjaga nilai nilai budaya sangatlah penting agar budaya tersebut tetap terjaga kelestariannya. 

Indonesia memiliki beragam budaya yang diturunkan dari generasi ke generasi oleh berbagai macam suku. Hal ini merupakan kekayaan yang tidak bisa diremehkan maupun dipandang sebelah mata. Oleh karena itu, mewariskan budaya kepada generasi muda sangat penting karena akan mewariskan budaya tersebut kepada generasi berikutnya, budaya dapat diwariskan jika masyarakat mempelajari serta mensosialisasikan dengan baik kebudayaan Indonesia. Disatu sisi, keberagaman budaya di Indonesia memiliki suatu tantangan sendiri yang dimana tantangan itu adalah bagaimana cara untuk dapat melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia. Selain itu, pelestarian budaya membutuhkan sumber daya manusia yang tidak terputus.

Di zaman modern seperti sekarang ini, keberadaan budaya asli Indonesia sudah mulai tergerus oleh budaya asing yang berhasil masuk ke Indonesia. Hal ini membuat masyarakat khususnya generasi muda lebih tertarik untuk mengkuti trend budaya asing tersebut daripada budaya asli Indonesia. Budaya asing adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari seiring perkembangan global dunia. Indonesia juga merupakan negara yang jadi melting pot atau wadah pencampuran budaya berbagai bangsa yang dating dan menetap wilayahnya. Budaya asing yang masuk ke Indonesia menyebar melalui temuan teknologi ,promosi budaya,kebiasaan sosial yang berkembang pesat khususnya sejak globalisasi terjadi. Budaya asing memiliki dampak postif dan negatif bagi pola piker masyarakat dan kelompok kelompoknya untuk jadi manusia yang modern. 


Dampak positifnya berupa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong Pendidikan dan edukasi masyarakat terhadap berbagai informasi global yang terus menerus menyebar dan berubah secara cepat. Kondisi ini secara tidak langsung mendorong perubahan taraf hidup yang lebih baik bagi masyarakat global. Adapun dampak negatif dari budaya asing bagi kehidupan remaja, masuk nya kebudayaan asing akan berpengaruh asing akan berpengaruh bagi kehidupan para remaja yaitu terkikisnya nilai budaya local yang ada ditengah masyarakat. Budaya asing yang masuk dalam kehidupan masyarakat bisa berpotensi menghilangkan rasa Nasionalisme dalam diri remaja, kebiasaan menggunakan atau menyukai budaya negara lain secara berlebihan bisa menyebabkan hilangnya rasa kebangsaan bangsa sendiri jadi berkurang hingga hilang. Misalnya remaja yang suka mengunakan produk buatan negara lain dibandingkan produk buatan dalam negeri. Mulai dari pakaian, makanan, kesenian, remaja yang menyukai bentuk budaya asing yang berlebihan akan menyebabkan rasa nasionalisme dalam diri remaja akan berkurang bahkan hilang, tidak hanya itu, budaya asing yang terus berkembang dan masuk ke tengah masyarakan bisa menyebabkan kesenjangan sosial dikalangan masyarakat.

Budaya adalah salah satu identitas bangsa. Eksistensinya harus tetap dipertahankan hingga saat ini. Ada dua kemungkinan jika budaya tidak dipertahankan eksistensinya, yakni direbut bangsa lain atau tergerus kebudayaan lain, supaya kebudayaan kebangsaan Indonesia tidak diambil atau tergerus kebudayaan lain masyarakat harus mau dilibatkan atau berperan langsung dalam upaya pelestarian budaya. Misalnya, rutin menggelar acara kebudayaan, pelestarian budaya Indonesia juga bisa dilakukan dengan memberi informasi kepada orang lain yang belum mengenal kebudayaan tersebut.

Kebudayaan terbagi dalam beberapa jenis sesuai dengan sifatnya,wujudnya,dan lingkup persebarannya. Jenis kebudayaan berdasarkan sifatnya yaitu kebudayaan Subjektif, kebudayaan subjektif merupakan factor nilai, perasaan, dan idealism yang apabila disimpulkan dapat disebut sebagai faktor batin yang ada pada kebudayaan tersebut. Jenis kebudayaan berdasarkan wujudnya terbagi menjadi dua yaitu kebudayaan Material dan immaterial, kebudayaan material yang mengacu kepada seluruh ciptaan manusia yang nyata serta konkret, di dalamnya termasuk temuan yang dihasilkan oleh penggalian arkeolog seperti senjata, perhiasan. Kebudayaan material mencakup barang-barang lain selain dari temuan arkeolog seperti pesawat terbang, pakaian, televisi, gedung pencakar langit, stadion olahraga hingga mesinn cuci. 

Selanjutnya kebudayaan Immaterial, jenis kebudayaan immaterial berupa ciptaan yang abstrak dan diwariskan oleh pendahuluan ke generasi selanjutnya, contohnya seperti tarian tradisional, lagu, cerita rakyat dan donggeng. Jenis kebudayaan berdasarkan lingkup persebarannya dibagi menjadi tiga yaitu kebudayaan daerah, kebudayaan lokal, kebudayaan nasional. 

Kebudayaan daerah dapat berupa cara berperilaku, pola pikiran hingga cara bertindak dari anggota kelompok masyarakat yang memiliki kebudayaan tersebut. Selanjutnya kebudayaan lokal, kebudayaan yang bergantung kepada aspek ruang, hal ini dapat dilihat melalui ruang pada perkotaan yang hadir sebagai budaya lokal perkotaan tersebut. Selanjutnya kebudayaan nasional, budaya nasional merupakan kebudayaan dari akumulasi dari budaya yang hadir didaerah daerah. ***