HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Berbagai Manfaat dari Bunga Matahari Bagi Kesehatan

Fathina Najiya Tamami Mahasiswai Semester 2 Fakultas Sains dan Teknologi Prodi Biologi Universitas Airlangga           Lentera24.com - Bung...

Fathina Najiya Tamami Mahasiswai Semester 2 Fakultas Sains dan Teknologi Prodi Biologi Universitas Airlangga 
        
Lentera24.com - Bunga matahari atau tanaman yang memiliki nama latin Helianthus annuus selain memiliki bunga yang indah tanaman ini juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Warna kuning dari bunga matahari sendiri juga mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral. Kandungan vitamin yang terdapat pada bunga matahari yaitu vitamin E, B1, B3, dan B6. Sementara untuk kandungan mineralnya yaitu mengandung asam folat, magnesium, seng (zinc), tembaga, fosfor, serta zat besi. Asupan vitamin dan mineral ini baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu manfaat lain yang bisa didapatkan yaitu dapat mengontrol kadar diabetes hingga menurunkan risiko penyakit jantung. 

Berikut manfaat Bunga Matahari : 
1. Mengurangi risiko penyakit jantung 
Dalam menurunkan risiko penyakit jantung, kandungan dalam bunga matahari ini akan bekerja dengan cara memblokir enzim penyebab penyempitan pembuluh darah. Sehingga aliran darah dapat berjalan dengan lancar. Dampaknya, tekanan darah tinggi yang menjadi penyebab sakit jantung maka perlahan akan menurun. Pada proses ini dibantu oleh asupan magnesium dan asam lemah tak jenuh( linoleat) 

2. Mengontrol Diabetes 
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Department of Human Nutrition, University of Otage, menyebutkan bahwa mengonsumsi 1 ons (30 gram) bunga matahari efektif dalam menurunkan kadar gula darah sebanyak 10 persen. Efek yang dirasakan ini akan muncul jika rutin dikonsumsi setiap hari selama 6 bulan. 
        
Dari penelitian yang sama, kandungan protein dan lemak yang ada di dalam bunga matahari ini dapat memperlambat proses pengosongan lambung. Hal ini akan membantu mengurangi efek peningkatan gula darah dari asupan karbohidrat. Sehingga, masalah diabetes jadi lebih terkontrol. 

3. Menjaga kesehatan mata
Manfaat ini bisa didapatkan dari vitamin E yang terkandung di dalam bunga matahari. Vitamin E ini adalah sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan mata. 
Cara kerjanya yaitu dengan cara mengurangi radikal bebas yang masuk ke dalam mata. Radikal bebas ini merupakan ancaman yang dapat merusak makula dan bagian mata lainnya. 

4. Meningkatkan kesehatan otot
Protein yang terkandung di dalam bunga matahari ini merupakan nutrisi penting yang bisa berguna untuk mendukung fungsi dan pengatur jaringan tubuh. Protein ini juga digunakan tubuh untuk massa otot. Sebanyak 90 persen kandungan protein yang ada dalam makanan ini akan diserap untuk membangun dan memperbaiki otot yang rusak. 

5. Meningkatkan kekebalan tubuh. 
Manfaat ini juga bisa didapatkan karena adanya vitamin E, seng, dan selenium di dalamnya. Dengan begitu tubuh akan terjaga dengan baik maksimal. 

6. Menjaga berat badan ideal
Adanya asupan serat dan protein yang terkandung di dalam bunga matahari dapat efektif menurunkan atau menjaga bobot tubuh. Kedua nutrisi ini akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Dan serat ini juga akan membantu meningkatkan proses pencernaan serta mengontrol gula darah. 
        
Dalam mengonsumsi vitamin ini jangan sampai berlebihan. Secukupnya saja. Karena jika tubuh mengonsumsi vitamin B6 yang berlebih dapat menyebabkan kesemutan, cepat lelah hingga sesak napas.***