HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Permasalahan Pengangguran di Indonesia yang Masih Belum Terpecahkan

Deki Hermawan Mahasiswa Semeste 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang  Lentera24.com - Pengangguran merupakan salah...

Deki Hermawan Mahasiswa Semeste 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang 
Lentera24.com - Pengangguran merupakan salah satu permasalahan utama yang masih sulit untuk dipecahkan oleh setiap negara, termasuk Indonesia. Permasalahan ini tentu perlu mendapat perhatian lebih oleh Pemerintah. Apalagi  Indonesia tercatat sebagai salah satu  negara yang mempunyai tingkat pengangguran yang tergolong tinggi.

Pengangguran didefinisikan sebagai orang yang tidak bekerja atau orang yang sedang mencari pekerjaan. Problematika pengangguran ini tentu sangat berpengaruh memberikan dampak negatif yaitu terhambatnya pertumbuhan ekonomi serta dapat meningkatkan jumlah kemiskinan.

Kemiskinan sendiri adalah situasi dimana seseorang tidak cukup mampu dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan dan lain sebagainya. Dengan meningkatnya jumlah kemiskinan, tentu menimbulkan berbagai permasalahan lainnya, diantaranya tingkat kriminalitas yang semakin tinggi, sulitnya akses pendidikan pada anak, semakin banyaknya pemukiman kumuh, gelandangan dan pengemis, masalah kesehatan dan lain sebagainya.

Angka pengangguran yang cukup tinggi ini dipicu oleh berbagai faktor diantaranya, kualitas sumber daya manusia yang rendah, ketidakseimbangan antara tenaga kerja baru dengan lapangan kerja yang tersedia, adanya teknologi yang mampu menggantikan pekerjaan manusia, lapangan kerja yang tidak merata, belum  maksimalnya  upaya  pemerintah  dalam  memberikan pelatihan  untuk  meningkatkan kualitas sumber daya manusia, jumlah pengusaha dan investor yang masih sedikit dan adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dari perusahaan, terutama pada saat Indonesia dan seluruh dunia dilanda pandemi Covid-19  pada tahun 2020.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), angka pengangguran Indonesia mencapai 8,42 juta orang pada periode Agustus 2022, naik dari sebelumnya yaitu berjumlah 8,40 juta orang pada Februari 2022. BPS mencatat penduduk usia kerja kini berjumlah 209,4 juta orang, naik 2,71 juta orang. Dari jumlah tersebut, yang terserap menjadi angkatan kerja adalah 143,72 juta orang atau naik 3,57 juta orang dan bukan angkatan kerja sebanyak 65,70 juta orang atau turun 0,86 juta orang.

Berdasarkan data Organisasi Buruh Internasional (ILO) yang dihimpun Bank Dunia, tingkat pengangguran angkatan kerja usia 15-24 tahun atau pengangguran anak muda di Indonesia mencapai 16% pada 2021. Angka tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pengangguran anak muda tertinggi kedua di Asia Tenggara.

Angka ini juga lebih tinggi dari angka rata-rata pengangguran secara nasional. Ada begitu banyak lulusan sarjana maupun lulusan sekolah kejuruan dan menengah yang kesulitan mendapatkan pekerjaan di bursa kerja nasional.

Permasalahan yang begitu penting ini menjadi tugas berat bagi pemerintah di negara ini. Dalam mengatasi masalah pengangguran, terdapat beberapa upaya yang bisa dilakukan Pemerintah diantaranya, dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat dinilai dari aspek pengetahuan atau wawasan, keterampilan (skill) dan pengalaman. Saat ini, kualitas SDM rakyat Indonesia masih terbilang rendah dan kalah saing dari banyak negara lainnya. Oleh karena itu, peningkatan kualitas SDM perlu terus diupayakan melalui peningkatan kualitas pendidikan, pelatihan dan juga pelayanan kesehatan yang memadai sehingga dapat menghasilkan generasi muda yang memiliki kompetensi dan daya saing. Karena apabila investor lebih suka berinvestasi di negara lain yang memiliki pekerja dengan kualitas lebih baik, hal itu dapat menyebabkan hilangnya peluang terciptanya lapangan kerja di Indonesia. ***


Referensi:
https://www.kompasiana.com/vanesa44732/63ac1c3e08a8b576da32b422/belum-terselesaikannya-masalah-pengangguran-di-indonesia
https://www.indonesia-investments.com/id/keuangan/angka-ekonomi makro/pengangguran/item255?
https://www.cnbcindonesia.com/news/20221107114840-4-385639/total-pengangguran-di-indonesia-naik-jadi-842-juta-orang
https://pustaka.bunghatta.ac.id/index.php/405-pengangguran-usia-muda-tantangan-mencapai-bonus-demografi#:~:text=Mengutip%20data%20Organisasi%20Buruh%20Internasional,tertinggi%20kedua%20di%20Asia%20 Tenggara.