HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Pengangguran Dalam Ekonomi Bagi Dampak Sosial

Nour Azlina Radiyanti Mahasiswi Semester 1 Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang Lentera24.com - Penganggur...

Nour Azlina Radiyanti Mahasiswi Semester 1 Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang
Lentera24.com - Pengangguran ialah tenaga kerja perekonomian yang sebagaimana mecari pekerjaan, tapi belum tentu mendapatkan nya. Jika masyarakat memperoleh tingkat pendapatan maka tenaga kerja dapat diwujudkan. Pengangguran dapat menyebabkan dampak negatif, masalah pengangguran di kalangan muda dapat memperburuk berbagai masalah sosial dan juga kesehatan masyarakat.


Meningkatnya kemiskinan oleh penurunan perkembangan ekonomi dan juga gagal menjaga daya beli masyarakat. Ekonomi dapat berpengaruh merugikan kesehatan perorangan dan juga masyarakat, seperti kejadian depresi dan gangguan mental.
Adanya pengangguran maka tingkat produktivitas serta pendapatan masyarakat berkurang. Sehingga terjadilah kemiskinan serta masalah-masalah sosial.


Pengangguran juga berdampak negatif terhadap masyarakat atau lingkungan sekitar, disebabkan kurangnya kesempatan kerja yang kelesuan ekonomi dan hilangnya keterampilan kerja. Salah satunya ialah penyebab pengangguran di Indonesia yang perlu diperhatikan lainnya adalah adanya jumlah penduduk di Indonesia tidak dibarengi dengan perkembangan lapangan pekerjaan yang menyebabkan semakin banyak lulusan muda yang menganggur menunggu pekerjaan tersedia.


Pengangguran terhadap individu yang di alami masyarakat pada umumnya ialah pengangguran dapat menghilangkan ma ta pencaharian dan pengangguran dapat menghilangkan ketrampilan perorangan. 
Pengangguran dari ekonomi dapat meningkatkan jumlah kemiskinan, karena jika banyak yang menganggur dapat berdampak rendahnya pendapatan ekonomi. Pengangguran dari sosial dapat terjadi meningkatnya jumlah kemiskinan, dan banyaknya pengemis, gelandangan, serta pengamen. Hal itu di pengaruhi karena sulitnya mencari pekerjaan, maka banyak orang melakukan tindak kejahatan seperti mencuri,merampok , maka rendahnya kepercayaan diri, keputusasaan, dan akan menimbulkan depresi.


Jadi untuk mengatasi pengangguran ialah dibutuhkan perubahan keterampilan tenaga kerja dengan melakukan program pelatihan untuk bisa menyesuaikan dengan tuntutan yang baru sehingga dibutuhkan waktu lebih banyak. ***