HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Dumbek, Jajanan Khas Tuban

Eko Pitono Mahasiswa Semester 1 Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban Lentera24.com - Kuliner di setiap daerah di Indonesia memilik...

Eko Pitono Mahasiswa Semester 1 Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban

Lentera24.com - Kuliner di setiap daerah di Indonesia memiliki khas dengan karakteristik dari rasa tampilan hingga proses yang berbeda. Tuban juga memiliki beberapa makanan khas yang tentunya menarik untuk dicoba. Legen, Ampo, sampai Belut Rica adalah beberapa contoh kuliner khas Tuban. Namun Tuban juga memiliki kuliner lain berupa camilan atau jajanan yang berbentuk unik yaitu Dumbek. 

Dumbek.dok Lentera24.com
Kabupaten Tuban memiliki jajanan tradisional yang cukup populer di kalangan masyarakat. Bahkan jajanan yang dibungkus daun siwalan bernama lontar ini diminati hingga luar negeri yaitu Malaysia.


Dumbek itu namanya, makanan khas andalan di Bumi Wali salah satunya diproduksi di Dusun Kesamben Barat, Desa Kesamben, Kecamatan Plumpang.


Dumbek jajanan khas Tuban yang memiliki cita rasa manis, berbentuk memanjang yang di bungkus dengan daun lontar dan di bentuk menyerupai terompet. Bahan dari adonan Dumbek yaitu beras yang dihaluskan, gula merah, dan santan. Proses pembuatan Dumbek sendiri yaitu memasak adonan tersebut hingga mengental kemudian di masukkan ke dalam wadah yang tebuat dari daun lontar. Wadah dari dumbek sendiri merupakan daun lontar yang di bentuk melingkar panjang menyerupai terompet yang biasa di sebut urung.


Urung yang telah selesai dibuat, kemudian ditata di panci atau dandang besar. Kemudian adonan dimasukkan secara perlahan. Setelah semua adonan dimasukkan, Dumbek di dinginkan dengan kipas angin agar cepat kering tetapi masih hangat. Dan Dumbek siap di nikmati.


Dumbek Tuban sendiri banyak di buat oleh masyarakat daerah Desa Kesamben Kecamatan Plumpang. Di daerah ini, banyak pembuat Dumbek yang kemudian di jual di pasar atau langsung di rumah. Dumbek yang di jual sesuai ukuran dan isi. Harganya berkisar Rp 1.000 hingga Rp 2.000.


Eksistensi Dumbek sudah terkenal hingga luar pulau hingga manca negara. Menurut pembuat Dumbek, beliau sudah mengirim Dumbek ke Pulau Kalimantan hingga Malaysia. Hal ini tentu sangat membanggakan juga bagi Kabupaten Tuban. ***