HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Daun Kelor Pencegahan Stunting, Mahasiswa KKN-PK Ung Gelar Pelatihan Pembuatan Puding Ekstrak Daun Kelor

Lentera24.com |BONE BOLANGO     - Literasi gizi cegah stunting pada ibu-ibu di Desa Permata Kecamatan Tilongkabila “Pelatihan Pembuatan Pud...

Lentera24.com |BONE BOLANGO  - Literasi gizi cegah stunting pada ibu-ibu di Desa Permata Kecamatan Tilongkabila “Pelatihan Pembuatan Puding Daun Kelor” menjadi salah satu program inti Mahasiswa KKN Profesi Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo di Desa Permata Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango yang merupakan desa lokus stunting.


Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama atau malnutrisi kronik. “Karena banyak masyarakat yang belum tahu manfaat daun kelor, tugas kita sebagai Mahasiswa memperkenalkan segudang manfaat dari daun kelor salah satunya dapat mencegah stunting” ujar Rivaldi Suleman selaku Koordinator Desa.

Daun kelor kaya akan karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium dan kalium (A Dudi Krisnadi, 2015). Kandungan nutrisi yang lengkap pada daun kelor tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif sumber nutrisi lengkap yang dapat ditambahkan dalam pengolahan makanan bagi anak dalam masa pertumbuhan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa penggunaan 2-3 g daun kelor yang dicampurkan kedalam makanan balita yang mengalami gizi kurang dapat menaikkan bobot badan yang lebih tinggi dibanding balita yang diberi 1 butir telur per harinya (Zakaris et al., 2012).

Mahasiswa KKN-PK di Desa Permata melakukan demonstrasi pembuatan puding di depan ibu-ibu yang memiliki balita stunting. Kegiatan tersebut melibatkan kader kesehatan Desa Permata.

Program tersebut diharapkan mampu menambah informasi dan wawasan bagi ibu dan balita di Desa Permata mengenai sayuran dari daun kelor yang bermanfaat untuk mencegah stunting atau masalah kekurangan gizi dan sebagai referensi tambahan bagi ibu mengenai pemberian makanan tambahan (PMT) yang bergizi bagi balita. ***

Kordes : Rivaldi Ramadhan Suleman
Anggota :
1. Rivaldi Ursilu
2. Dwi Berliani Katili
3. Farazia AL Wantu
4. Rismawanti
5. Nadina RM Otolomo
6. Sitti N Djailani
7. Indah Joan Patamani
8. Chindy M Moodduto
9. Ayudia Veronika Tahaku
10. Rini Anggriyani S Mada
11. Anti Ulfatun Ni’mah
12. Febiyola Olii