HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Buah Siwalan Dan Legen Cirikas Tuban

Wahyu Adi Prastyo Mahasiswa Semester 1 Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban Lentera24.com - Kota Tuban Jawa Timur terkenal dengan ...

Wahyu Adi Prastyo Mahasiswa Semester 1 Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban
Lentera24.com - Kota Tuban Jawa Timur terkenal dengan sebutan Kota wali ataupun ada yang menyebut Kota Toak. Tak heran pula jika kota Tuban banyak dikunjungi wisatawan lokal bahkan wisatawan asing karena memiliki ciri khas yang berbeda dengan kota lainnya di Jawa Timur.Selain sering dijuluki sebagai Tuban Bumi Wali, Tuban juga dijuluki sebagai kota seribu Goa, di Tuban juga terdapat beberapa Goa antara lain Goa Akbar, Goa Putri Asih, Goa Kancing, Goa Ngerong dan masih banyak Goa yang lainnya. 
Buah Ental atau Siwalan
Di sekitar Goa akbar dan makam para wali yang ada di Tuban banyak kita jumpai pedagang yang menjual buah khas dari Kota Bumi Wali ini yaitu Buah Lontar atau dalam bahasa orang Tuban disebut "Ental" dan tidak hanya disekitaran makam para Wali yang ada di Tuban para pedangan Siwalan dan Legen banyak kita jumpai disepanjang jalan Manunggal selatan. 

Buah Ental atau Siwalan ini sering dicari oleh wisatawan lokal maupun wisatawan Asing. Karena Buah Siwalan atau Ental memiliki rasa yang manis dan segar sangat banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan yang sudah terbukti khasiatnya sejak jaman nenek moyang.

Kulit Ari Buah Ental atau Buah Siwalan ini bisa mengobati Demam pada Balita. Daging buah siwalan utamanya yang masih muda yang agak kenyal memiliki kandungan karbohidrat, ada sukrosa, glukosa, dan air, tetapi hanya sedikit lemak. Diperlukan untuk metabolisme tubuh sebagai sumber energi.

Ada juga minuman yang dihasilkan oleh siwalan ini yaitu legen. Legen sangat banyak mengandung nutrisi yang lengkap seperti gula,protein,lemak dan mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan mikroba.Selain rasanya yang segar legen dari pohon siwalan dipercaya juga bisa membantu kesehatan fungsi Ginjal yang bisa mengobati impotensi dan menambah air mani.
***