HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Tips belajar Ala Islam

Inna Zulfa Maula Mahasiswi Semester 3  Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.  Lentera2...

Inna Zulfa Maula Mahasiswi Semester 3  Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. 

Lentera24.com - Hai para pelajar muslim dan muslimah, bagaimana nih masih semangat belajar kan ? ya harusnya karena belajar merupakan kewajiban bagi seorang muslim atau muslimah dari sejak ia lahir yang berada dalam pangkuan sampai masuk ke dalam liang lahat atau mati. 


Nah, begitu pentingnya belajar bagi umat Islam maka si mimin imut akan memberikan tips agar belajar kita sesuai dengan etika menurut pandangan Islam yang mana tentunya untuk mengharapkan Ridho dari Allah Sang Maha Pemilik Ilmu. 


Seperti yang diketahui bersama, kurikulum di sekolah sangat kaya dan efisien. Di sekolah ada banyak kegiatan yang dapat membantu anak-anak dalam upaya masa depan mereka. Sementara nilai bagus dan keunggulan akademik memiliki peran besar dalam masa depan anak, mengetahui bagaimana berperilaku, memahami apa yang benar dan salah, sangat penting dipelajari anak untuk bertahan hidup di dunia yang kompetitif dan terkadang bisa kejam.


Sayangnya, ada beberapa aturan etika dasar dan tata krama yang hampir tidak diajarkan kepada anak-anak di sekolah. Karena itu, penting bagi setiap orangtua untuk mengajarkan beberapa etika utama pada anak sebelum masuk sekolah. Apa saja etika tersebut? Berikut rangkuman selengkapnya. 


Pertama, sungguh-sunguh dalam niat, kita harus benar-benar memiliki niat atau kemauan belajar yang baik dan benar diantaranya  menghilangkan kebodohan, menjalankan salah satu perintah Allah.


Kedua, sungguh-sungguh dalam berdoa, sebagai pelajar selain berusaha dalam belajar, tidak lupa untuk selalu berdoa, meminta pertolongan Allah agar dalam belajar diberi  kemudahan dalam memahami, ekonomi orang tua, dan lain-lain.


Ketiga, :sungguh-sungguh dalam belajar, bagian ini juga penting loh ukhti, akhi karena sebagai  seorang pelajar otomatis pekerjaan yang menjadi kewajiban kita adalah belajar dengan sungguh-sungguh, benar-benar belajar semaksimal mungkin.


Keempat, rendah hati apabila memiliki banyak ilmu, setelah memilliki ilmu, setelah kita bisa merasakan bangku pendidikan di formal atau non formal sikap kita ya tetap rendah hati maksudnya tidak sombong, tidak merendahkan orang lain , tidak mengejek orang yang belum pernah sekolah atau tidak mampu sekolah, dan lain-lain 


Kelima, waktu belajar hendaknya pada malam hari, ya akhi atau ukhti bisa mengambil waktu setelah sholat maghrib, isya atau ketika waktu sepertiga malam yakni waktu sahur gitu.


Keenam, menjaga diri dari segala sesuatu yang haram, segala sesuatu yang dibenci dan  dilarang oleh Allah yang sudah diajarkan dalam islam oleh Nabi kita tercinta Nabi Muhammad SAW.


Ketujuh, meninggalkan sifat malas, maksudnya sifat menunda-nunda pekerjaan dirumah atau disekolah  seperti; menunda-nunda PR, tugas mandiri, kelompok, dan lain-lain.


Nah itu saja yang dapat mimin imut berikan atau share ke kalian seorang pelajar, kurang dan lebihnya tulisan ini mimin meminta maaf. Semoga bermanfaat tetap semangat. ***