HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Teknologi Memudahkan Pemuda Mencapai Tubuh Ideal

Dimas Raya Nugraha Mahasiswa Semester Fakultas Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Malang Lentera24.com - Pada zaman sekarang teknolog...

Dimas Raya Nugraha Mahasiswa Semester Fakultas Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Malang

Lentera24.com - Pada zaman sekarang teknologi-teknologi sudah jauh berkembang, terutama dalam sector gadget dan media sosial. Media sosial saat ini sangat menguasai waktu dari pemuda-pemuda, rasanya mustahil pemuda-pemuda tidak membuka media sosial di kehidupan sehari harinya. Media sosial sendiri dipakai oleh orang-orang dalam mengerjakan dan mencari banyak hal seperti berjualan, mencari informasi, dan aktivitas lain baik dalam kehidupan sehari hari atau aktivitas bekerja (Indika, D, R, & Jovita, C. 2017).

Media sosial dan gadget sangat memanjakan kalangan masyarakat baik dari yang muda hingga tua. Media sosial merupakan seperunggu alat koneksi dalam berbicara atau berkontak serta merupakan inovasi baru dalam berinteraksi yang menciptakan hal hal yang tidak terjadi di zaman sebelumnya dalam kehidupan masyarakat. Tentunya gadget sendiri memiliki efek negatif dan juga memiliki efek positif. Salah satu efek positifnya ialah dengan menggunakan gadget, masyarakat jadi lebih mudah dalam berinovasi untuk memperbaiki kehidupan mereka menjadi lebih baik (Rosiyanti, H, & Muthmainnah, R, N. 2018).

Beruntungnya anak muda zaman sekarang cukup banyak yang memanfaatkan media sosial ini untuk hal positif, salah satunya belajar membentuk tubuh ideal melalui media sosial. Anak muda memanfaatkan media sosial sebagai laman pembelajaran seperti TikTok, Instagram, dan Youtube untuk menonton para pelatih Gym atau olahraga. Mereka terdorong melakukan olahraga karena sering menonton konten-konten olahraga yang ada di situs-situs yang tadi sudah disebutkan. Pada media sosial sendiri konten-konten yang ada di dalamnya sepenuhnya milik akun pengguna (Setiadi, A. 2015). Sehingga sangat cocok bagi konten creator memanfaatkan ilmunya dalam mengajari pemuda dalam berolahraga. Tentunya ini akan berdampak positif bagi pemuda-pemuda, sehingga mereka bisa memperbagus badan mereka.


Membentuk Badan Ideal

Mempunyai badan ideal terlebih lagi berotot adalah dambaan banyak orang. Poin utama dalam membentuk badan ideal ialah dengan gaya pola hidup sehat. Pola hidup sehat sendiri merupakan gaya hidup dimana seseorang mengukur semua kegiatan yang berdampak baik bagi kesehatannya (Handoko, I, J, Palit, H, N, & Liliana. 2020). Membentuk badan menjadi ideal tentunya tidak mudah, banyak rintangan yang harus dilakukan dan dihadapi. Butuh usaha dan waktu yang sangat lama dalam membentuk badan ideal. Poin penting lainnya dalam prinsip ini ialah konsisten, karena jika tidak dilakukan secara konsisten maka tidak akan ada hasilnya. Tentunya salah satu kegiatan yang utama dalam membentuk badan menjadi ideal ialah dengan olahraga.

Olahraga yang cocok untuk menurunkan berat badan salah satunya ialah olahraga aerobik. Olahraga yang tepat dalam membentuk badan ideal dari gemuk ke ideal adalah olahraga aerobic (Pratiwi, R. 2013). Olahraga aerobik sendiri merupakan olahraga kardio contohnya berlari, berenang, bersepeda, dan lain-lain. Olahraga kardio cocok menurunkan berat badan dikarenakan memakan banyak kalori sehingga bisa membakar kalori dan membuat tubuh kita agak mengurus atau lebih tepatnya berat badan kita akan turun. Selain berolahraga, mengatur pola makan juga penting dalam membentuk tubuh ideal. Jika ingin menguruskan badan maka diharuskan menjaga pola makan dan defisit kalori, tidak boleh mengkonsumsi makanan hingga melebihi kalori harian tubuh. Kalori harian laki-laki dan perempuan itu berbeda, kalori harian laki laki itu sebanyak 2500kkal sedangkan untuk perempuan itu sebesar 2000kkal.

Jadi harus membatasi mengkonsumsi makanan supaya tidak melebihi angka-angka tersebut, jika ingin menurunkan berat badan menjadi lebih ideal. Sedangkan olahraga yang cocok untuk menambahkan berat badan ialah olahraga angkat beban. Angkat beban sangat cocok untuk remaja-remaja yang ingin menambah berat badan atau bahasa lainnya bulking karena angkat beban bisa menambah massa otot menjadi lebih kuat. Angkat beban sendiri harus dibarengi oleh pola makan yang banyak dan sering. Minimal harus mengkonsumsi makanan 5 sampai 6 kali dalam sehari. Itu dilakukan untuk mensurplus kalori harian agar bisa menambah berat badan.


Hal Yang Harus di Hindari

Hal pertama yang harus dihindari ialah pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup yang tidak sehat merupakan hal yang harus dihindari dalam membentuk tubuh ideal. Kesehatan sangat penting dalam menjalani program pembentukan tubuh ideal. Kesehatan memiliki nilai yang besar harganya, dikarenakan semua orang ingin melindungi dirinya serta kesehatannya (Ragilia, R, W. 2017). Orang yang ingin hidup serba simple dan jauh dari kata teratur dalam kurun waktu yang lama akan mudah terkena pola hidup tidak sehat, menjadi culas, atau bahkan bisa kehilangan kendali dari dirinya sendiri (Suharjana, 2012).

Serta yang kedua sudah disebutkan tadi, dalam melakukan program ini diperlukan kekonsitenan. Jika program ini dilakukan secara tidak konsiten, maka sia-sia upaya yang dilakukan. Yang ketiga ialah tidak menjaga pola makan dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Sama halnya seperti kita makan sesuatu untuk mengisi perut kita. Tentunya makan satu kali tidak akan membuat perut kita terus kenyang, pasti akan lapar kembali. Sering mengabaikan makan bagi yang ingin menambahkan berat badan, dan sering berlebihan mengkonsumi makanan bagi yang ingin menurunkan berat badan. Hal ini tentunya sangat menghambat seseorang dalam membentuk tubuh ideal. Selain itu, kita juga harus menjaga nutrisi tubuh kita. Percuma jika kita berolahraga tapi tidak memenuhi nutrisi tubuh. Yang didapat hanya letih dan buang buang waktu saja. Karena tubuh dan otot sendiri memerlukan nutrisi supaya dapat beregenerasi membentuk tubuh yang ideal dan otot yang baru serta lebih kuat. Serta yang terakhir ialah tidur yang tidak teratur, normalnya manusia tidur sekitar 7 sampai 8 jam dalam sehari. Jika pola tidur kurang mencukupi tentu akan menghambat program ini. Karena otot dan tubuh juga butuh istirahat, bahkan waktu otot beregenerasi itu disaat seseorang itu tertidur. Jika waktu tidur seseorang terpenuhi maka akan menghambat otot dalam beregenerasi ke otot yang baru dan tentunya lebih kuat.

Berdasarkan opini diatas dapat disimpulkan, bahwa teknologi dapat membawa efek positif bagi anak muda. Serta anak muda pun memanfaatkan teknologi tersebut ke hal yang positif. Dimana anak muda berlomba lomba membentuk otot dan tubuh ideal untuk memperbaiki penampilan mereka. Pastinya banyak tantangan yang harus dihadapi dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk melaksanakan program tersebut. Butuh ketekunan dan konsisten dalam melakukannya, bukan hanya keinginan dan niat semata. Serta anak muda harus menjaga pola hidup sehat dan menjaga pola tidur mereka supaya program yang mereka jalani membuahkan hasil. ***