HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Bengkalis Alami Perkembangan Cukup Baik Sejak 2021

Nadra Sagita Mahasiswi Semester 1 Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Prodi Ekonomi Syariah STAIN Bengkalis Lentera24.com - Bupati Bengkali...

Nadra Sagita Mahasiswi Semester 1 Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Prodi Ekonomi Syariah STAIN Bengkalis

Lentera24.com - Bupati Bengkalis Kasmarni mengungkapkan kondisi perekonomian dan sosial Kabupaten Bengkalis saat ini, telah mengalami perkembangan yang cukup baik. Hal ini dapat dinilai dari capaian indikator makro Kabupaten Bengkalis tahun 2021.


“Pertumbuhan ekonomi Kabupaten tahun 2021 telah tumbuh positif dengan migas sebesar 0,51% dan tanpa migas sebesar 4,7% dari sebelumnya -3,31% dengan migas dan tanpa migas -0,3% di tahun 2020,” ujar Kasmarni dalam sambutannya, pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023.


Dikatakan, kondisi tersebut merupakan capaian terbaik sejak 10 tahun terkahir. Begitu juga halnya dengan tingkat pengangguran terbuka yang semakin menurun dan indeks gini ratio yang semakin membaik.


"Capaian ini memberikan sinyal bahwa program dan kegiatan yang digulirkan Pemerintah Kabupaten, memiliki daya ungkit bagi pergerakan perekonomian masyarakat dan sebagai shock absorber dari dampak pandemi Covid-19,” ujarnya.


Dalam menyusun arah dan kebijakan pembangunan yang berorientasi pada kebutuhan riil masyarakat Kabupaten Bengkalis, Kasmarni mengatakan, Pemerintah kabupaten Bengkalis berpijak pada visi dan misi serta delapan program unggulan yang telah ditetapkan. Oleh karenanya ia mohon dukungan semua pihak, karena dengan bersama-sama, yang berat akan menjadi ringan dan yang susah tentunya akan menjadi mudah.


Kasmarni mengatakan, pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan meningkat pada tahun 2023 seiring membaiknya kondisi perekonomian global dan pandemi Covid-19 yang mulai mereda. Target pertumbuhan ekonomi nasional dan provinsi juga memberikan stimulus bagi berkembanganya perekonomian Kabupaten Bengkalis.


Sebenarnya pertumbuhan ekonomi dan keuangan Kabupaten Bengkalis sudah mengalami perkembangan sejak 2018, dan data yang mengatakan hal tersebut tercatat pada laman BPS kabupaten Bengkalis. Tetapi pada tahun berikutnya tepat pada 2019, pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan tak terkecuali Kabupaten Bengkalis pada saat itu. Yang menyebabkan menurunnya pertumbuhan ekonomi hingga awal 2021.


Tetapi Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatat bahwa perekonomian kabupaten Bengkalis pada tahun 2020 merupakan yang terbesar di Riau. Tercatat bahwa produk domestik regional bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (ADHB) di kabupaten Bengkalis mencapai Rp 115,88 triliun pada 2020. Nilai tersebut setara dengan 15,82% dari total PDRB ADHB seluruh kabupaten/kota di Riau yang sebesar Rp 732,69 triliun.

 

Kenaikan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bengkalis baik pada sektor migas dan non-migas pada tahun 2023 juga didorong meningkatnya produksi minyak dan harga minyak dunia serta harga komoditas ekspor andalan seperti CPO. “Peningkatan laju ekonomi juga akan memicu terbukanya lapangan pekerjaan sehingga tingkat pengangguran diproyeksi juga akan mengalami penurunan,” ujarnya. Adapun tema dan prioritas pembangunan Kabupaten Bengkalis tahun 2023 adalah meningkatkan perekonomian masyarakat, memajukan pertanian, perkebunan, industri, perdagangan dan pariwisata yang didukung oleh tersedianya pelayanan dasar untuk kesejahteraan.

 

Terlebih lagi pada tahun 2022 ini Bupati Bengkalis Kasmarni mendukung adanya pelaku usaha ekonomi kreatif yang tujuannya untuk mewujudkan ekonomi yang semakin maju untuk masyarakat kabupaten Bengkalis. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat terbukanya lapangan pekerjaan sehingga angka pengangguran akan mengalami penurunan. Supaya pertumbuhan ekonomi semakin bertambah setiap tahunnya, bukan malah berkurang.


Sementara itu, kepala Bappeda Bengkalis, Rinto berharap untuk kedepannya diskusi yang melibatakan ekonomi kreatif ini cakupannya lebih besar lagi sehingga akan melibatkan banyak pemangku yang berkepentingan untuk berkontribusi dalam hal tersebut. “Sehingga kedepannya menjadi salah satu bumper terdepan perekonomian di kabupaten Bengkalis”, harap Rinto. Semoga dengan banyak nya dukungan bisa terwujud kesejahteraan dan semakin meningkatkan perekonomian bagi masyarakat kabupaten Bengkalis untuk tahun 2023 mendatang.***