HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Di Coffe Shop

Oleh Yayuk Niswatin Nikmah Program Studi  Akuntansi Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang Lentera24.com - Penampilan (struktu...

Oleh Yayuk Niswatin Nikmah Program Studi  Akuntansi Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang

Lentera24.com - Penampilan (struktur) merupakan faktor yang sangat mempengaruhi kinerja organisasi. Karena pengaturannya tentang aliran material dan pergerakan produk, informasi, kenyamanan kerja dan umpan balik pelanggan. Aspek efisiensi dan efektivitas membantu perusahaan mencapai tujuannya dan beradaptasi dengan berbagai perubahan.

Pada sebuah coffe shop jasa yang mengutamakan pelayanan, seperti B. Cafe, pengaturan tersebut tidak hanya memudahkan bisnis, tetapi juga mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, penempatan mesin dan peralatan, peralatan penanganan material, penyimpanan material dan komponen rakitan, stasiun kerja manusia dan fasilitas lain yang mendukung proses pelayanan harus direncanakan dengan baik sejak awal di bangunnya sebuah coffe shop. Coffe shop ini memperhitungkan pembongkaran mesin pembuatan kopi dan fasilitas pelayanan, efisiensi biaya, dan perubahan preferensi pelanggan.

Salah satu bisnis yang membutuhkan denah lantai yang baik adalah coffe shop. Konsumen mengunjungi coffe shop tidak hanya untuk menikmati makanan dan minuman yang ditawarkan, tetapi juga untuk menikmati suasana kopi. Oleh karena itu, perusahaan harus merancang tata letak yang memberikan pengalaman yang nyaman dan menyenangkan bagi konsumen. Tujuan dari perjanjian tersebut adalah untuk menciptakan pengaturan keuangan yang memenuhi kebutuhan perusahaan pesaing. Bagaimanapun, perencanaan acara harus mempertimbangkan bagaimana mencapai:

a. Sebuah Pemanfaatan ruang, peralatan, dan personel yang lebih tinggi.

b. Aliran Informasi, barang, atau orang yang lebih baik.

c. Interaksi yang lebih baik dengan pelanggan.

A. Pentingnya penataan dan pergerakan material

Manfaatnya adalah peningkatan volume produksi, pengurangan waktu tunggu, pengurangan proses transfer, penghematan penggunaan area produksi dan layanan, peningkatan penggunaan mesin, tenaga kerja dan fasilitas produksi. Selain itu, risiko terhadap kesehatan dan keselamatan, moral dan kepuasan kerja ditingkatkan, tindakan pengendalian disederhanakan, kemacetan dan kebingungan dikurangi, dan faktor-faktor yang dapat membahayakan dan mempengaruhi kualitas bahan baku atau produk jadi berkurang.

B. Tujuan desain tata letak 

Tata letak dan pergerakan material mempengaruhi produktivitas dan hasil dibandingkan dengan faktor lainnya. Selain itu, penggunaan material memiliki dampak yang signifikan, karena 50% menyebabkan kerusakan selama proses produksi dan menyumbang 40% hingga 80% dari seluruh biaya operasional. Tata letak dan pengolahan merupakan hubungan yang tidak dapat dipisahkan dalam pelaksanaannya. Secara umum, tujuan utama dari layout design adalah untuk mengatur area kerja dan semua fasilitas produksi yang ada dalam proses produksi kafe yang paling ekonomis, aman, nyaman, efektif dan efisien. Selain itu, perencanaan tata letak juga bertujuan untuk mengembangkan penggunaan bahan yang baik, penggunaan ruang yang efisien, perawatan yang mudah serta meningkatkan kemudahan dan kenyamanan lingkungan kerja.

C. Tata letak coffe shop  yang baik memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

1. Meningkatkan kinerja

Secara umum, tata letak yang baik menawarkan hasil yang lebih tinggi dengan biaya tenaga  kerja yang lebih rendah atau sama dan jam kerja yang lebih sedikit bagi karyawan.

2. Memperpendek jarak pergerakan barang

Itu harus selama pengangkutan barang atau bahan. Mulai dari bahan baku, melalui tahap awal pemesanan, pengangkutan produk setengah jadi hingga pengiriman barang pesanan ke konsumen.

3. Mengurangi resiko kecelakaan kerja

Perencanaan tata letak yang baik juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi karyawan yang terlibat. ***