HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Menjelang Natal Dan Tahun Baru, Pelabuhan Roro Hanya Beroperasi 1 Dermaga

Nabilla Risdayani Mahasiswi Semester 1 Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Prodi Ekonomi Syariah STAIN Bengkalis Lentera24.com - Menjelang NA...

Nabilla Risdayani Mahasiswi Semester 1 Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Prodi Ekonomi Syariah STAIN Bengkalis
Lentera24.com - Menjelang NATARU (Natal dan Tahun Baru), Dinas Perhubungan (Dishub) mengeluarkan surat edaran kepada masyarakat Bengkalis. Dalam surat tersebut dinyatakan Dermaga 1 Pelabuhan Penyeberangan Roro Air Putih kembali ditutup, berlaku sejak tanggal 6-25 Desember yang terjadi kurang lebih selama 20 hari. Mengingat adanya perbaikan yang dilakukan pada dermaga 1.


Penutupan tersebut merupakan kelanjutan dari pekerjaan konstruksi tiang dolphin dermaga 1 pelabuhan penyeberangan Roro di Desa Air Putih, Kecamatan Bengkalis yang sebelumnya telah dilakukan perbaikan  pada  30 Mei 2022 yang lalu.


Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, Agus Syofyan melalui Sekretaris Fahrizal, pada Rabu, 7 Desember 2022 mengatakan,“Kami mohon maaf kepada pengguna jasa penyeberangan atas ketidak nyamanan yang ditimbulkan.”


Sebelumnya, berdasarkan surat dari rekanan, yang meminta izin kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis untuk menangguhkan sementara pelabuhan Roro dalam rangka pekerjaan tiang dolphin.


“Penutupan Dermaga 1 ini merupakan bagian dari pekerjaan pemancangan tiang lumba-lumba yang telah selesai sebelumnya,” kata Fahrizal, dilanjutkan dengan merangkai tiang lumba-lumba yang satu dengan yang lainnya sehingga menjadi satu kesatuan untuk sandar kapal.


Keadaan ini menimbulkan gangguan pada penyeberangan, sehingga mengakibatkan antrian kendaraan yang cukup padat. Oleh karena itu, Dishub Bengkalis meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Dengan adanya informasi ini, diharapkan bagi yang ingin menyeberang  dapat mengantisipasi dan merencanakan perjalanan nya.


Tahap pengerjaan akan dimulai dari tanggal 6 hingga 25 Desember. Namun, Dishub Bengkalis berharap perbaikan ini bisa selesai sebelum tanggal 25 Desember, sehingga penyeberangan khusus Natal dan Tahun Baru di pelabuhan Roro itu bisa beroperasi secara normal.


Selama penutupan dermaga 1 Air Putih, hanya dermaga 2 yang akan beroperasi. Kemudian dua hingga tiga armada Roro yang akan beroperasi di rute Air Putih – Sei Selari. Dengan lebih sedikit pelabuhan Roro yang beroperasi, perubahan rencana perjalanan yang sudah ditetapkan secara teratur atau biasanya dapat disesuaikan.


Upaya khusus dilakukan untuk tetap melayani kedua dermaga tersebut pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Mengingat kondisi penyeberangan dari dan ke Bengkalis biasanya ramai pada hari-hari tersebut. Hal ini sudah dikoordinasikan dengan mitra dan bagaimana pengaturannya secara teknis dan di lapangan akan dikoordinasikan oleh Kepala UPT Penyeberangan Bengkalis.


Jika perbaikan ini belum selesai, kemungkinan akan terjadi antrian yang cukup padat. Diperkirakan dimulai dari tanggal 23 Desember hingga 2 Januari 2023 mendatang, yang dimana pelabuhan Roro akan mengalami kepadatan antrian.


"Semoga perbaikan dermaga sebelahnya cepat selesai, jadi warga tidak perlu mengantri lama-lama seperti ini," kata Usman.***