HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Makna Budaya dalam Komunikasi antar Budaya

Sabar Kasih Zalukhu Mahasiswa Semester 5 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Akuntansi Universitas Pamulang Lentera24.com - Komunikas...

Sabar Kasih Zalukhu Mahasiswa Semester 5 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Akuntansi Universitas Pamulang

Lentera24.com - Komunikasi antar budaya adalah beberapa orang yang berbeda etnik dan ras, urusan urusan mereka berkaitan dengan organisasi, dengan berlangsung dengan tatap muka atau tanpa media dalam sebuah situasi atau konteks tertentu.


Komunikasi antar budaya melibatkan berbagai peserta komunikasi yang berasal dari latar belakang kebudayaan yang berbeda-beda dalam sebuah ruang yang sangat luas. Oleh karena itu salah satu kunci untuk menentukan komunikasi antar budaya yang efektif adalah pengakuan terhadap faktor-faktor pembeda atau kelompok kategori yang memiliki kebudayaan tersendiri.


Komunikasi dan kebudayaan merupakan dua konsep yang tidak dapat dipisahkan. Ini suatu pusat perhatian studi komunikasi pola-pola tindakan, dan bagaimana makna serta pola itu di artikulasi dalam sebuah kelompok sosial, kelompok budaya kelompok politik, proses pendidikan, bahkan lingkungan teknologi yang melibatkan interaksi antar manusia.


Ada beberapa cara untuk melakukan komunikasi antar budaya yaitu

1. Dengan negosiasi untuk melibatkan manusia di dalam pertemuan antar budaya yang membahas satu tema yang sedang dipertentangkan.

2. Melalui pertukaran sistem simbol yang tergantung dari persetujuan antar subjek yang terlibat dalam komunikasi, sebuah keputusan dibuat untuk berpartisipasi dalam proses pemberian makna yang sama

3. Sebagai pembimbing perilaku budaya yang tidak terprogram namun bermanfaat karena mempunyai pengaruh terhadap perilaku kita

4. Menunjukkan fungsi sebuah kelompok sehingga kita dapat membedakannya dari kelompok lain atau dinamika yang identitas dan perbedaan kerja untuk membentuk satu kelompok dan mengidentifikasi dengan berbagai cara.


Jadi pengertian komunikasi antar budaya dapat disimpulkan bahwa proses komunikasi antar pribadi merupakan interaksi antar pribadi dan komunikasi antar pribadi yang dilakukan oleh beberapa orang yang memiliki latar belakang kebudayaan yang berbeda. Dari pengertian tersebut proses komunikasi antar budaya bawah semakin besar derajat perbedaan antar budaya maka semakin besar pula kita kehilangan peluang untuk meramalkan sesuatu tingkat kepastian. 


Ada beberapa konsep yang berkaitan dengan komunikasi antar budaya antara lain : Etnik, Ras, Etnosentrisme, Prasangka, Multikulturalisme, Keragaman budaya, Komunikasi antar Budaya, Komunikasi antar Etnik dan Ras, Komunikasi Internasional,dan komunikasi lintas Budaya.


Beberapa peran penting untuk mempelajari komunikasi antar budaya antara lain :              a). Membuka diri dan memperluas pergaulan. b). Tentang kesadaran diri c). Memiliki etika atau etis yang baik d). Mendorong perdamaian dan meredam konflik. ***