HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Komunikasi Dalam Bisnis Digital di Pasca Pandemi

Meylinda Nur Azizah Mahasiswi Semester 5 Mata Kuliah Komunikasi Bisnis Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang Lentera...

Meylinda Nur Azizah Mahasiswi Semester 5 Mata Kuliah Komunikasi Bisnis Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

Lentera24.com - Kalian sudah tidak asing lagi bukan dengan apa itu komunikasi ? komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antar individu baik melalui suatu sistem yang lazim, simbol-simbol, sinyal-sinyal, mapun perilaku atau tindakan. Komunikasi bukan hanya sekedar bagaimana pesan tersampaikan tetapi juga kesan atau respon yang didapat oleh komunikan.

Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu tidak bisa lepas dari komunikasi. Dimana komunikasi merupakan bagian terpenting dari interaksi manusia dan pasti akan selalu terjadi. Manusia sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, membuat manusia saling membutuhkan dan saling bergantung satu sama lain. Oleh karena itu, komunikasi menjadi sangat penting dalam keberlangsungan kehidupan kita.

Komunikasi memang kerap kali di terapkan di kehidupan sehari-sehari. Bentuk komunikasi tidak hanya komunikasi verbal saja, melainkan komunikasi non-verbal. Komunikasi kita gunakan baik keluarga, pertemanan, sekolah, kerja atau profesionalitas, hingga dunia bisnis. Contoh komunikasi verbal dalam bisnis adalah surat lamaran kerja ataupun surat pengunduran diri. Jadi apa itu komunikasi bisnis? Komunikasi bisnis adalah proses berbagi informasi mengenai bisnis yang dilakukan antara orang di dalam dengan di luar bisnis guna tercapainya suatu tujuan. Komunikasi bisnis yang efektif adalah cara karyawan dan manajemen atau sebaliknya yang berinteraksi untuk mencapai tujuan bisnis. 

Menurut Ahli, Katz, komunikasi bisnis merupakan suatu pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersial. Artinya, komunikasi tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan untuk terjadi perdagangan.

Pada laporan terbaru e-Conomy SEA memproyeksikan ekonomi digital Indonesia akan mencapai gross merchandise value (GMV) senilai US$ 77 miliar pada 2022, tumbuh 22% selama setahun terakhir. Hingga tahun 2025, ekonomi digital diproyeksikan mencapai US$ 130 miliar, tumbuh dengan compound annual growth rate (CAGR) sebesar 19%, dan hingga 2030 diperkirakan akan tumbuh lebih dari tiga kali lipat di kisaran US$ 220-360 miliar.

Laporan e-Conomy SEA ini menggabungkan data dari Google Trends, data dari Temasek, dan analisis dari Bain & Company, selain juga memadukan informasi dari berbagai sumber di industri dan wawancara dengan para ahli.

Di Indonesia, sektor e-commerce terus mendorong ekonomi digital dan nilainya diperkirakan akan mencapai US$ 59 miliar pada 2022. Meskipun aktivitas belanja offline kini mulai kembali tumbuh, sektor e-commerce menyumbang 77% dari keseluruhan ekonomi digital.

Pada data diatas kita bisa simpulkan bahwa kenaikan komunikasi bisnis kini perkembangannya semakin pesat, kenapa? Karena setiap orang melakukan komunikasi bisnis atau bertukar informasi menggunakan komunikasi digital yang baik agar bisnis tersebut dapat mencapai tujuannya.

Berdasarkan data tersebut, dapat dikatakan bisnis dan komunikasi adalah dua hal yang saling berkaitan. Mengapa? Dengan berbisnis maka kita akan punya suatu misi yang akan diselesaikan dengan menggunakan suatu komunikasi yang baik dan benar agar bisnis tersebut dapat mencapai sesuai tujuan.

Adapun manfaat komunikasi dalam bisnis

diantaranya:

• Mengatasi miskomunikasi

• Mendorong produktivitas pegawai

• Meningkatkan komunikasi antar departemen

• Mendukung upaya berbagi pengetahuan

• Meningkatkan kepuasan dan retensi konsumen

• Membangun budaya bisnis yang lebih baik

• Sebagai upaya membangun citra perusahaan di mata masyarakat

• Meningkatkan keberhasilan bisnis perusahaan

Jadi komunikasi bisnis yang baik sangatlah penting karena untuk mendukung tercapainya tujuan usaha. Jika seorang pengusaha memiliki keahlian dalam berkomunikasi, ini akan menjadi alat yang sangat efektif untuk memikat pelanggan. 

Para ahli mengemukakan bahwa komunikasi bisnis merupakan suatu komunikasi yang dilaksanakan di dunia bisnis. Keberhasilan komunikasi di dalam suatu bisnis akan ditentukan oleh kesamaan pemahaman antara-orang yang terlibat dalam kegiatan komunikasi.***