HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Determinisme Teknologi Masyarakat Dalam Media Sosial

Silvia Zahra Agestria Mahasiswa Semester 5  Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Program Studi Akuntansi  Universitas Pamulang Lentera24.com - Pe...

Silvia Zahra Agestria Mahasiswa Semester 5 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Akuntansi Universitas Pamulang

Lentera24.com - Perkembangan teknologi melahirkan media baru dalam masyarakat sehingga memunculkan tren dan gaya hidup dari sisi budaya dan komunikasi yang berbeda dari yang sebelumnya. Kehadiran media sosial mengubah cara berkomunikasi dan budaya masyarakat menjadi lebih transparan, inovatif, dan kreatif. Determinisme teknologi dan media sosial saling berkaitan satu sama lain dan mempengaruhi masyarakat dalam kehidupannya.

Kehadiran teknologi tak pelak memberikan pengaruh sangat besar dalam kehidupan manusia. Manusia menggunakan teknologi dan dikelilingi teknologi hampir dalam setiap gerak kehidupannya (Morissan, 2013:486). Media komunikasi saat ini makin berkembang maju sejalan dengan perkembangan hidup manusia. Apalagi dengan hadirnya teknologi informasi dan komunikasi dalam era globalisasi telah menjadikan dunia mengecil dan tanpa batas dari segi komunikasi manusia. Ketika media baru memasuki suatu organisasi, aturan konsumsi media cenderung untuk berubah. Secara otomatis cara hidup yang sudah ada harus ikut berubah, karena teknologi juga mengenalkan kita cara baru untuk hidup, sebagaimana membangun budaya baru dalam suatu jaringan komunikasi.

Media baru mungkin akan membuat perubahan dalam hubungan antar manusia, menggantikannya dengan transaksi komputer, ataupun meninggalkan media komunikasi lama seperti tatap muka dan telepon. Fenomena ini pun telah menciptakan penggunaan media baru dalam masyarakat. Salah satunya adalah internet yang merupakan suatu inovasi yang tengah populer saat ini dan merupakan media komunikasi yang cepat dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat berbanding media konvensional diseluruh negara-negara didunia. Perkembangan teknologi komunikasi tak akan pernah bisa berhenti. Perkembangan ini terjadi sejak zaman dahulu hingga saat ini.

Media Sosial
Media sosial adalah tempat, alat bantu, layanan yang memungkinkan individu untuk mengekspresikan diri mereka untuk bertemu dan berbagi dengan rekan lainnya melalui teknologi internet. Selain itu, media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.

Determinisme Teknologi
Determinasi adalah suatu paham yang menganut tentang seluruh kejadian yang ada di masa lalu mempengaruhi apa yang ada di masa depan dan sering kali hal tersebut datang atau mempengaruhi tanpa disadari oleh masyarakat (Definiton of Determinism).

Determinisme Teknologi Masyarakat Dalam Media Sosial 
Keterkaitan determinisme teknologi dengan media sosial menunjukkan bahwa perkembangan teknologi komunikasi sejalan dengan perkembangan masyarakat yang melahirkan banyak aplikasi baru dalam dunia teknologi komunikasi, sehingga bermunculan beragam aplikasi media sosial yang mendorong perubahan budaya dan komunikasi masyarakat dalam dunia nyata menjadi dunia maya. Teknologi telah mengatur sistem komunikasi tidak seperti aturan biasanya yang banyak menggunakan tatap muka dalam berkomunikasi. Sistem teknologi telah menguasai jalan pikiran masyarakat untuk terus online setiap perkembangan informasi yang disediakan oleh internet sehingga kesan itu selalu hidup dalam pikiran apabila tidak melakukan online.

Konsep-konsep determinisme teknologi adalah konsep yang sejalan dengan media sosial, yakni :
1. Penemuan dalam teknologi komunikasi menyebabkan perubahan budaya. Ini jelas terlihat dalam perkembangan teknologi dari era kesukuan hingga era elektronik menunjukkan adanya perubahan budayamanusia.

2. Perubahan di dalam jenis-jenis komunikasi akhirnya membentuk kehidupan manusia. Konsep ini menunjukkan bahwa munculnya jenis-jenis komunikasi dari lahirnya aplikasi teknologi baru membuat kehidupan manusia berubah.

3. Sebagaimana yang dikatakan McLuhan bahwa “kita membentuk peralatan untuk berkomunikasi, dan akhirnya peralatan untuk berkomunikasi yang kita gunakan itu akhirnya membentuk atau mempengaruhi kehidupan kita sendiri”. Kehadiran media sosial dari mulai blog hingga situs jejaring sosial membuat masyarakat terikat dengan media teknologi tersebut dan lebih banyak bersosialisasi dalam dunia maya daripada dunia nyata. 

Kehadiran media sosial sebagai tempat, alat bantu, layanan yang memungkinkan individu untuk mengekspresikan diri mereka untuk bertemu dan berbagi dengan rekan lainnya melalui teknologi internet juga mengakibatkan penggunanya mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi dalam media tersebut.

Determinisme teknologi dalam masyarakat terjadi karena tidak luput dari pengaruh kehadiran media sosial dalam kehidupan tiap individu. Suka tidak suka, tiap individu akan melewati proses pengenalan teknologi dan penggunaan teknologi dalam kehidupannya sehingga mengubah budaya dan komunikasi masyarakat dan melahirkan era baru yakni era internet dengan media sosial yang makin menjamur dan beragam aplikasi dengan dampak positif atau negatif bergantung masyarakat itu sendiri. ***