HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Arti Penting Komunikasi Bisnis dan Perkembangan Teknologi Era Digital

Kelvindra Atila Gilbransyah Mahasiswa Semester 5 Fakultas Komunikasi Bisnis Prodi S1 Akuntansi Universitas pamulang  Lentera24.com - Di er...

Kelvindra Atila Gilbransyah Mahasiswa Semester 5 Fakultas Komunikasi Bisnis Prodi S1 Akuntansi Universitas pamulang 


Lentera24.com - Di era digital ini ada banyak jenis komunikasi yang dapat disampaikan, dari percakapan antar individu hingga penyampaian melalui media. Komunikasi yang berjalan dengan lancar dapat membuat kita dapat berinteraksi dengan banyak individu. Keahlian dalam berkomunikasi yang benar dan lancar amat sangat kita perlukan untuk memperluas hubungan dan relasi dan menumbuhkan kerjasama yang baik.

Saat kita melakukan komunikasi secara langsung untuk memperlebar jaringan kita hanya perlu berbicara secara tepat dan efektif, contoh hal nya memberikan inti pembicaraan tidak ber belit-belit,tepat sasaran,efektif dan dapat dipahami. Tiap - tiap hal yang disampaikan haruslah focus agar dapat menguasai pikiriran lawan bicara kita.

Komunikasi bisnis yang efektif dapat menjadi kunci emas untuk memanajemen dan mengendalikan sumber daya di dalam usaha bisnis agar mampu mencapai tujuan dan target keuntungan. Di era digital ini komunikasi bisnis memiliki peranan yang sangat penting karena perkembangan teknologi informasi semakin berkembang pesat, industri bisnis saat ini perlu merencanakan planning untuk dapat bersaing dalam pasar lokal maupun global.

Strategi konunikasi merupakan tahapan yang membuat para pembisnis dapat lebih optimal untuk mencapai tujuan usahanya, strategi komunikasi dapat dijadikan acuan dalam berkomunikasi antar rekan bisnis maupun pada konsumen. Penyusunan strategi komunikasi amat sangat penting untuk menunjang pembisnis dalam kelancaran usahanya.

Salah satu bentuk komunikasi bisnis saat era digital yaitu banyak nya social digital marketing yang banyak digunakan untuk menjual produk-produk secara efektif karena luas nya jangkauan internet. Dalam melakukan penjualan menggunakan social digital penjual atau pembisnis dapat berkomunikasi langsung dan berbagi konten melalui jejaring sosial maupun melalui marketplace.


Luas nya jangkauan social media di era digital ini berdampak pada pelaku bisnis, teknologi yang mempuni juga dapat berpotensi untuk para pelaku bisnis agar dapat mengembangkan bisnis nya menjadi lebih cepat dan efektif.


Dunia social media adalah target utama dalam memperluas hubungan dan kerjasama antar individu maupun kelompok, karena pada era digital ini orang orang tidak bisa lepas dari dunia maya atau media sosial. Kebanyakan orang sering menggunakan media sosial sebagai sumber dari informasi. Contoh nya saja seperti tik-tok, twitter, instagram, bahkan menurut https://dataindonesia.id/ Indonesia ada di urutan 10 negara dengan pengunaan media sosial terbanyak di dunia.

Memang tidak dapat dipungkiri teknologi digital dan informasi yang mengacu pada teknologi internet,jaringan dan smartphone. Dari zaman ke zaman, indonesia sudah dapat mengikuti perkembangannya, walaupun problem geografis masih menjadi penghalang.


Di era digital ini, penerapan teknologi sudah mulai menyeluruh di banyak sektor mulai dari ekonomi, pendidikan, perbankan, kesehatan bahkan pemerintahan. Teknologi digital semakin terikat dalam kehidupan individu dalam melakukan kegiatan sehari hari. Secara umum pengaruh teknologi terhadap kehidupan masyarakat seharusnya menjurus ke hal hal positive,karena setiap perkembangan teknologi harus sejalan dengan efektivitas dan efisiensi kerja.

Berikut beberapa dampak akibat perkembangan teknologi

Dampak positive

• Efektivitas pekerjaan

• Membuat banyak peluang ekonomi

• Menunjang kegiatan komunikasi

• Menciptakan lapangan kerja baru

• Kemudahan dalam Akses informasi terbuka luas

Namun pada kenyataannya dampak perkembangan teknologi digital, tidak hanya memberikan dampak positive namun juga menimbulkan dampak negative.

Beberapa contoh dampak negative perkembangan teknologi diantaranya yaitu

• Penyalahgunaan informasi internet untuk melakukan penipuan

• Kecanduan akan video games dan gadget

• Memngurangi peran manusia di beberapa bidang hingga terjadi pengurangan SDM

• Sosialisasi antar individu atau masyarakat berkurang karena lebih dominan dilakukan secara online

• Untuk mengurangi dampak negativenya literasi digital harus memulai disampaikan di berbagai jenjang pendidikan semakin baik literasi digital dari individu maka akan lebih bijak dalam penggunaan media digital

Menurut cermat saya pada era digital ini sangat penting untuk mendalami ilmu Komunikasi Bisnis maupun perkembangan teknologi. Jika boleh memberi saran, sebelum terjun ke dunia kerja kita harus paham caranya untuk bersosialisasi, karena pada dasarnya saat kita berani memulai percakapan secara langsung, menguasai public speaking, aktif dalam komunikasi, bahkan mendalami ilmu yang berhubungan dengan bisnis, maka kita akan lebih siap terjun ke dunia kerja yang sesunguhnya. ***