HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Peran Geuchik Atasi Stunting Sangat Vital

Lentera24.com | LANGSA -   Dukungan dari pemerintah desa terutama Geuchik (kepala desa) sangat penting dan vital dalam penanganan persoalan ...

Lentera24.com | LANGSA - Dukungan dari pemerintah desa terutama Geuchik (kepala desa) sangat penting dan vital dalam penanganan persoalan stunting atau gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang yang ditandai tinggi badan dibawah standar.


Demikian hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Aceh dr Taqwallah M Kes di Aula Cakradonya Langsa, 5 September 2022 dalam gelaran GISA Gerakan Imunisasi dan Stunting Aceh serta evaluasi dana desa 2022 dan percepatan dana desa 2023.


Lanjut Taqwallah, terkait dukungan anggaran GISA ini, kepala desa ( Geuchik) tak perlu khawatir karena anggaran Dana Desa dapat digunakan untuk PMT Bumil KEK dan balita stunting (makanan segar, produk lokal swlama 90 hari), operasional posyandu.


Demikian pula dukungan anggaran GISA dapat dari DAK -KB, operasional petugas, minlok, pendampingan dan lain.


Juga bisa dari BOK Puskesmas, dukungan operasional petugas puskesmas serta juga bersumber dari APBA berupa logistik



(obat PMT Standar) dan publikasi.

Lanjut Sekda Aceh, pencegahan dan penanganan stunting dilakukan dengan pendekatan Seribu Hari Pertama Kehidupan dengan dukungan anggaran APBA, APBK dan Dana Desa. []L24.Edd